6 Cara Mengubah Rekaman Suara Menjadi Teks Gratis Menggunakan Aplikasi

Cara mengubah rekaman suara menjadi teks gratis ini memang banyak dicari. Tidak hanya kaum awam saja yang mencari tahu caranya, namun para influencer juga membutuhkannya. Tidak banyak yang tahu mengenai cara mengubah rekaman suara menjadi teks gratis ini. Oleh karena itu pada uraian ini akan dibahas secara lengkap dan detail.

Mengubah suara atau audio menjadi teks sangat penting dalam beberapa kondisi. Misalnya, bagi seorang jurnalis, ini adalah solusi praktis untuk memudahkan pekerjaan. Karena tidak semua orang bisa mengetik dengan cepat atau sering melakukan kesalahan ketik, program atau aplikasi pengubah suara menjadi sangat berguna.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, aplikasi pengubah suara menjadi semakin mudah diakses, terutama melalui perangkat seperti smartphone atau tablet. Ada beberapa aplikasi pengubah suara yang direkomendasikan untuk mendukung aktivitas ini. Seperti apa aplikasi-aplikasi tersebut dan bagaimana cara kerjanya:

1. Menggunakan Google Keyboard

Cara mengubah rekaman suara menjadi teks gratis yang pertama dengan menggunakan google keyboard. pengguna bisa mencoba Google Keyboard sebagai aplikasi pertama untuk mengubah suara menjadi teks. Aplikasi keyboard ini memungkinkan pengguna dengan cepat dan mudah mengkonversi audio menjadi tulisan.

Selain bahasa Indonesia, aplikasi ini mendukung lebih dari 60 bahasa lainnya. Penggunaannya pun sangat simpel, cukup dijalankan pada perangkat seluler.

Kelebihan lainnya, aplikasi ini menawarkan antarmuka yang sederhana, memudahkan pengguna untuk mengubah rekaman suara menjadi teks secara instan. pengguna hanya perlu menekan tombol mikrofon, dan suara yang direkam akan otomatis dikonversi menjadi tulisan.

2. Memanfaatkan Aplikasi Live Transcribe

Pengguna bisa menggunakan aplikasi bernama Live Transcribe untuk mengubah ucapan menjadi teks secara langsung menggunakan Android atau iPhone. Aplikasi ini dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan yang memastikan konversi audio ke teks terjadi secara akurat dalam waktu nyata.

Live Transcribe juga mendukung berbagai pilihan bahasa untuk memenuhi kebutuhan berbagai pengguna. Transkripsi teks cenderung rapi meskipun terkadang ada beberapa kesalahan penulisan yang bisa pengguna perbaiki sendiri.

Untuk mengaktifkan aplikasi ini, pengguna hanya perlu membicarakan langsung saat mengaksesnya tanpa perlu menekan tombol khusus, karena aplikasi ini dapat mendeteksi suara secara otomatis, bahkan dalam lingkungan dengan kebisingan.

3. Menggunakan Aplikasi Notulite

Notulite, sebuah aplikasi lokal yang inovatif, menawarkan solusi efektif untuk mengubah suara menjadi teks dengan akurasi tinggi. Kelebihannya terletak pada kemampuannya mengonversi ejaan suara dengan minim kesalahan atau typo.

Selain itu, Notulite juga mampu mengenali dan membedakan karakteristik suara dari setiap penggunanya, membuatnya menjadi pilihan ideal untuk pengguna yang ingin mengedit teks secara langsung meskipun sedang dalam proses translasi suara ke teks.

4. Memakai Aplikasi Speechnotes

Pengguna dapat menggunakan aplikasi Speechnotes untuk mengubah suara menjadi teks dengan mudah. Didukung oleh teknologi AI terbaru dari Google, aplikasi ini mampu mengkonversi rekaman audio atau video menjadi teks secara langsung.

Fitur uniknya memungkinkan pengguna untuk mengedit teks secara langsung saat sedang mendikte, tanpa perlu koneksi internet.

5. Menggunakan Aplikasi VEED.IO

Selanjutnya terdapat aplikasi yang bernama VEED.IO. Aplikasi ini sangat berguna untuk mengubah rekaman suara menjadi teks gratis. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Langkah pertama dengan mengunggah file audio ke dalam veed ini.
  • Kemudian pilih subtitle serta Transkripsi Otomatis untuk proses mengubah rekaman suara menjadi teks.
  • Langkah terakhir dengan mengunduh file teks ke dalam format TXT, VTT atau bisa juga dengan SRT.

6. Memakai Aplikasi Media.io

Cara terakhir untuk mengubah suara menjadi teks ini adalah dengan aplikasi bernama media.io. Banyak yang belum tahu cara menggunakannya. Berikut caranya:

  • Pertama, unggah file suara pengguna ke Media.io.
  • Selanjutnya, pilih bahasa yang diinginkan dan klik tombol Mulai Transkripsi.
  • Terakhir, unduh file teks dalam format TXT setelah proses selesai.

Demikianlah penjelasan dari cara mengubah rekaman suara menjadi teks gratis. Pada penjelasan di atas tadi terdapat enam cara yang dapat digunakan untuk mengubah rekaman suara menjadi teks secara gratis.

Leave a Comment