5+4 Cloud Storage Gratis Hingga 100 GB Teraman

Apa itu cloud storage?. Cloud storage adalah metode penyimpanan data di sebuah server/penyimpanan virtual yang dikelola oleh penyedia layanan cloud storage. Bahasa awamnya, cloud storage merupakan metode menyimpan data secara online. Beberapa masalah dalam hal penyimpanan, membuat orang lebih memilih menyimpan filenya di sebuah layanan cloud storage.

Apa perbedaan cloud storage dengan penyimpanan offline biasa? Sesuai namanya, untuk menggunakan penyimpanan offlie, anda tidak perlu memiliki akses internet berbanding terbalik dengan cloud storage yang membutuhkan akses internet baik saat proses penyimpanan maupun proses pengunduhan.

Adapun file yang dapat anda simpan di cloud storage adalah foto, video, folder, dan file lainnya. Seiring dengan kebutuhan pengguna cloud storage di seluruh dunia yang semakin besar, kini sudah tersedia banyak sekali layanan cloud storage baik yang berbayar maupun cloud storage free yang bisa anda gunakan dan nikmati.

Setiap layanan cloud storage atau penyimpanan virtual menawarkan fitur atau kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda. Bahkan, ada salah satu cloud storage yang menawarkan penyimpanan sebesar 100GB secara cuma cuma.

Sesuai judul artikel ini, saya akan memberikan anda beberapa layanan cloud storage gratis dan terpercaya yang bisa anda pilih dan gunakan. Dengan catatan gunakanlah dengan BIJAK.

Seperti yang saya sebutkan diatas, penggunaan cloud storage dapat mengatasi beberapa masalah yang biasanya terjadi ketika anda menyimpan file di kartu memori/hardisk/offline storage lainnya. Kenapa anda harus menggunakan layanan cloud storage? berikut alasanya

Manfaat Cloud Storage

1. Anda tidak perlu khawatir data anda akan hilang secara tiba-tiba
2. Dapat mengakses file kapanpun dan dimanapun asalkan ada akses internet

3. Kapasitas penyimpanan yang besar
4. Keutuhan data terjamin
5. Anda dapat membagikan file ke siapapun dengan cepat

Catatan : Manfaat penggunaan cloud storage diatas, dapat anda dapatkan sepenuhnya apabila anda memilih layanan cloud storage yang terpercaya kredibilitas serta keamananya.

Disini, saya akan berikan penjelasan kepada anda cloud storage terbaik untuk kapasitas tertentu, untuk alternatif lain dengan kapasitas yang sama, anda bisa temukan di akhir artikel ini. Berikut ini layanan cloud storage gratis mulai dari kapasitas terkecil hingga terbesar. Klik pada nama layanan cloud storage berikut untuk mendaftar akun.

Cloud Storage Gratis Terpercaya

1. DropBox (Free Space 2GB)

kumpulan cloud storage
Salah satu layanan cloud storage yang sangat populer di dunia maya ini sudah berdiri sejak 2007. Dengan pengalamannya sejak tahun 2007 itu, dropbox semakin dipercaya sebagai tangan kanan oleh  para penikmat cloud storage. Sayangnya, DropBox hanya memberikan kapasitas gratis sebesar 2GB saja.
Tapi jangan khawatir, manfaatkan teman atau keluarga anda untuk mendaftar di DropBox melalui link afilliasi anda, maka anda akan mendapatkan tambahan space sebesar 500MB per akun dengan batas maksimum 16GB. Artinya, jika anda berhasil mengajak 32 orang untuk mendaftar, total penyimpanan yang anda miliki di sini adalah 18GB. Sangat cukup untuk menyimpan dokumen atau file-file penting milik anda.
Untuk mendapat kapasitas tambahan lagi, anda bisa upgrade ke versi premiumnya dengan versi tim atau individu. Untuk versi individu, kapasitas yang mereka tawarkan hingga 3TB sedangkan untuk versi tim, tidak tanggung-tanggung mereka menawarkan kapasitas berapapun yang anda butuhkan alias unlimited.

Baca Juga : Cara Millenial Menghasilkan Uang dari Internet

2. Sync (Free Space 5GB)

cloud storage kapasitas besar

Layanan cloud storage yang memberikan layanan kepada penggunanya sejak tahun 2011 ini menyediakan kapasitas penyimpanan awan sebesar 5GB secara gratis untuk kebutuhan anda. Sama seperti, layanan milik pCloud, pihak Sync juga memberikan kesempatan kepada anda untuk menambah kapasitas penyimpanan secara gratis yaitu melalui program afiliasi dengan kompensasi 1 GB tambahan penyimpanan untuk tiap orang yang mendaftar melalui link refferal anda.
Hal yang unik daripada layanan cloud storage milik Sync ini adalah ada pilihan individu atau tim ketika anda meng-upgradenya ke versi premium dengan penyimpanan yang lebih lega. Untuk individu, kapasitas penyimpanan yang bisa anda dapatkan yaitu hingga sebesar 4 TB. Sedangkan untuk versi tim, anda bisa mendapatkan penyimpanan sebesar 10TB per pengguna dengan penggunanya mencapai 1000 orang/akun.

Baca Juga : Komponen Rakit PC dengan Budget 5 Juta Saja

3. pCloud (Free Space 10GB)

rekomendasi cloud storage

Merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyimpanan awan atau cloud storage yang bermarkas di Swiss. Setiap pengguna baru, akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 10GB secara cuma-cuma alias gratis. Dari segi kemanan, PCloud sudah baik walaupun tak sebaik google drive, sebab perusahaan ini baru berdiri pada tahun 2013. 
Menariknya, layanan cloud storage ini bisa anda tambahkan kapasitasnya secara cuma cuma, yaitu dengan cara mengajak teman, kerabat, atau orang lain untuk mendaftar pCloud ini, lalu anda akan mendapatkan gratis penyimpanan online sebesar 1 GB untuk setiap satu orang yang register melalui anda
Selain itu, anda dapat menambah kapasitas penyimpanan anda hingga 2 TB dengan membayar $9.99 perbulannya. Akan tetapi saya rasa sudah cukup kapasitas gratisan sebesar 10GB tadi untuk alternatif Google Drive.

4. Google Drive (Free Space 15GB)

daftar cloud storage gratis

Merupakan layanan cloud storage gratis yang paling familiar ditelinga orang awam maupun ahli. Wajar, produk besutan raksasa internet google ini sangat dipercaya oleh banyak pihak untuk menyimpan datanya secara online. Sehingga dapat saya katakan bahwa google drive merupakan layanan cloud storage gratis terbaik dalam segi keamanan data, fasilitas penyimpanan, serta kemudahan user interfacenya.
Untuk mendapatkan layanan penyimpanan dari google drive, anda cukup melakukan pembuatan akun google, maka otomatis anda akan mendapatkan gratis penyimpanan sebesar 15 GB untuk setiap akun gmail. Selain itu, apabila anda ingin menambah kapasitas cloud storage disini, anda bisa mengupgradenya dengan harga tertentu hingga sebesar 16TB.

5. Degoo (Free Space 100GB)

cloud storage free

Cloud storage gratis ini sangat cocok untuk menyimpan file-file besar seperti film, video, atau folder game. Tidak tanggung-tanggung, Degoo memberikan anda kapasitas penyimpanan awan sebesar 100GB secara gratis untuk setiap penggunanya. 
Agaknya, mungkin anda meragukannya. Bagaimana mungkin kapasitas sebesar 100GB diberikan secara gratis? Tenang saja untuk masalah keamanan dan kepercayaan, Degoo sudah melayani penggunanya sejak tahun 2012, sehingga anda tidak perlu khawatir. Tidak lupa pula, Degoo menyarankan anda untuk mengaktifkan 2FA (two-factor authentication) menggunakan akun google untuk menjamin keamanan akun Degoo anda.
Masih kurang dengan kapasitas 100GB? Degoo juga memberikan kesempatan kepada anda untuk menambah kapasitas penyimpanan anda melalui link refferal. Anda akan mendapatkan tambahan sebesar 3GB untuk tiap orang yang mendaftar melalui link anda dengan maksimum space tambahan yaitu 500GB. 
Selain itu, anda juga masih bisa meng-upgrade ke versi premium dengan merogoh kocek $9.99 per bulan anda akan mendapatkan space tambahan sebesar 10TB.
Sekali lagi, pilihan diatas merupakan cloud storage terbaik untuk tiap kategori kapasitasnya menurut pendapat pribadi saya. 
Masih kurang? berikut saya berikan  bonus tambahan untuk anda

Bonus Cloud Storage Free


1. Yandex Disk (Free Space 10GB)
2. Mega (Free Space 15GB)
3. Mediafire (Free Space 10GB)
4. Solidfiles (Free Space 15GB)
Nah, itulah beberapa rekomendasi cloud storage  dari saya yang bisa anda gunakan untuk menyimpan file anda, apabila anda memiliki rekomendasi lainnya, silahkan tuangkan di komentar beserta penjelasannya. 

1 thought on “5+4 Cloud Storage Gratis Hingga 100 GB Teraman”

Leave a Comment