5 Cara Mendeteksi Air Dalam Tanah Pakai Hp Dengan Aplikasi

Ingin menemukan sumber mata air terdekat? Cobalah cara mendeteksi air dalam tanah pakai hp. Disini yang dipakai adalah aplikasi yang menyediakan layanan tersebut. Meskipun mungkin aplikasi ini tidak seakurat yang diharapkan, tetapi layak untuk dicoba.

Kita beruntung tinggal di zaman modern, di mana aplikasi Android dapat membantu kita menemukan sumber air dengan presisi.

Meskipun aplikasi ini tidak menggunakan sensor atau teknologi deteksi langsung dari perangkat Android itu sendiri. Hal tersebut karena perangkat Android tidak memiliki perangkat keras untuk tujuan tersebut.

Melainkan berdasarkan data yang dikumpulkan oleh tim riset lapangan. Nah berikut cara mendeteksi air dalam tanah pakai hp dengan beberapa aplikasi:

1. Menggunakan Aplikasi Water Live – WaterNSW

Water Live menyajikan informasi secara real-time mengenai ketersediaan air tanah dengan menghubungkan langsung data dari pusat pemantauan air NSW.

Aplikasi ini menyediakan informasi lengkap tentang suatu wilayah, mencakup ketersediaan air, laju aliran, tinggi permukaan air, volume air, dan curah hujan harian. Lebih dari 50 ribu pengguna telah memanfaatkan aplikasi Android untuk mendapatkan data ini.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat peta ketersediaan air tanah di suatu wilayah. Pada peta tersebut, terdapat simbol berupa segitiga kecil dengan berbagai warna.

Warna merah untuk daerah dengan ketersediaan air yang rendah, hitam untuk daerah yang sangat langka air, orange untuk daerah dengan cukup air, dan hijau untuk daerah yang kaya akan sumber air.

2. Menggunakan Aplikasi Tap – Find Water Anywhere – Tap Projects Inc.

Selanjutnya, untuk cara mendeteksi air dalam tanah pakai hp adalah dengan menggunakan aplikasi Tap – Find Water Anywhere. ini adalah salah satu aplikasi terbaik untuk mendeteksi air tanah yang tersedia di Play Store.

Fungsinya adalah untuk menemukan lokasi pengisian air minum langsung dari kran, seperti yang sering ditemui di luar negeri.

Aplikasi Tap menyediakan informasi tentang 35 ribu sumber air di lebih dari 30 negara dan lebih dari 7 ribu kota besar di seluruh dunia. Meskipun berukuran hanya 3,6 MB, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali oleh pengguna di berbagai belahan dunia.

3. Menggunakan Aplikasi EarthEcho Water Challenge – mWater

Pengembangan aplikasi deteksi air tanah ini langsung dikoordinasikan oleh EartEcho International. EarthEcho Water Challenge adalah platform komunitas yang memungkinkan anggotanya untuk berkolaborasi aktif dalam memantau sumber daya air di daerah mereka masing-masing.

Data yang dikumpulkan dapat diakses dan dimanfaatkan oleh seluruh anggota komunitas. Aplikasi deteksi air tanah ini melakukan pemetaan dan monitoring sumber daya air tanah, mencakup informasi tambahan yang telah diamati.

Contohnya mencakup tingkat polusi, organisme yang hidup di sekitar, dan deskripsi tentang lokasi sumber mata air. Jika Anda tertarik untuk berpartisipasi, silakan langsung unduh aplikasinya.

4. Dengan Aplikasi mWater Explorer – mWater

Menjelajahi sumber air tanah menjadi lebih mudah dengan bantuan aplikasi Android bernama mWater Explorer ini. Sebagai pengguna aplikasi ini, kita dapat melakukan survei dengan menjelajahi sumber air di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Data survei tersebut dapat dimasukkan ke dalam aplikasi dan diakses oleh pengguna lainnya.

Selain menyediakan peta yang menunjukkan lokasi sumber mata air, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur tugas. Fitur ini mencakup dua hal, yaitu merekam kualitas air dan melakukan inspeksi kebersihan sumber mata air di sekitar kita.

5. Menggunakan Aplikasi H2O Finder – Trial Pits Ltd

Seperti namanya, aplikasi ini dirancang untuk menemukan sumber air publik yang tersedia secara gratis. Aplikasi mencakup hampir semua lokasi di seluruh dunia yang memiliki sumber air publik, yang tercatat dalam database aplikasi ini.

Fitur filternya juga sangat bermanfaat. Pengguna dapat mencari berbagai kategori air, seperti stasiun pusat air, sumber air minum, sumber air non-minum, dan sumber air yang memerlukan perlakuan lebih lanjut sebelum digunakan.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk menemukan air yang aman untuk dikonsumsi dengan lebih mudah.

Itulah cara mendeteksi air dalam tanah pakai hp. Jadi ada 5 aplikasi yang bisa digunakan, silahkan pilih sesuai preferensi masing-masing.

Leave a Comment