Penyebab Kabel USB Hp Tidak Terbaca di Laptop dan Cara Mengatasinya

Masalah USB HP yang tidak terbaca di laptop sering menjadi keluhan di kalangan pengguna yang merasa bingung bagaimana cara mengatasinya. Hal ini karena, kabel USB memiliki peranan yang cukup penting ketika ingin menghubungkan ke laptop.

Seperti yang telah diketahui bahwa, kabel USB ini memang digunakan untuk proses pemindahan data dari smartphone ke laptop atau sebaliknya. Sehingga jika mengalami kendala tentu akan menjadi masalah yang cukup serius.

Namun jangan khawatir, ada beberapa solusi mudah untuk mengatasi masalah ini. Salah satu alasan umum mengapa USB HP tidak terbaca adalah berbagai faktor teknis. Dalam penjelasan ini, kita akan memberikan beberapa uraian terkait dengan bagaiman acara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kabel USB Hp yang tidak terbaca di laptop. Berikut diantaranya:

Penyebab Kabel USB Hp Tidak Terbaca di Laptop

Sebelum membahas cara mengatasi masalah kabel USB yang tidak terdeteksi, penting untuk memahami penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui penyebab tersebut, kamu dapat menentukan solusi yang paling efektif untuk mengatasi masalah deteksi USB.

Menurut informasi dari situs resmi Microsoft, beberapa penyebab umum dari masalah ini termasuk driver USB yang tidak stabil atau rusak, sistem operasi PC yang belum diperbarui sehingga menimbulkan konflik antara hard drive USB eksternal dan Windows, serta pembaruan perangkat keras atau perangkat lunak Windows yang belum dilakukan.

Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh kontroler USB yang tidak stabil atau rusak, drive eksternal yang mengalami suspend, atau motherboard PC yang memerlukan pembaruan.

Cara Mengatasi Kabel USB Hp Tidak Terbaca di Laptop

Setelah mengetahui terkait dengan penyebab dari kabel USB dari Hp yang tidak dapat terbaca di laptop, maka hal selanjutnya yang harus diketahui yakni terkait dengan bagaimana cara untuk mengatasinya. Berikut diantaranya:

1. Update Device Driver

Berikut adalah cara untuk memperbaiki masalah USB bootable yang tidak terbaca dengan memperbarui Device Driver:

  • Klik Start atau ikon Windows.
  • Ketik devmgmt.msc di kotak pencarian dan tekan Enter. Jika tidak berhasil, buka Control Panel dan pilih Device Manager.
  • Klik kanan pada Unknown Device dan pilih Properties.
  • Pilih tab Driver dan klik Update Driver.

Jika masalah USB HP yang tidak terbaca di laptop, pengguna dapat mencoba mengakses USB Root Hub dengan langkah-langkah berikut:

  • Akses Device Manager melalui Control Panel.
  • Pilih Universal Serial Bus Controllers.
  • Klik kanan pada USB Root Hub dan pilih Properties.
  • Pergi ke tab Power Management.
  • Centang opsi Allow the computer to turn off this device to save power.
  • Klik OK dan restart laptop.

2. Coba di Komputer Lain

Berikut adalah cara alternatif yang bisa kamu coba: sambungkan perangkat USB ke komputer lain. Jika kabel USB tetap tidak terdeteksi pada komputer atau laptop yang berbeda, kemungkinan besar masalah ada pada USB itu sendiri.

Dalam hal ini, kamu perlu mempertimbangkan untuk memperbaiki atau membeli yang baru. Namun ini merupakan salah satu cara yang dianggap paling mudah untuk dilakukan.

3. Restart Laptop

Jika USB tidak dikenali oleh laptop, salah satu solusi yang sering digunakan adalah dengan me-restart laptop. Pertama, lepaskan perangkat atau kabel USB dari laptop, lalu tunggu beberapa menit. Setelah itu, restart laptop dan sambungkan kembali kabel USB ke laptop.

Itulah uraian terkait dengan penyebab kabel USB tidak terbaca di laptop. Selain itu, dalam penjelasan ini kita telah diberikan pula penjelasan terkait dengan cara mengatasinya.

Leave a Comment