5 Tips Menghemat Baterai Laptop Windows 11 Agar Lebih Awet dan Tidak Boros

Banyak pengguna Windows 11 melaporkan bahwa baterai laptop mereka menjadi lebih boros dan cepat habis setelah menggunakan sistem operasi tersebut. Namun sebenarnya ada beberapa tips menghemat baterai laptop windows 11 yang bisa dilakukan.

Perlu diketahui bahwa, hal ini terjadi karena Windows 11 masih dalam tahap pengembangan dan terus diperbaiki untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. Untuk itu, tak heran jika terkadang ada beberapa masalah salah satunya yakni baterai yang cepat habis.

Lantas bagaimana tips yang bisa dilakukan untuk dapat menghemat baterai laptop khusus untuk windows 11 ini? Untuk itu, simak beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai laptop khusus untuk windows 11, diantaranya:

1. Sesuaikan Tampilan Layar

Layar adalah salah satu komponen laptop yang memerlukan daya cukup besar. Oleh karena itu, untuk menghemat baterai, pengguna bisa menyesuaikan pengaturan tampilan layar pada laptop yang digunakan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Klik kanan pada Taskbar
  • Pilih opsi Setting
  • Klik Battery Options
  • Ubah pengaturan menjadi Optimize for Battery Life

2. Mengatur Latar Belakang

Saat Pengguna membuka dan mengerjakan berbagai aplikasi di laptop, banyak proses berjalan di latar belakang. Proses ini bisa mengakibatkan konsumsi baterai yang lebih tinggi, sehingga perlu dilakukan penyesuaian untuk menghemat baterai. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur latar belakang laptop agar lebih efisien dalam penggunaan daya:

  • Buka Settings di Windows, atau tekan Windows + I pada keyboard Pengguna.
  • Pilih Apps, kemudian klik Apps & Features.
  • Pilih Advanced Options.
  • Di bagian App Permission, pilih opsi Power Optimized.

3. Mengatur Power Plan

Tips menghemat baterai laptop windows 11 selanjutnya, pengguna bisa mengatur rencana daya (power plan). Adapun langkah yang bisa dilakukan diantaranya:

  • Buka menu Start.
  • Temukan dan pilih opsi Power Plan.
  • Sesuaikan pengaturan power plan sesuai kebutuhan Pengguna, termasuk tingkat kecerahan layar dan durasi waktu tampilan layar tetap aktif.

4. Nyalakan penghemat baterai (Battery Saver)

Penghemat Baterai adalah fitur khusus di Windows yang membantu mengelola penggunaan daya laptop ketika sumber daya terbatas. Ketika diaktifkan, penghemat baterai akan menonaktifkan beberapa fungsi sistem operasi atau mengubahnya agar lebih hemat energi.

Untuk mengaktifkannya, buka menu Start dan ketik settings pada bilah pencarian. Pilih opsi terbaik dari hasil pencarian, lalu pilih System > Power & battery.

Ada dua opsi untuk mengatur penghemat baterai ini. Pengguna bisa langsung mengaktifkannya atau mengkonfigurasinya untuk aktif secara otomatis saat baterai mencapai tingkat tertentu.

Di bagian Power & battery, gulir ke bawah hingga menemukan bagian Battery. Klik menu tarik-turun di sebelah Turn battery saver on automatically at dan pilih preferensi yang diinginkan. Pengaturan baterai Pengguna akan tersimpan sesuai pilihan tersebut.

5. Mengurangi refresh rate

Refresh rate mengacu pada frekuensi perubahan gambar di layar Pengguna. Secara umum, semakin tinggi refresh rate, semakin halus pengalaman visual yang Pengguna rasakan. Namun, kelemahannya adalah penggunaan baterai yang lebih banyak.

Jika Pengguna menghadapi masalah dengan daya baterai, menurunkan refresh rate bisa menjadi solusi. Untuk melakukannya, buka tab Tampilan di opsi Pengaturan, kemudian klik Tampilan Lanjutan. Selanjutnya, pilih Pilih Refresh Rate dan atur ke tingkat refresh rate yang lebih rendah.

Itulah uraian terkait dengan beberapa tips menghemat baterai laptop windows 11 yang bisa  dilakukan dengan mudah. Tentunya jika melakukan beberapa kebiasaan tersebut, maka baterai laptop khusus  untuk windows 11 ini akan jauh lebih awet dan tidak terasa boros.

Leave a Comment