4 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Semua Sebelum ke Tempat Servis

Keyboard merupakan salah satu komponen krusial pada laptop saat Pengguna bekerja. Jika keyboard tidak berfungsi dengan baik, hal ini dapat menghambat aktivitas dan mengurangi produktivitas.

Penggunaan keyboard pada laptop sangatlah penting, karena banyak pekerjaan yang memerlukan pemakaian papan ketik.

Banyak orang sering bertanya-tanya mengapa tombol pada keyboard laptop tidak berfungsi. Beberapa faktor dapat menyebabkan masalah ini, seperti gangguan pada perangkat lunak, penumpukan kotoran di antara tombol, tekanan berlebihan pada tombol, atau paparan cairan.

Untuk itu, dalam penjelasan ini akan diberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak dapat berfungsi semua. Berikut diantaranya:

1. Restart Laptop

Solusi pertama dan paling sederhana untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan merestart laptop.

Proses restart akan membersihkan memori laptop dan memberi kesempatan untuk memulai ulang semua program serta driver yang aktif.

Dengan cara ini, keadaan keyboard Pengguna mungkin bisa kembali normal.

2. Membersihkan Keyboard

Salah satu penyebab keyboard laptop tidak berfungsi adalah adanya debu atau kotoran yang terjebak di antara tombol-tombolnya. Oleh karena itu, langkah pertama yang dapat diambil adalah membersihkan keyboard terlebih dahulu.

Periksa bagian keyboard yang tidak berfungsi untuk melihat apakah ada kotoran yang menempel atau terperangkap di sela-sela tombol. Jika ditemukan, gunakan sikat kecil atau kain mikrofiber untuk menghapus kotoran tersebut.

Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan laptop secara keseluruhan. Gunakan kain yang sedikit dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan permukaan keyboard secara lembut agar dapat berfungsi dengan optimal.

3. Update Driver

Menurut Asurion, salah satu solusi untuk mengatasi masalah pada keyboard laptop yang tidak berfungsi adalah dengan memperbarui driver keyboard.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbarui driver keyboard:

  • Klik logo Windows dan ketik Device Manager.
  • Setelah aplikasi tersebut muncul, klik pada opsi yang ditampilkan.
  • Di dalam aplikasi Device Manager, temukan dan pilih opsi Keyboard, kemudian klik kanan.
  • Menu akan muncul, dan di dalamnya, pilih opsi Update Driver.
  • Pilih Search automatically for updated driver software.
  • Ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses pembaruan driver keyboard.
  • Setelah pembaruan selesai, restart laptop untuk memeriksa apakah masalah telah teratasi.

3. Menggunakan Keyboard Eksternal

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ketika keyboard laptop tidak berfungsi adalah dengan memanfaatkan keyboard eksternal. Keyboard eksternal umumnya dilengkapi dengan konektor USB yang dapat dicolokkan ke port USB yang ada di laptop.

Meskipun keyboard bawaan laptop tidak dapat digunakan, keyboard eksternal biasanya tetap berfungsi dengan baik. Dengan cara ini, Pengguna dapat terus menggunakan laptop hingga Pengguna memiliki kesempatan untuk membawa perangkatmu ke teknisi layanan.

4. Mematikan Filter Keys di Keyboard

Menurut Free Code Camp, langkah selanjutnya yang dapat diambil jika keyboard laptop tidak berfungsi adalah dengan mematikan fitur filter keys. Filter keys adalah opsi yang membantu pengguna yang kesulitan menekan lebih dari satu tombol secara bersamaan.

Namun, fitur ini juga bisa membuat beberapa tombol pada keyboard tidak berfungsi dengan baik. Untuk menonaktifkan filter keys, Pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik tombol Start atau logo Windows, lalu ketik Control Panel.
  • Pada kolom View by, ubah pengaturannya dari Large icons atau Small icons menjadi Category.
  • Di menu yang telah diubah, pilih Ease of Access.
  • Kemudian, klik link Change how your keyboard works.
  • Hapus centang pada kotak Turn on filter keys.
  • Terakhir, klik Apply dan kemudian Ok.

Itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi semua yang bisa dilakukan. Namun jika telah menerapkan beberapa cara tersebut namun masih blm berhasil, maka bisa langsung segera bawa ke tempat servis.

Leave a Comment