Kenapa Hp Android Tiba Tiba Mati Sendiri? Ternyata Ini 4 Penyebabnya

Kondisi di mana hp atau smartphone tiba-tiba mati secara mendadak memang bisa sangat mengganggu. Hal ini juga bisa saja terjadi di Hp android. Lantas sebenarnya kenapa Hp android tiba tiba mati sendiri?

Selain menyebabkan perangkat tidak dapat digunakan, situasi ini juga dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Sebenarnya ada berbagai alasan yang dapat menyebabkan hp mati dengan sendirinya. Namun, masalah ini masih bisa diatasi dengan beberapa metode.

Secara umum, terdapat dua kategori penyebab hp mati sendiri. Adapun kategori yang dimaksud yaitu faktor perangkat lunak (software) dan faktor perangkat keras (hardware).

Namun tak perlu khawatir karena dalam penjelasan kali ini akan diberikan sebuah uraian terkait dengan alasan kenapa Hp android dapat mati sendiri secara tiba tiba. Berikut diantaranya:

1. Baterainya Rusak

Baterai merupakan komponen krusial pada ponsel yang kita semua ketahui. Saat ponsel mati secara mendadak, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi baterainya.

Cobalah untuk mengisi daya ponsel, karena mungkin saja baterainya telah habis tanpa kamu sadari. Jika setelah diisi daya ponsel masih tidak berfungsi dengan baik, ada kemungkinan bahwa baterai tersebut mengalami kerusakan.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu membawanya ke tempat servis untuk diperiksa dan jika perlu, diganti. Hindari membuka baterai internal sendiri, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh perangkat.

2. Jadwal On & Off Otomatis

Salah satu alasan mengapa ponsel tiba-tiba mati adalah karena kamu mungkin tanpa sadar telah mengaktifkan fitur otomatis untuk menyalakan dan mematikan perangkat. Fitur ini banyak digunakan oleh pengguna Android untuk mematikan ponsel secara otomatis di malam hari dan menghidupkannya kembali di pagi hari sesuai dengan preferensi pribadi.

Fitur ini tidak hanya berfungsi untuk mematikan perangkat di malam hari dan menyalakannya di pagi hari. Tetapi juga memastikan ponsel beroperasi hanya pada waktu yang telah ditentukan.

Kemungkinan kamu mengaktifkannya tanpa sengaja, atau mungkin orang lain yang mengatur fitur ini. Untuk menonaktifkannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu pengaturan di ponsel Android kamu.
  • Pilih opsi Sistem.
  • Klik pada Jadwalkan daya hidup & mati untuk memeriksa apakah pengaturan ini aktif.
  • Jika aktif, matikan fitur tersebut dengan menekan tombol yang tersedia.

3. Penggunaan CPU yang Berlebihan

Prosesor ponsel Anda memiliki kemampuan untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Namun, penggunaan berlebihan dari aplikasi tertentu dalam jangka waktu lama dapat memaksa CPU bekerja lebih keras dan berpotensi menyebabkan masalah.

Perhatikan apakah ponsel Anda mati mendadak setelah menginstal aplikasi baru. Jika iya, coba untuk menghapus instalasi aplikasi tersebut, lalu restart ponsel Anda sebelum menginstalnya kembali.

Sebagai alternatif, Anda bisa menutup atau menghapus beberapa aplikasi satu per satu sementara waktu, kemudian restart ponsel untuk melihat apakah masalah tersebut sudah teratasi.

4. Tombol Power On & Off Rusak

Apakah cara di atas sudah dicoba namun belum berhasil? Cobalah untuk memeriksa tombol power on & off pada ponselmu. Sebagian besar ponsel Android biasanya dirancang untuk dapat di-restart atau dimatikan dengan menahan tombol power selama 8-10 detik.

Namun, jika tombol power tidak berfungsi dengan baik, ponselmu mungkin akan sering restart atau mati lebih cepat dari waktu tersebut, atau bahkan tidak dapat dihidupkan sama sekali. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah melepas casing ponselmu terlebih dahulu karena casing dapat mempengaruhi fungsi tombol power.

Dalam beberapa kasus, casing ponsel dapat menekan tombol power secara tidak sengaja. Jika setelah casing dilepas masalah tetap ada dan tombol power memang rusak, satu-satunya solusi adalah membawanya ke tempat servis ponsel untuk diperbaiki.

Itulah uraian terkait dengan beberapa alasan kenapa Hp android tiba tiba mati sendiri. Sehingga dengan mengetahui berbagai penyebab tersebut, maka bisa dilakukan antisipasi agar tidak terjadi kerusakan berkelanjutan.

Leave a Comment