4 Cara Mengatasi Laptop yang Tiba Tiba Tidak Ada Suaranya Sebelum ke Tempat Servis

Laptop merupakan salah satu perangkat yang sering dibutuhkan oleh sebagian orang. Salah satu kegunaannya yakni untuk menghasilkan output berupa suara. Namun terkadang akan ada kendala seperti tidak ada suara yang muncul. Sebenarnya cara mengatasi laptop yang tiba tiba tidak ada suara ini cukup mudah.

Seperti yang telah diketahui bahwa, suara adalah salah satu elemen penting dalam laptop, terutama jika Pengguna menggunakannya untuk bekerja atau mengikuti rapat online dari lokasi yang berbeda. Selain itu, perangkat ini juga sering digunakan untuk kegiatan belajar, bermain game, mendengarkan musik, dan menonton film.

Semua aktivitas tersebut sangat bergantung pada fitur audio laptop, sehingga jika suara tidak berfungsi, kegiatan Pengguna bisa terganggu. Terdapat berbagai penyebab mengapa suara pada laptop bisa hilang, termasuk kerusakan perangkat keras, masalah dengan driver, atau pengaturan di sistem operasi.

Namun dalam penjelasan kali ini akan diberikan sebuah uraian terkait dengan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang tiba tiba tidak memunculkan suara. Berikut diantaranya:

1. Cek Pengaturan Umum

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang tiba tiba tidak muncul suara yakni pastikan untuk meninjau pengaturan umum di laptop yang digunakan. Terkadang, terdapat perubahan yang tidak disengaja yang dapat memengaruhi pengaturan audio. Berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Klik ikon speaker di taskbar.
  • Buka menu Sounds.
  • Pilih tab Playback.
  • Tentukan opsi Set Default, lalu tekan OK.

2. Perbarui Driver Audio pada Device Manager

Selanjutnya, terdapat sebuah isu yang sering diabaikan oleh pengguna, meskipun masalah ini dapat mengakibatkan laptop tidak mengeluarkan suara.

Umumnya, situasi ini muncul ketika versi Windows yang terpasang pada laptop tidak lagi mendukung operasional sistem di perangkat tersebut.

Untuk mengatasi masalah suara pada laptop yang disebabkan oleh hal ini, Pengguna perlu melakukan pembaruan pada driver audio melalui device manager. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol logo Windows di keyboard, atau Pengguna bisa menggunakan menu Start di laptop.
  • Di kolom pencarian, masukkan kata device manager.
  • Setelah menu muncul, pilih opsi Sound, video and game controllers untuk melihat daftar audio yang terhubung ke perangkat.
  • Dari daftar yang muncul, klik pada menu Driver dan pilih Update Driver untuk memperbarui driver tersebut.
  • Setelah itu, tekan OK atau Enter di keyboard untuk menyelesaikan proses.

3. Ganti Sample Rate Speaker

Untuk mengatasi masalah speaker yang tidak mengeluarkan suara, salah satu langkah yang dapat diambil adalah mengganti sample rate-nya. Sample rate speaker merupakan salah satu pengaturan di Windows yang menunjukkan jumlah sampel audio yang diproses dalam frekuensi per detik.

Seringkali, jika laptop tidak mendukung frekuensi tertentu, hal ini dapat menyebabkan suara pada perangkat hilang. Jika Pengguna ingin melakukan penggantian, berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Klik kanan pada ikon speaker yang terletak di pojok kanan bawah layar Pengguna, lalu pilih opsi Sounds.
  • Setelah muncul jendela tab Sounds, pilih opsi Speakers > Properties.
  • Di bagian Default Format, Pengguna dapat memilih salah satu sample rate yang tersedia, kemudian klik OK atau tekan Enter.

4. Jalankan Troubleshoot Audio pada Windows

Jika suara pada laptop hilang akibat masalah pada sistem Windows, salah satu solusi yang efektif adalah menggunakan fitur pemecahan masalah (troubleshoot).

Fitur ini akan secara otomatis mendeteksi berbagai masalah audio pada laptop. Berikut langkah-langkah untuk menggunakannya:

  • Buka menu Pengaturan (Settings).
  • Klik pada opsi Sistem (System) > Suara (Sound) > Pemecahan Masalah (Troubleshoot).
  • Tunggu hingga proses pemecahan masalah selesai, lalu pilih speaker yang ingin diperbaiki, misalnya: Speakers – High Definition Audio Device, kemudian klik Selanjutnya (Next).

Itulah beberapa cara mengatasi laptop yang tiba tiba tidak ada suara yang bisa dilakukan dengan mudah. Namun jika telah melakukan beberapa cara tersebut namun masih belum berhasil, maka sebaiknya segera bawa ke tempat servis agar tidak terjadi kerusakann yang semakin parah.

Leave a Comment