7 Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bertambah Saat di Cas Agar Kembali Normal

Masalah baterai laptop yang tidak mengisi merupakan kendala serius bagi para pengguna. Ketika laptop yang biasanya digunakan untuk belajar, bekerja, atau bermain game tidak dapat berfungsi, tentu ini sangat mengganggu. Sebenarnya cara mengatasi baterai laptop tidak bertambah saat di cas ini cukup mudah untuk dilakukan.

Apalagi jika baterai telah berada dalam keadaan 0 persen dan tidak bisa diisi ulang. Situasi ini dapat membuat pengguna panik, terutama jika laptop tersebut diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan penting.

Untuk mengatasi permasalahan baterai laptop yang tidak terisi, pengguna dapat melakukan beberapa langkah perbaikan sendiri atau membawanya ke tempat servis. Pilihan ini tergantung pada penyebab dari masalah baterai tersebut.

Untuk lebih jelasnya, dalam pembahasan kali ini akan diberikan sebuah uraian terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai laptop yang tidak dapat bertambah meskipun saat dicas. Berikut diantaranya:

1. Gunakan Charger Asli

Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan saat menghadapi masalah baterai laptop yang tidak terisi adalah selalu menggunakan charger yang asli atau original.

Penggunaan charger non-original dapat berpotensi merusak kualitas baterai. Hal ini disebabkan oleh perbedaan watt yang mungkin ada, sehingga proses pengisian daya menjadi lebih lambat dari yang seharusnya.

2. Periksa Sambungan Listrik dan Konektor

Koneksi listrik ke laptop dilakukan melalui kabel dan adaptor charger. Pastikan bahwa sambungan ke stop kontak terpasang dengan baik dan tidak longgar atau terhalang oleh benda lain.

Banyak pengguna yang sering mempertanyakan mengapa charger laptop kadang berfungsi dan kadang tidak. Salah satu penyebabnya adalah konektor charger yang kendur. Pengguna bisa mencoba memutar colokan untuk menemukan titik sambungan yang tepat.

3. Coba Charger dengan Mematikan Laptop

Jika laptop tidak dapat diisi daya saat dinyalakan, Pengguna bisa mencoba mengisinya saat perangkat dalam keadaan mati. Kinerja yang berat saat aktif dapat menyebabkan pengisian baterai terhambat. Sebaiknya matikan laptop dan lakukan pengisian hingga baterai terisi penuh.

4. Coba Lepas Baterai

Baterai yang tidak dapat menyimpan daya dengan baik dapat menghentikan proses pengisiannya. Pengguna bisa mencoba untuk melepas baterai, mematikan laptop, dan kemudian menyambungkan charger. Jika laptop menyala setelah langkah ini, maka Pengguna perlu segera mengganti baterai dengan yang baru.

5. Cek Opsi Pengisian Daya

Di Windows, terdapat opsi untuk menghentikan pengisian daya secara otomatis ketika baterai telah mencapai 70 persen. Hal ini bisa menjadi penyebab mengapa baterai tidak lagi terisi meskipun kabel charger masih terhubung.

Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa pengaturan pengisian daya yang sedang digunakan. Pengguna bisa mengembalikannya ke pengaturan Default jika ingin baterai terisi hingga 100 persen.

6. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Laptop yang kesulitan dalam memproses aplikasi dapat mengalami masalah seperti hang dan konsumsi daya baterai yang tinggi. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya tutup aplikasi yang tidak sedang digunakan. Dengan cara ini, kinerja baterai dapat meningkat dan daya tahan baterai juga bisa lebih lama.

7. Ganti Baterai

Jika masalah muncul karena kebocoran baterai laptop, Pengguna dapat membeli baterai baru dan merawatnya dengan baik untuk memperpanjang umurnya. Banyak toko elektronik, baik yang beroperasi secara online maupun offline, menyediakan komponen ini.

Itulah beberapa cara mengatasi baterai laptop tidak bertambah saat di cas yang bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya hal ini bisa dilakukan secara mandiri maupun menggunakan bantuan servis yang terdekat.

Leave a Comment