Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Ngelag Secara Mandiri Tanpa ke Tempat Service

Ngelag adalah masalah umum yang sering dialami pada perangkat seperti laptop. Istilah ini merujuk pada kondisi di mana jaringan, tampilan, atau aplikasi berjalan dengan lambat. Untuk cara mengatasi laptop tiba tiba ngelag, ini bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Kinerja yang lambat pada laptop merupakan tantangan yang biasa dihadapi oleh banyak pengguna, yang dapat mengganggu produktivitas dan menimbulkan ketidaknyamanan. Ketidakmampuan untuk mengklik dengan lancar tidak hanya mengganggu, tetapi juga dapat menghambat penyelesaian tugas sehari-hari secara efisien.

Baik saat bekerja di kantor maupun saat menikmati hiburan, pengalaman digital dapat terganggu oleh lag pada laptop, sehingga membuatnya menjadi tidak menyenangkan.

Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diberikan sebuah uraian terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang tiba tiba ngelag. Berikut diantaranya:

1. Menutup Aplikasi

Kapasitas memori yang terbatas sering kali menjadi penyebab laptop mengalami lag. Oleh karena itu, langkah pertama yang dapat Anda ambil adalah menutup semua aplikasi yang sedang berjalan.

Semakin banyak aplikasi yang aktif bersamaan, semakin besar kemungkinan laptop Anda akan melambat.

Jika Anda tidak ingin menutup semua aplikasi, cobalah untuk mencari aplikasi yang paling banyak menggunakan sumber daya dan matikan aplikasi tersebut. Anda juga bisa mempertimbangkan aplikasi mana yang tidak terlalu dibutuhkan saat itu.

2. Diamkan Beberapa Saat

Jika laptop Anda tidak merespons saat di-klik, mungkin perangkat tersebut sedang mengumpulkan data atau menyelesaikan tugas yang cukup berat.

Dalam keadaan seperti ini, sebaiknya biarkan laptop beberapa saat untuk menyelesaikan proses tersebut. Setelah itu, coba untuk melanjutkan pekerjaan Anda.

3. Perbarui Peramban

Peramban atau browser yang Anda gunakan mungkin sudah tidak lagi terbaru. Ketidakupayaan peramban ini dapat menyebabkan laptop Anda mengalami lagging.

Jika laptop Anda sering melambat saat membuka situs web atau aplikasi, itu bisa jadi tanda bahwa browser yang Anda gunakan sudah usang.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memperbarui peramban di laptop Anda. Ada banyak pilihan peramban yang bisa Anda pilih, yang tentunya sesuai dengan spesifikasi laptop yang Anda miliki.

4. Perbarui Sistem Operasi

Salah satu solusi untuk mengatasi laptop yang lambat adalah dengan memperbarui sistem operasi (Operating System/OS) pada perangkat Anda.

Melakukan pembaruan OS sangatlah penting, karena dapat membantu memperbaiki berbagai masalah atau ‘bug’ yang mungkin terjadi. Jika pembaruan tidak dilakukan, masalah-masalah tersebut akan terus berulang.

5. Bersihkan Laptop

Cara lain untuk mengatasi laptop yang lemot, yaitu dengan melakukan pembersihan. Seiring berjalannya waktu, laptop Anda dapat terakumulasi debu dan kotoran, yang dapat menyebabkan kinerja menjadi lambat.

Jika Anda merasa kesulitan untuk membersihkannya sendiri, Anda bisa membawa laptop ke layanan perbaikan agar dibersihkan secara profesional. Disarankan untuk melakukan pembersihan ini setiap bulan guna memastikan laptop tetap dalam kondisi bersih dan optimal.

6. Tingkatkan Kapasitas RAM

Ketika Anda membeli laptop baru, biasanya perangkat tersebut tidak mengalami lag. Ini disebabkan oleh jumlah aplikasi yang masih sedikit di dalamnya, sehingga kinerja RAM tetap optimal.

Namun, seiring berjalannya waktu, Anda cenderung menginstal berbagai aplikasi tanpa mempertimbangkan kapasitas RAM yang ada. Jika Anda merasa bahwa aplikasi-aplikasi tersebut penting, meningkatkan kapasitas RAM laptop Anda bisa menjadi solusi yang tepat.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop tiba tiba ngelag yang bisa dilakukan. Beberapa cara tersebut bisa dilakukan secara mandiri tanpa adanya bantuan service.

 

Leave a Comment