6 Cara Agar Hp Tidak Panas Saat di Cas, Solusi Mudah Tapi Jarang Dilakukan

Terkadang ketika melakuukan pengisian daya, Hp akan terasa panas. Tentunya hal ini menjadi salah satu masalah tersendiri yang membingungkan para penggunanya. Namun tak perlu khawatir karena, cara agar hp tidak panas saat di cas ini bisa dilakukan dengan beberapa tahapan saja.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan ponsel menjadi panas saat diisi daya. Kondisi ponsel yang panas saat pengisian tentu dapat mengganggu kenyamanan pengguna dan berpotensi mempercepat kerusakan pada perangkat.

Salah satu penyebab umum dari ponsel yang mengalami overheating saat di cas adalah penggunaan adaptor yang tidak cocok. Selain itu, masih banyak penyebab lainnya yang jarang disadari oleh sebagian besar penggunanya.

Untuk itu, dalam uraian kali ini akan diberikan sebuah metode yang bisa dilakukan agar Hp tidak panas ketika dilakukan pengisian daya. Apa sajakah itu? Berikut diantaranya:

1. Gunakan USB dan Adaptor Berkualitas Baik

Pastikan untuk menggunakan kabel USB dan adaptor yang original dari ponsel Pengguna atau yang berasal dari merek yang terpercaya dan berkualitas. Hindari penggunaan kabel dan adaptor murah yang tidak jelas asal-usulnya, karena hal ini dapat menyebabkan ponsel menjadi panas dan dapat merusak perangkat secara bertahap.

2. Tutup Semua Aplikasi Saat Tidak Digunakan

Pastikan untuk menutup semua aplikasi yang tidak sedang digunakan selama proses pengisian. Selain itu, tutup aplikasi yang berjalan di latar belakang pada ponsel dan hindari penggunaan perangkat untuk mencegah terjadinya panas berlebih.

3. Hindari Tempat Panas

Cara agar hp tidak panas saat di cas yang selanjutnya yakni hindari tempat panas. Hindarilah lokasi yang panas dan terkena sinar matahari langsung untuk mencegah suhu ponsel menjadi terlalu tinggi.

Sebaiknya, lakukan pengisian daya di tempat yang sejuk atau memiliki pendingin udara. Jika ponsel di cas di bawah sinar matahari langsung, ada resiko perangkat mengalami overheating yang bisa mengakibatkan ledakan.

4. Matikan Ponsel Ketika Mengisi Daya

Mematikan ponsel saat mengisi daya memiliki beberapa keuntungan signifikan. Pertama, dengan ponsel dalam keadaan mati, semua aplikasi dan proses latar belakang yang biasanya berjalan akan dihentikan.

Ini tidak hanya mengurangi penggunaan daya, tetapi juga mengurangi suhu perangkat, yang dapat membantu mencegah overheating. Overheating dapat merusak baterai dan komponen internal ponsel dalam jangka panjang.

Selain itu, pengisian daya yang lebih cepat terjadi karena ponsel tidak membagi sumber daya antara pengisian dan aktivitas lain, seperti menerima notifikasi, menjalankan aplikasi, atau melakukan pembaruan sistem. Dengan kata lain, arus listrik dapat sepenuhnya difokuskan pada pengisian baterai, sehingga prosesnya menjadi lebih efisien.

5. Lepaskan Casing Hp

Apabila terjadi overheating saat mengisi daya, segera lepas casing yang menutupi ponsel. Casing yang menutupi hampir seluruh permukaan ponsel dapat menghambat keluarnya panas dari perangkat. Jika ponsel terasa sangat panas, disarankan untuk melakukan langkah ini.

6. Jangan Gunakan Hp Ketika Mengisi Daya

Usahakan untuk tidak menggunakan ponsel saat sedang diisi daya. Hal ini penting agar proses pengisian baterai berlangsung optimal dan dapat mengurangi risiko overheating pada ponsel.

Jika penggunaan ponsel tidak dapat dihindari, lakukan dengan cepat dan dibatasi durasinya. Semakin lama ponsel digunakan saat pengisian daya, semakin lambat pula proses pengisian baterai dan akan meningkatkan suhu pada perangkat.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara agar hp tidak panas saat di cas. Tentunya beberapa cara tersebut akan dapat mengurangi panas ketika Hp sedang dilakukan pengisian daya.

Leave a Comment