Keyboard Tidak Dapat Terhubung ke PC? Ini Solusi Untuk Keyboard Kabel dan Nirkabel

Keyboard merupakan salah satu komponen penting yang harus ada ketika menggunakan sebuah komputer. Namun terkadang akan mengalami kendala seperti tidak dapat terhubung ke PC. Lantas sebenarnya bagaimana cara mengatasi keyboard tidak dapat terhubung ke PC?
Umumnya, keyboard yang tidak berfungsi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti laptop yang terkunci, koneksi keyboard yang terputus. Selain itu juga masalah dengan koneksi nirkabel, atau kendala terkait perangkat lunak dan driver.
Sebagai langkah awal, penting untuk memeriksa penyebab dari masalah tersebut. Jika ternyata masalahnya cukup serius, sebaiknya bawa laptop Anda ke teknisi yang berpengalaman.
Namun dalam penjelasan kali ini akan diberikan sebuah penjelasan terkait dengan cara mengatasi sebuah keyboard tidak dapat tersambung ke PC. Berikut diantaranya:
1. Untuk Keyboard dengan Kabel
Cara pertama yang akan dibahas terkait dengan keyboard yang tidak dapat tersambung ke PC yakni khusus untuk keyboard dengan kabel. Keyboard ini tentu umum digunakan.
Lantas bagaimana cara yang harus dilakukan jika ingin mengatasi keyboard yang tidak dapat tersambung ke PC khusus untuk model kabel ini? Simak uraian berikut:
Pastikan bahwa konektor kabel keyboard terpasang dengan benar.
Jika koneksi berhasil, lampu LED pada keyboard seharusnya menyala.
Buka My Computer atau This PC dengan cara mengkliknya. Di sini, kamu harus bisa melihat drive baru untuk perangkat keras keyboard.
Klik dua kali pada notifikasi tersebut untuk memverifikasi koneksi.
Jika keyboard masih tidak terdeteksi, coba pindahkan konektor USB keyboard ke port USB lain di komputer atau laptop.
Penting untuk diingat bahwa keyboard mekanikal memerlukan arus listrik yang lebih besar dibandingkan dengan perangkat biasa, yang diperlukan untuk mengoperasikan lampu LED yang terdapat pada keyboard tersebut.
Komputer umumnya memiliki beberapa port USB, biasanya sekitar 2-3.
Pada komputer desktop, port USB dengan daya lebih tinggi sering kali terletak di bagian belakang CPU, sementara pada laptop, port tersebut biasanya ada di sisi kanan.
Jika masalah tetap tidak teratasi, langkah berikutnya adalah memeriksa sistem komputer, khususnya pengaturan BIOS.
Restart komputer dan tekan tombol F2 atau Delete secara bersamaan untuk masuk ke BIOS.
Dalam menu BIOS, cari konfigurasi USB yang biasanya berada di bagian Advanced – USB Legacy Support.
Pastikan statusnya diatur ke Enable. Jika tidak, ubah pengaturannya dan simpan perubahan sebelum merestart komputer.
2. Untuk Keyboard Nirkabel
Keyboard nirkabel, yang memanfaatkan teknologi Bluetooth, memerlukan proses pairing dengan perangkat lain, berbeda dengan sistem koneksi kabel. Jika keyboard nirkabel mengalami kesulitan dalam melakukan koneksi, berikut beberapa langkah yang dapat diambil:
Periksa apakah keyboard telah terisi daya baterai dan dalam keadaan menyala. Jika menggunakan teknologi RF, pastikan dongle penerima terhubung ke port USB pada PC atau laptop terlebih dahulu.
Nyalakan fitur Bluetooth di perangkat yang akan digunakan.
Segarkan daftar Bluetooth untuk mendeteksi perangkat lain di sekitarnya.
Lakukan proses pairing dengan perangkat yang diinginkan. Pada keyboard DAXA, kamu bisa menekan tombol cepat Fn + P untuk memudahkan penyambungan.
Perlu diingat, untuk koneksi Bluetooth berfungsi, keyboard harus memiliki daya baterai yang cukup.
Oleh karena itu, selalu pastikan untuk mengisi ulang daya keyboard nirkabel kesayanganmu sebelum menggunakannya.
Itulah uraian terkait dengan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keyboard tidak dapat terhubung ke PC. Tentunya cara untuk mengatasi hal tersebut disesuaikan dengan jenis keyboard yang digunakan baik itu dengan kabel maupun tanpa menggunakan kabel.

Leave a Comment