5 Cara Mengatasi Mouse Wireless USB yang Hilang Agar Tetap Bisa Digunakan

Kini, mouse sudah tersedia dalam beberapa jenis salah satunya yakni model wireless USB. Dengan berbagai keunggulannya, mouse jenis ini juga tak jarang mengalami masalah seberti USB hilang. Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi mouse wireless USB yang hilang.

Biasanya, mouse nirkabel dilengkapi dengan dongle yang dihubungkan ke laptop atau PC melalui port USB. Fungsi dongle ini adalah sebagai penerima sinyal agar mouse bisa berfungsi tanpa kabel.

Namun, karena ukuran dongle yang kecil, banyak orang mengalami kesulitan dalam menyimpannya dan seringkali menghilangkannya. Jika ini terjadi, penggunaan mouse bisa terhambat.

Untk itu, dalam uraian kali ini akan diberikan beberapa cara mengatasi mouse wireless USB yang mendadak hilang agar nantinya tetap bisa digunakan. Berikut diantaranya:

1. Colokkan Kabel ke Mouse

Berbagai merek, termasuk Logitech, memiliki solusi untuk memastikan mouse wireless tetap dapat berfungsi meskipun receiver-nya hilang. Salah satunya adalah mouse gaming wireless dari Razer, yaitu Razer Lancehead, yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkannya dengan kabel, sehingga berfungsi sebagai mouse wired.

Pendekatan ini umumnya dilakukan untuk meningkatkan kecepatan respons, memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan saat menggunakan koneksi wireless. Namun, solusi ini juga bermanfaat ketika receiver hilang. Kombinasi antara mode wired dan wireless ini merupakan inovasi menarik yang menawarkan fleksibilitas tinggi serta alternatif untuk tetap menggunakan mouse ketika baterai hampir habis.

2. Gunakan Mouse Cadangan

Jika Anda adalah seseorang yang terampil dalam teknologi dan gemar membeli perangkat gadget terbaru, kemungkinan besar Anda memiliki satu mouse tambahan di samping mouse utama yang biasa digunakan.

Setiap jenis mouse memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Beberapa mouse menawarkan rentang DPI yang luas untuk meningkatkan presisi atau mempercepat pergerakan kursor, sementara yang lain, seperti mouse makro, dilengkapi dengan banyak tombol untuk fungsi tambahan.

Oleh karena itu, bukan hal yang aneh jika banyak orang memiliki dua atau bahkan tiga mouse untuk keperluan yang berbeda-beda. Jika Anda memiliki mouse cadangan, Anda bisa memanfaatkannya sampai receiver mouse yang hilang dapat ditemukan kembali.

3. Sambungkan Mouse Wireless Melalui Bluetooth

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, sejumlah produsen mouse nirkabel telah menemukan solusi untuk membantu konsumen yang kehilangan receiver. Beberapa mouse kini dilengkapi dengan fitur Bluetooth sebagai alternatif untuk menghubungkan mouse dengan PC.

Mouse nirkabel ini sering disebut sebagai Dual Mode, yang menyediakan koneksi melalui Bluetooth 5.0 serta koneksi menggunakan receiver pada frekuensi 2,4 GHz. Beberapa model juga memiliki kemampuan untuk diisi ulang, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengganti baterai setiap kali habis.

Pastikan untuk memeriksa kemasan mouse nirkabel Anda untuk mengetahui apakah ia mendukung koneksi Bluetooth. Dengan adanya fitur ini, mouse dapat berfungsi tanpa perlu menggunakan receiver.

5. Beli Dongle Baru

Langkah terakhir yang bisa pengguna ambil jika dongle mouse-mu hilang adalah membeli dongle pengganti. pengguna bisa mencarinya di toko fisik maupun di platform online, di mana terdapat berbagai pilihan dengan harga yang lebih terjangkau.

Namun, perlu diingat bahwa harga dongle kadang-kadang hampir setara dengan harga mouse baru beserta dongle-nya. Oleh karenanya, hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan.

Itulah beberapa cara mengatasi mouse wireless usb yang hilang. Dengan melakukan beberapa cara tersebut, maka mouse akan tetap dapat digunakan seperti sedia kala. Tentunya cara yang bisa dilakukan ini harus disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya.

Leave a Comment