4 Cara Mengatasi Motherboard Tidak Menyala Sebelum ke Tempat Servis

Salah satu komponen yang paling penting dalam PC yakni motherboard. Namun tak dapat dihindari jika motherboard ini juga bisa mengalami kerusakan seperti tidak mau menyala. Sebenarnya cara mengatasi motherboard tidak menyala ini bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Dalam era digital saat ini, kemajuan teknologi semakin pesat, dan salah satu indikatornya adalah meningkatnya jumlah pengguna komputer pribadi (PC) dan laptop. Sehingga tak heran jika banyak pula yang terkadang mengalami kendala yang serupa mengenai motherboard.

Seperti yang telah diketahui bahwa, motherboard adalah komponen terpenting dalam sebuah komputer. Jika motherboard mengalami kerusakan parah, komputer tidak akan dapat dinyalakan.

Untuk itu, dalam ulasan kali ini akan diberikan beberapa metode yang bisa dilakukan jika ingin mengatasi motherboard yang tidak mau menyala. Berikut diantaranya:

1. Periksa Power Supply

Mungkin Pengguna bertanya-tanya mengapa yang perlu diganti adalah power supply, padahal masalah yang muncul terkait dengan motherboard. Sebenarnya, motherboard dan perangkat keras lainnya tidak dapat berfungsi jika tidak ada arus listrik yang disuplai oleh power supply.

Untuk memeriksa kondisi power supply, pertama, cabut kabel power dari soket, lalu lepaskan juga konektor ATX1 yang terhubung ke motherboard. Setelah itu, sambungkan kembali kabel power dan hubungkan kabel berwarna hitam dengan kabel hijau. Langkah ini dilakukan untuk menguji apakah kipas di dalam power supply masih berfungsi.

Jika kipas berputar atau menyala, itu menunjukkan bahwa power supply dalam keadaan baik dan masih bisa digunakan. Namun, jika power supply rusak, Pengguna bisa memeriksa setiap komponen di dalamnya satu per satu dan mengganti komponen yang sudah tidak berfungsi.

2. Periksa Jumper Clear CMOS

Pada umumnya, jumper CMOS memiliki tiga pin yang terletak dekat dengan baterai CMOS. Jumper ini berfungsi untuk menyimpan pengaturan dan mereset CMOS ke konfigurasi pabrik.

Dengan melakukan jumper untuk meng-clear CMOS, kita dapat memastikan apakah pengaturan pada komputer kita sudah benar atau tidak. Untuk memperbaiki motherboard yang tidak berfungsi, ubah posisi pin dari pin 1 dan 2 menjadi pin 2 dan 3.

Dengan melakukan ini, pengaturan akan kembali ke default. Setelah itu, coba hidupkan kembali komputer untuk melihat apakah sudah dapat menyala atau belum.

3. Periksa Processor

Untuk mengatasi masalah motherboard PC yang mati total, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi prosesor atau CPU. Prosesor berfungsi sebagai otak komputer dan merupakan komponen yang sangat penting.

Posisi prosesor terletak di tengah motherboard, dan tugasnya adalah menerima instruksi dari program aplikasi serta melakukan perhitungan yang diperlukan. Oleh karena itu, pemeriksaan prosesor menjadi krusial ketika menghadapi masalah pada motherboard atau PC.

Jika setelah beberapa percobaan masalah belum teratasi, sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti prosesor dengan yang baru daripada memaksakan penggunaan prosesor yang berpotensi merusak komponen lainnya.

4. Periksa IC Chipset

Periksa IC Chipset saat terhubung dan dalam keadaan menyala. Jika chipset terasa sangat panas, kemungkinan besar telah mengalami kerusakan.

Berikut beberapa langkah untuk mengatasi PC yang mengalami overheating:

  • Bersihkan debu yang menempel pada kipas pendingin.
  • Kurangi jumlah program yang sedang aktif.
  • Pastikan heatsink terpasang dengan benar di atas prosesor.
  • Tambahkan kipas tambahan untuk membantu mengeluarkan udara panas.
  • Matikan PC jika tidak digunakan dalam waktu yang lama.
  • Berikan jarak antar komponen hardware jika Pengguna merakit PC sendiri.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara mengatasi motherboard tidak menyala. Tentunya dengan beberapa cara tersebut, maka motherboard akan dapat menyala kembali seperti semula.

Leave a Comment