Kenapa Hp Tidak Bisa Menelpon dan Menerima Telepon? Ternyata Ini 6 Penyebabnya

Tak dapat dipungkiri jika terkadang akan ada sebuah kendala dari smartphone. Salah satunya yakni tidak dapat menerima dan juga melakukan panggilan telepon. Lantas sebenarnya kenapa Hp tidak bisa menelpon dan menerima telepon?

Walaupun saat ini penggunaan ponsel lebih banyak terfokus pada media sosial, ada kalanya kita tetap memerlukan fitur panggilan telepon. Sebelum media sosial populer seperti saat ini, pastinya kamu sering memanfaatkan fitur pesan dan telepon, kan?

Umumnya, orang melakukan panggilan telepon melalui ponsel untuk hal-hal yang mendesak dan penting. Komunikasi melalui telepon juga masih dianggap sebagai cara berkomunikasi yang lebih resmi, mengingat tidak semua orang mahir menggunakan media sosial.

Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diberikan beberapa alasan mengapa Hp tidak bisa digunakan untuk menelpon dan juga menerima panggilan telepon. Berikut beberapa penyebabnya, diantaranya:

1. Sinyal atau Jaringan yang Bermasalah

Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah masalah sinyal atau jaringan yang buruk, yang tentu sudah familiar bagi kamu. Ketika sinyal atau jaringan melemah, ponselmu tidak dapat beroperasi dengan baik.

Dengan jaringan yang tidak stabil, kamu tidak bisa melakukan panggilan atau mengirim pesan. Selain itu, kamu juga akan mengalami kesulitan menerima panggilan masuk.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sinyal atau jaringan tidak optimal termasuk cuaca buruk, seperti hujan, atau adanya gangguan jaringan di daerah tempat tinggalmu.

2. Adanya Gangguan Provider

Selain masalah sinyal, kendala yang terjadi pada penyedia layanan kartu SIM yang kamu gunakan juga dapat mengakibatkan ponsel tidak dapat melakukan panggilan keluar.

Jika situasi ini terjadi, kemungkinan besar masalah berasal dari penyedia layanan itu sendiri. Umumnya, gangguan pada provider disebabkan oleh kerusakan pada kabel jaringan, sehingga baik panggilan masuk maupun keluar mengalami masalah.

3. Kartu SIM Rusak

Kartu SIM yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan ponsel tidak dapat melakukan panggilan keluar. Kebiasaan yang tidak disadari, seperti sering melepas dan memasang kartu SIM, dapat berpotensi merusak chip pada kartu tersebut.

Selain itu, usia kartu SIM yang sudah lama atau berasal dari generasi yang lebih tua juga menjadi faktor penyebab kerusakan. Dalam hal ini, sangat penting untuk mengunjungi penyedia layanan untuk mendapatkan kartu pengganti yang baru.

4. Pembatasan Panggilan Keluar

Apakah ponselmu tidak bisa melakukan panggilan? Kemungkinan, masalah ini terjadi karena kamu tanpa sengaja mengaktifkan fitur Fixed Dialing Number (FDN). FDN adalah layanan yang terdapat pada kartu SIM yang dapat membatasi panggilan keluar di ponselmu.

5. Pengaturan Telepon

Pemilik nomor telepon memiliki opsi untuk mengatur perangkat mereka agar tidak menerima panggilan masuk. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan mode “Jangan Ganggu” atau menggunakan fitur pemblokiran untuk nomor tertentu. Pengaturan semacam ini membantu dalam mengelola gangguan serta menjaga konsentrasi tanpa terganggu oleh panggilan telepon.

6. Nomor yang Dituju Memang Tidak Dapat Dihubungi

Apabila pemilik nomor sedang berada di luar area jaringan atau ponselnya dimatikan, maka panggilan tidak akan tersambung. Selain itu, jika perangkat berada dalam mode pesawat atau terdapat gangguan sinyal yang parah, panggilan tersebut juga tidak akan dapat dilakukan.

Itulah uraian terkait dengan beberapa alasan kenapa hp tidak bisa menelpon dan menerima telepon. Tentunya dengan mengetahui berbagai penyebab ini, maka sudah tak perlu panik lagi jika mengalami hal yang serupa dan segera lakukan perbaikan.

Leave a Comment