5 Cara Mengatasi Bluetooth yang Tidak Terdeteksi Hp, Tanpa Servis

Kendala Bluetooth pada ponsel yang tidak terdeteksi sering kali menyebabkan rasa frustrasi, terutama saat kita perlu menghubungkan perangkat seperti headset, speaker, atau lainnya. Sebenarnya cara mengatasi bluetooth yang tidak terdeteksi di Hp ini bisa dilakukan dengan beberapa metode saja.

Penting untuk dipahami bahwa masalah ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari pengaturan Bluetooth yang tidak tepat hingga adanya gangguan pada sistem ponsel itu sendiri. Sehingga pastikan telah mengetahui apa penyebabnya terlebih dulu,

Untuk lebih jelasnya, dalam uraian kali ini akan diberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bluetooth yang tidak dapat terdeteksi di Hp yang digunakan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Hapus Cache Bluetooth

Jika headphone Bluetooth sudah terhubung tetapi suara masih keluar dari speaker Android, kemungkinan ada masalah pada file cache Bluetooth. Setiap aplikasi atau layanan di ponsel menyimpan data sementara yang dikenal sebagai cache.

Cache ini bisa menjadi penyebab masalah jika terinfeksi malware atau mengalami gangguan lainnya. Oleh karena itu, langkah selanjutnya adalah menghapus cache Bluetooth. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan > Pengelola Aplikasi.
  • Temukan dan pilih Bluetooth.
  • Ketuk opsi Penyimpanan dan pilih Hapus Cache.
  • Setelah itu, restart perangkat Pengguna dan coba sambungkan kembali Bluetooth.

2. Putuskan Sambungan Perangkat yang Sudah Dipasangkan

Perlu diketahui bahwa, cara mengatasi bluetooth yang tidak terdeteksi di Hp yang selanjutnya adalah dengan memutuskan sambungan perangkat dan menghubungkannya kembali. Langkah ini dapat membantu mengatasi gangguan kecil yang mungkin mengganggu koneksi. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Buka Pengaturan di ponsel Pengguna, lalu pilih Bluetooth > Perangkat Terhubung.
  • Ketuk ikon i di samping perangkat yang ingin Pengguna sambungkan dan pilih opsi Lupakan perangkat ini.
  • Matikan Bluetooth, tunggu beberapa detik, kemudian nyalakan kembali dan coba sambungkan perangkat yang baru.

3. Aktifkan Fitur Dapat Ditemukan (Discoverable)

Aktifkan opsi Dapat Ditemukan jika Pengguna mengalami kesulitan dalam mengaktifkan Bluetooth di perangkat Android, terutama pada ponsel Samsung. Dengan mengaktifkan opsi ini, perangkat lain dapat mencari koneksi Bluetooth dari ponsel Pengguna. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

  • Masuk ke Pengaturan > Bluetooth.
  • Aktifkan Bluetooth dan pilih opsi Dapat Ditemukan.
  • Cobalah untuk menghubungkan perangkat kembali.

4. Reset Pengaturan Bluetooth

Jika semua solusi yang telah dicoba tidak membuahkan hasil, Pengguna dapat mempertimbangkan untuk mereset pengaturan Bluetooth. Tindakan ini bertujuan untuk menghapus bug yang mungkin ada pada pengaturan jaringan Bluetooth di ponsel Android Pengguna. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Akses menu Pengaturan dan pilih Sistem, lalu tekan tombol drop-down pada opsi Lanjutan.
  • Selanjutnya, pilih Opsi reset dan klik Reset Wi-Fi, mobile, & Bluetooth.
  • Tekan Reset pengaturan untuk mengonfirmasi pilihan Pengguna, dan masukkan PIN ponsel jika diminta.
  • Tunggu hingga proses reset selesai.
  • Setelah proses selesai, coba pasangkan kembali perangkat Pengguna dan lihat apakah masalah tersebut sudah teratasi.

5. Restart Kedua Perangkat

Metode terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan me-restart ponsel Android atau perangkat lain yang ingin dihubungkan. Langkah ini dapat membantu mengatasi bug sementara yang mungkin mengganggu koneksi Bluetooth.

Setelah melakukan restart, aktifkan Bluetooth melalui Control Center atau Pengaturan. Kemudian, coba untuk memasangkan perangkat kembali.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara mengatasi bluetooth yang tidak terdeteksi hp. Tentunya dengan melakukan berbagai cara tersebut, maka bluetooth akan dapat terdeteksi kembali.

Leave a Comment