Cara Cek Jenis Motherboard PC dengan dan Tanpa Software Tambahan

Pengguna tidak perlu membongkar laptop atau komputer hanya untuk mengetahui kesehatan dan jenis motherboard yang terpasang. Karena, Pengguna bisa memeriksanya langsung menggunakan beberapa cara cek jenis motherboard PC melalui sistem atau menggunakan software pihak ketiga.

Sebagai pengguna, mengetahui tipe motherboard di laptop atau komputer yang dimiliki sangat penting. Motherboard adalah komponen utama dari perangkat tersebut. Motherboard berfungsi sebagai komponen inti karena berbagai elemen penting seperti prosesor, memori, harddisk, dan komponen lainnya terhubung melalui motherboard.

Untuk itu, dalam uraian kali ini akan diberikan sebuah penjelasan terkait dengan bagaiamana cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kesehatan dari motherboard PC. Berikut diantaranya:

1. Melalui Command Prompt

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek kesehatan dari motherboard PC yakni dengan melalui command prompt. Langkah yang dilakukan ini sebenarnya cukup mudah dan juga simpel. Simak beberapa uraian langkah berikut ini:

  • Buka kolom pencarian di Windows Mulailah dengan membuka kolom pencarian di Windows, kemudian ketik cmd pada kolom tersebut dan tekan Enter.
  • Masukkan perintah untuk memeriksa motherboard Ketika jendela Command Prompt sudah terbuka, ketikkan perintah wmic baseboard get product,manufacturer. Pastikan perintah dimasukkan dengan benar agar informasi tentang motherboard dapat muncul.
  • Selesai Informasi mengenai motherboard pada laptop atau komputer Pengguna kini berhasil ditampilkan melalui Command Prompt.

2. Melalui Software Tambahan

Pengguna dapat memanfaatkan perangkat lunak tambahan untuk mengetahui jenis motherboard yang digunakan. Namun, pastikan terlebih dahulu untuk mengunduh dan menginstal perangkat lunak tersebut sebelum melakukan pengecekan.

Beberapa perangkat lunak yang bisa dimanfaatkan antara lain CPU-Z dan Speccy. Untuk Speccy, versi premiumnya diperlukan jika ingin mendapatkan informasi lengkap terkait komponen inti pada laptop atau komputer yang Pengguna gunakan.

Di sisi lain, CPU-Z dapat diakses secara gratis dan memungkinkan Pengguna mendapatkan informasi seperti detail produk, produsen, serta nomor model motherboard yang digunakan.

3. Melalui Sistem Informasi

cara cek jenis motherboard PC yang selanjutnya yakni dengan melalui sistem informasi Selain menggunakan Command Prompt, Pengguna juga bisa mendapatkan informasi tentang motherboard melalui menu System Information pada laptop atau komputer. Berikut adalah langkah-langkah yang mudah dilakukan:

  • Ketik System Information di kolom pencarian Windows.
  • Scroll ke bawah pada tab System Summary di sisi kiri jendela hingga Pengguna menemukan Motherboard Manufacturer atau BaseBoard Manufacturer.
  • Di sebelah opsi Produsen Motherboard/BaseBoard, Model
  • Motherboard/BaseBoard, dan Nama Motherboard/BaseBoard, Pengguna akan menemukan detail mengenai motherboard.
  • Selesai.

Namun, penting untuk dicatat bahwa metode ini tidak selalu menjamin Pengguna akan menemukan nomor tipe motherboard yang digunakan. Meskipun demikian, setidaknya Pengguna bisa mendapatkan informasi tentang pabrikan motherboard yang terpasang. Perlu diketahui bahwa cara ini akan berhasil jika Pengguna menggunakan versi Windows yang lebih baru.

4. Pakai Aplikasi Belarc Advisor

Salah satu aplikasi alternatif yang dapat membantu Pengguna melihat model motherboard tanpa perlu membuka casing PC adalah Belarc Advisor. Pengguna bisa mengunduh aplikasi ini melalui tautan berikut www.belarc.com/products/belarc-advisor.

Setelah menginstal Belarc Advisor, buka aplikasinya dan pilih bagian Main Circuit Board. Di sana, informasi tentang motherboard yang ada di PC-mu akan ditampilkan.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara cek kesehatan motherboard PC yang bisa dilakukan. Tentunya dengan menerapkan beberapa metode tersebut, maka kita bisa mengecek kesehatan motherboard dengan mudah dan praktis baik menggunakann software ataupun tanpa bantuan aplikasi.

Leave a Comment