Kenapa Tiktok Tidak Bisa Dibuka Setelah di Update? Ini Penjelasannya

TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial yang sangat populer saat ini. Banyak pengguna memanfaatkan TikTok untuk berbagai tujuan, termasuk promosi bisnis atau menampilkan karya mereka sebagai kreator konten.

Seperti aplikasi lainnya, TikTok juga mengalami berbagai masalah teknis yang sering dialami penggunanya, salah satunya adalah masalah aplikasi yang tidak dapat dibuka. Penyebab umum dari masalah ini meliputi aplikasi yang belum diperbarui, penumpukan cache atau cookie, dan faktor lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah aplikasi TikTok yang tidak bisa dibuka? Berikut beberapa alasan yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut:

1. Adanya Gangguan Jaringan

Salah satu penyebab paling umum mengapa TikTok tidak bisa diakses adalah masalah jaringan. Jika ini penyebabnya, pengguna dengan penyedia layanan internet yang berbeda mungkin tidak mengalami masalah yang sama.

Dalam kasus seperti ini, periksa kembali koneksi internetmu. Jika masalahnya terletak pada WiFi, cobalah menggunakan jaringan data seluler. Sebaliknya, jika kamu menggunakan data seluler, coba beralih ke WiFi. Selain itu, pastikan juga bahwa ponselmu tidak dalam mode pesawat.

2. Aplikasi Kadaluwarsa

Periksa versi aplikasi yang kamu gunakan, karena salah satu penyebab TikTok mungkin tidak dapat dibuka adalah karena aplikasi sudah tidak diperbarui. Pengembang biasanya secara berkala merilis pembaruan untuk memperbaiki bug atau masalah lainnya.

Jika aplikasi TikTok-mu belum diperbarui, coba lakukan pembaruan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membuka toko aplikasi, mencari TikTok, lalu klik tombol ‘Perbarui Aplikasi’. Tunggu hingga proses pembaruan selesai, kemudian coba buka TikTok lagi.

3. Gangguan Server Aplikasi TikTok

Jika TikTok tidak bisa diakses, langkah pertama adalah memeriksa media sosial lainnya untuk memastikan koneksi internet berfungsi dengan baik. Selanjutnya, periksa apakah ada pembicaraan populer yang menunjukkan adanya masalah serupa dengan server TikTok dari pengguna lain.

Jika masalah tidak hanya kamu alami, kemungkinan besar ada gangguan server. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Sayangnya, jika masalah disebabkan oleh gangguan server, kita hanya bisa menunggu. Biasanya, proses pemulihannya tidak memakan waktu lama, jadi kamu bisa mengalihkan perhatian dengan melakukan aktivitas lain sambil menunggu.

4. Sistem Operasi Belum Diperbaharui

Selain memperbarui aplikasi, penting juga untuk rutin memperbarui sistem operasi ponsel Anda. Jika sistem operasi ponsel Anda sudah usang, aplikasi terbaru mungkin tidak dapat berjalan dengan baik.

Hal ini dapat menyebabkan kesalahan dan mencegah aplikasi seperti TikTok untuk dibuka. Untuk memperbarui sistem operasi, langkah-langkah umumnya adalah sebagai berikut: buka ‘Pengaturan’ > Pilih ‘Tentang Ponsel’ > Pilih ‘Sistem Operasi’ > Klik ‘Perbarui Sistem Operasi’.

5. Adanya Penumpukan Cache

Saat Anda menggunakan aplikasi, berbagai file akan dihasilkan. Beberapa dari file-file ini bersifat sementara dan dapat menumpuk menjadi cache saat tidak lagi digunakan.

Jika jumlah cache terlalu banyak, hal ini dapat mengganggu kinerja aplikasi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menghapus cache dari aplikasi TikTok dengan cara berikut: buka ‘Pengaturan’ > pilih ‘Apps’ > klik TikTok > pilih ‘Clear Cache’. Setelah itu, cobalah membuka kembali aplikasi TikTok.

6. Aplikasi yang Tidak Diberi Akses

Setiap aplikasi yang diinstal memerlukan izin akses dari pengguna untuk berfungsi dengan baik. Jika izin ini tidak diberikan, aplikasi mungkin tidak dapat berjalan atau diakses.

Opsi untuk memberikan izin biasanya muncul setelah aplikasi diinstal. Namun, izin tersebut dapat diatur kembali kapan saja setelah instalasi.

Caranya adalah dengan membuka ‘Pengaturan’, lalu mencari ‘Aplikasi’, memilih ‘TikTok’, dan memberikan akses yang diperlukan. Umumnya, izin akses meliputi penggunaan kamera, kontak, mikrofon, foto, dan penyimpanan.

Itulah uraian terkait dengan bebreapa alasan kenapa tiktok tidak bisa dibuka setelah di update. Oleh karenanya, harus diketahui terkait dengan alasannya sebelum melakukan perbaikan.

Leave a Comment