3 Cara Mengatasi Layar PC Berbayang Sebelum Membawa ke Tempat Servis

Ketika layar laptop tiba-tiba menjadi berbayang saat dinyalakan, hal ini bisa menjadi masalah yang mengganggu, karena menurunkan kualitas visual dan bisa membuat mata tidak nyaman. Cara mengatasi layar PC berbayang kini bisa dilakukan secara mandiri,  sebelum memutuskan untuk mengganti LCD.

Seperti yang telah diketahui bahwa monitor berbayang, atau yang juga dikenal sebagai monitor flicker, adalah kondisi di mana ikon dan teks di layar tampak berbayang. Kondisi ini mirip dengan efek yang dialami oleh mata dengan astigmatisme.

Monitor berbayang biasanya disebabkan oleh lambatnya respons monitor terhadap perubahan yang terjadi pada layar. Panel LCD jenis VA sering kali mengalami masalah ini karena memiliki waktu respons yang lebih lambat dibandingkan dengan panel jenis TN atau IPS.

Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diberikan sebuah uraian terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatsi layar PC yang berbayang. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi layar PC yang terus berbayang, diantaranya:

1. Update driver

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi monitor yang berbayang, yaitu dengan memperbarui driver GPU. Driver GPU adalah perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk menampilkan visual pada layar.

Oleh karena itu, jika Pengguna mengalami masalah monitor yang berbayang, memperbarui driver GPU dapat membantu mengembalikan fungsinya ke kondisi normal. Berikut langkah-langkah untuk memperbarui driver di laptop:

  • Buka My Computer dan klik kanan pada This PC.
  • Pilih menu Show more options, kemudian klik Manage.
  • Selanjutnya, pilih Device Manager dan ketuk menu Display Adapters.
  • Pada bagian Display Adapters, akan terlihat driver yang terpasang.
  • Klik kanan pada driver tersebut, kemudian pilih Update driver.
  • Saat memperbarui driver, pastikan laptop terhubung dengan internet. Jika sudah terkoneksi, pilih Search automatically for drivers.
  • Jika ada pembaruan, silahkan install.
  • Proses selesai.

2. Cek Kabel VGA

Cara mengatasi layar PC berbayang yang selanjutnya yakni dengan melakukan pengecekan pada kabel VGA. Kabel VGA berfungsi sebagai penghubung untuk menyalurkan semua data video ke layar monitor.

Oleh karena itu, jika layar monitor mengalami flicker, penting untuk memeriksa kondisi kabel VGA. Periksa apakah ada kerusakan fisik atau masalah lain pada kabel tersebut. Jika ditemukan kerusakan, gantilah kabel VGA yang lama dengan yang baru.

3. Ubah Refresh Rate

Refresh rate adalah ukuran seberapa sering layar dapat menampilkan gambar baru per detik. Kecepatan refresh rate yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah seperti efek bayangan pada monitor.

Untuk mengatasi masalah ini, Pengguna dapat menurunkan kecepatan refresh rate pada sistem. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah kecepatan refresh rate di laptop yang digunakan:

  • Buka menu pengaturan di laptop Pengguna.
  • Pada bagian System, pilih menu Display.
  • Gulir ke bawah dan pilih Advanced display.
  • Di menu Choose a refresh rate, turunkan kecepatan refresh rate menjadi 40.04 Hz.
  • Jika tampilan layar sudah kembali normal, klik Keep changes.
  • Restart laptop untuk memastikan perubahan telah diterapkan dan sistem kembali normal.

Itulah beberapa cara mengatasi layar PC berbayang yang bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya beberapa cara tersebut bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk membawa PC ke tempat service.

Namun perlu diingat bahwa, cara yang disebutkan ini sebaiknya dilakukan dengan benar. Hal ini dikarenakan jika dilakukan secara sembarangan justru kerusakan yang ada pada layar ini akan semakin parah.

Leave a Comment