5 Software Untuk Membuat Flowchart, Untuk Mempermudah Pekerjaan

Saat kamu merancang ide, alur kerja, atau desain sebuah proyek, penggunaan aplikasi untuk membuat flowchart bisa mempermudah proses tersebut. Meski mungkin tidak terlihat sebagai investasi yang utama, aplikasi ini dapat berfungsi sebagai alat untuk menggali kreativitas bisnis dan brainstorming.

Tentunya hal ini dengan potensi biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan penggunaan whiteboard. Meskipun tidak semua aplikasi pembuat flowchart menawarkan kualitas yang setara, aplikasi terbaik umumnya memiliki fitur inti yang serupa, seperti template dasar dan objek yang sudah tersedia.

Lantas apa saja rekomendasi software yang bisa digunakan untuk membuat flowchart? Untuk itu, berikut beberapa rekomendasinya:

1. Microsoft Visio

Microsoft Visio dikenal sebagai salah satu aplikasi yang sangat populer. Aplikasi ini merupakan alat yang banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis diagram, seperti diagram alur, bagan organisasi, denah rumah (floor plan), desain teknik, dan banyak lagi.

Flowchart dan diagram yang dibuat di Visio dapat dihubungkan dengan data real-time, sehingga setiap perubahan pada data tersebut akan terlihat melalui penyesuaian bentuk yang otomatis. Versi web dari Microsoft Visio juga dapat diakses dari browser mana pun dan di mana saja.

2. yED Graph Editor

yED Graph Editor adalah aplikasi desktop yang gratis, berkualitas, dan dapat dijalankan di berbagai platform, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan efisien membuat diagram. Aplikasi ini kompatibel dengan semua sistem operasi utama, termasuk Windows, Unix/Linux, dan Mac OS X.

Selain itu, yED mendukung berbagai tipe diagram, memungkinkan pengguna untuk membuat diagram secara manual atau mengimpor data dari sumber eksternal untuk analisis atau manipulasi lebih lanjut. Pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat berbagai jenis diagram, seperti bagan organisasi, mind map, diagram swimlane, ERD, dan banyak lagi.

3. Corel MindManager

Corel MindManager adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin membuat flowchart dengan cepat dan mudah. Software ini memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis diagram dengan banyak pilihan template. Corel MindManager dilengkapi dengan alat yang komprehensif dan antarmuka yang ramah pengguna.

Tersedia paket langganan khusus untuk profesional dengan biaya sekitar $160 atau sekitar Rp2,4 juta per tahun. Tertarik mencoba Corel MindManager? Kamu bisa langsung mengunduhnya di sini dan menikmati masa percobaan gratis selama 30 hari.

4. Miro

Selanjutnya, terdapat Miro, sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat flowchart dengan berbagai fitur dan pilihan template yang sangat lengkap. Kamu bisa menyesuaikan flowchart yang dibuat sesuai dengan kebutuhan, baik untuk sesi brainstorming dengan kolega, maupun untuk kegiatan di sekolah atau kampus.

Miro juga memungkinkan kamu untuk menambahkan papan tim, sehingga kamu dan rekan-rekan bisa berkolaborasi dalam membuat flowchart secara online. Miro menawarkan beragam alat yang sangat berguna. Beberapa di antaranya termasuk opsi untuk menambahkan sticky notes, stiker, kanban, serta kemampuan untuk mengubah bentuk flowchart.

5. Cacoo

Cacoo, meskipun tidak begitu terkenal, merupakan aplikasi alternatif yang cukup komprehensif. Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang intuitif serta berbagai pilihan template. Meskipun tidak memiliki format flowchart baku, Cacoo menyediakan template yang dapat digunakan sebagai titik awal.

Selain itu, Cacoo juga menyediakan template untuk diagram Venn, peta pikiran, dan bahkan kalender. Fitur lainnya mencakup fungsi bagan sederhana, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memasukkan atau menempelkan data guna membuat grafik dasar, diagram lingkaran, dan analisis tren.

Itulah uraian terkait dengan beberapa software untuk membuat flowchart yang bisa digunakan. Tentunya dengan memilih salah satu software yang ada ini, maka akan dapat mempermudah pekerjaan yang menggunakan flowchart ini.

Leave a Comment