Kenapa Monitor Bergaris? Ternyata Ini 5 Penyebab yang Jarang Disadari

Salah satu komponen perangkat keras yang sangat penting dalam komputer dan laptop adalah layar monitornya. Namun ternyata tak jarang layar monitor ini mengalami kendala salah satunya yakni bergaris. Lantas sebenarnya kenapa monitor bergaris?

Seperti yang telah diketahui bahwa, layar berfungsi sebagai output yang menampilkan berbagai aktivitas yang sedang berlangsung di dalam sistem. Setiap komponen di dalam laptop bisa saja mengalami gangguan, termasuk layar atau monitor itu sendiri.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada layar laptop adalah munculnya garis-garis berwarna yang tidak diinginkan. Untuk itu, dalam uraian kali ini akan diberikan sebuah penjelasan terkait dengan penyebab yang harus diperhatikan, diantaranya:

1. LCD Tidak Terpasang dengan Benar

Layar monitor yang tidak terpasang dengan benar atau tidak rapat dapat menyebabkan munculnya garis-garis pada layar. Ketidakakuratan dalam pemasangan panel layar dapat menjadi penyebab utama, karena pencahayaan dari neon pada LCD tidak tersebar secara merata, sehingga beberapa area layar tidak dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, faktor penggunaan yang intens atau kemungkinan monitor pernah terjatuh sebelumnya juga bisa berkontribusi pada masalah ini.

2. Adanya Kesalahan pada Driver Software

Layar monitor yang bergaris dapat disebabkan oleh masalah pada driver perangkat lunak. Untuk menentukan apakah garis-garis pada layar muncul karena konflik perangkat lunak atau driver, pengguna bisa melakukan langkah-langkah seperti restart komputer dan masuk ke layar DOS (layar hitam saat boot).

Jika pada saat itu muncul garis-garis vertikal atau horizontal, maka masalah tersebut bukan disebabkan oleh konflik perangkat lunak atau driver. Namun, jika garis-garis tersebut terlihat saat memasuki layar utama, maka kemungkinan besar masalah tersebut terkait dengan perangkat lunak atau driver. Solusi untuk masalah ini adalah dengan menginstal ulang Driver Kartu Video atau bahkan melakukan instalasi ulang Windows.

3. Adanya Kesalahan VGA

Layar monitor yang menunjukkan garis dapat disebabkan oleh masalah pada VGA. Komponen kartu grafis atau VGA yang terintegrasi dalam komputer berfungsi untuk memproses berbagai aspek gambar, termasuk warna, resolusi, kontras, dan jumlah gambar yang ditampilkan.

Masalah pada VGA sering terjadi pada monitor yang lebih tua, terutama yang menggunakan driver yang dapat dilepas tetapi tidak terpasang dengan benar. Untuk mengatasi masalah ini, langkah terbaik adalah membawanya ke pusat layanan untuk mendapatkan perbaikan.

4. Kesalahan Kabel

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan munculnya garis pada layar monitor adalah masalah pada kabel. Kejadian ini bisa terjadi jika kabel terguncang saat bergerak, atau jika kabel mengalami kerusakan akibat terjatuh atau terbentur.

Jika garis pada layar disebabkan oleh kabel, sebaiknya mengganti kabel tersebut dengan kabel baru atau yang memiliki kualitas stabil untuk memastikan fungsi yang optimal.

5. Adanya Masalah Kegagalan Layar

Untuk menentukan apakah masalah screen streaking disebabkan oleh layar, langkah yang dapat dilakukan adalah memeriksa satu gambar di dua komputer yang berbeda. Jika gambar yang ditampilkan di komputer memiliki garis-garis.

Akan tetapi perangkat lain tidak menunjukkan masalah yang sama, maka kemungkinan besar monitor mengalami kerusakan. Ketika mengalami masalah garis pada layar, solusi terbaik adalah mengganti layar dengan yang baru, tergantung pada jenis monitor yang digunakan.

Itulah uraian terkait dengan beberapa alasan penyebab kenapa monitor bergaris. Sehingga sebelum menentukan bagaimana solusi yang harus dilakukannya, maka bisa periksa apa penyebab yang mendasari permasalahan tersebut.

Leave a Comment