Langkah-Langkah Menulis Artikel Blog Agar PageOne di Google

Menulis artikel untuk blog merupakan bagian kecil dari seluruh kegiatan blogging. Bagi sebagian orang, menulis merupakan kegiatan yang sangat membosankan, apalagi membacanya.

Menulis artikel blog tentu berbeda dengan menulis untuk kegiatan lain seperti menulis laporan, jurnal dan yang lainnya. Butuh teknik yang berbeda untuk menulis artikel blog.

Setiap blogger memiliki tujuan yang berbeda mengapa ia menulis artikel untuk blog nya. Untuk sekedar menyimpan data, kenangan, ataupun memang ditujukan untuk dibaca orang lain dan memperoleh pengunjung dari google ataupun search engine lainnya bahkan memperoleh penghasilan dari artikel anda buat.

Langkah-langkah menulis artikel blog agar pageone di google

Nah berdasar pada “tujuan” anda untuk menulis artikel blog, jika anda ingin blog anda bisa mendapatkan banyak pengunjung, butuh teknik khusus agar artikel yang anda tulis tidak sia-sia dan muara dari teknik khusus tersebut adalah bisa menghasilkan artikel yang berkualitas sehingga disukai google dan bahkan membuat pengunjung betah dalam membaca artikel yang Anda sajikan.

Disinilah tugas berat seorang blogger, apalagi seorang blogger pemula. Bagaimana caranya membuat artikel yang berkualitas, sehingga artikel tersebut bisa muncul di halaman pertama dan menghasilkan banyak pengunjung? Tentu bukan hal yang mudah dan sesimple yang Anda bayangkan.

Maka dari itu, disini saya akan memberikan anda bagaimana tips dan caranya agar artikel yang anda tulis bisa tampil di halaman pertama google. Simak dan praktikan sampai tuntas yaa!

Apa itu artikel berkualitas?

Sebelum itu, anda harus tau apa itu artikel berkualitas?

Artikel yang berkualitas merupakan artikel yang memberikan dampak positif berupa manfaat kepada pembaca sehingga ia tidak merasa sia-sia setelah membaca dan mempraktikan artikel yang telah ia baca.

Artikel berkualitas tidak sekedar memberi manfaat tapi juga memberi kenyamanan bagi orang yang membacanya.

Bagaimana Kriteria Artikel Berkualitas Untuk Blog?

#1. Tidak bertele-tele


Usahakan, dalam membuat artikel apalagi untuk blog jangan bertele-tele. Tulis pembukaan artikel sewajarnya, jangan terlalu panjang. Berdasarkan pengalaman, pengunjung bahkan sering mengabaikan kalimat di awal artikel untuk langsung menuju ke inti pembahasan.
Buatlah poin-poin mengenai bab-bab yang anda bahas. Sertakan beberapa kalimat saja pada poin-poin tersebut.
Basa-basi yang terlalu panjang justru bisa membuat pengunjung bisa jadi langsung meninggalkan blog anda yang menyebabkan bounce rate situs atau blog meningkat. Ini tidak baik untuk SEO.

#2. Bahas Tuntas Apa yang Anda Tulis


Kerahkan semua yang Anda tahu tentang bahasan atau tema yang anda tulis. Tapi dengan syarat nomer 1 diatas yaitu jangan bertele-tele. Bahasan yang tuntas membuat pembaca tidak perlu mencari referensi lain.
Akan tetapi, untuk membuat bahasan artikel tersebut menjadi lengkap dan informatif, anda perlu pengetahuan yang lebih. Oleh karena itu, bahaslah tentang apa yang Anda kuasai.

#3. Mengandung Fakta


Buatlah pembaca percaya akan apa yang anda tuliskan dalam artikel tersebut. Jika perlu buatlah data konkrit mengenai bahasan tersebut.
Apalagi jika fakta tersebut berdasarkan pengalaman sendiri yang anda bagikan, itu akan menjadi poin lebih untuk pembaca.

4#. Melibatkan Pembaca


Gunakan kata atau kalimat yang membuat anda seolah berbicara kepada pembaca secara langsung, contohnya gunakan kalimat pertanyaan seperti apa,bagaimana,mengapa. Lalu jawaban dari pertanyaan tersebut tulislah pada bagian inti artikel.
Saya menyarankan anda menggunakan kata-kata yang menarik seperti “sobat” dalam menyebut pembaca agar membuat interaksi menjadi lebih menarik dan tidak kaku. (walaupun dalam kasus ini saya menggunakan kata “Anda” di blog ini)

#5. Kalimat Dalam Satu Paragraf Jangan Terlalu Panjang

Khusus untuk artikel blog, gunakanlah beberapa kalimat saja (tidak lebih dari 5 kalimat) untuk setiap paragraf. Berdasarkan pengalaman saya, kalimat yang terlalu panjang dalam satu paragraf membuat tidak nyaman ketika membaca. 
tips menulis artikel blog

Langkah-Langkah Menulis Artikel Berkualitas

1. Tentukan Tema 

Pilihlah tema bahasan yang sangat anda kuasai. Carilah tema sesuai dengan niche blog anda. 
Jangan mencoba-coba membuat artikel yang sebetulnya anda tidak paham mengenai tema tersebut. Itu haya akan membuat anda pusing dan isi dari artikel pun tidak informatif.

2. Riset Keyword/Kata Kunci

Bukan hal asing lagi bagi para blogger. Setelah tentukan tema, lakukan riset keyword dari tema dari artikel yang ingin anda buat.
Riset keyword sangat penting dan jangan anda lewatkan. Jika blog anda masih baru, pilihlah keyword yang pesaingnya tidak terlalu tinggi namun volume pencariannya tinggi. Letakkan keyword atau kata kunci tersebut pada judul artikel, permalink serta pada artikel.
Anda bisa gunakan tools riset keyword gratis seperti Ubbersuggest ataupun tools premium lainnya.

3. Tulis Artikel

Tulis artikel sesuaikan dengan kriteria artikel berkualitas yang telah saya sebutkan diatas. Dalam menulis artikel, janganlah terburu-buru. Buatlah kalimat demi kalimat semenarik dan se-informatif mungkin.
Jika perlu, anda bisa mencari referensi di google mengenai bahasan anda. Asalkan jangan samakan persis dengan artikel yang anda jadikan referensi. 
Ingatlah “Content is the King”. Berusahalah maksimal ketika membuat konten artikel. Sebanyak apapun backlink yang anda miliki, tetaplah artikel/konten yang menentukan nasib blog anda di mesin pencari.
Jangan lupa juga sertakan beberapa gambar, grafik, atau jika perlu video seperlunya agar artikel tersebut tidak terkesan hanya berbentuk tulisan saja.

4. Revisi

Setelah artikel sudah selesai, baca kembali secara keseluruhan. Barangkali, ada kalimat atau informasi yang kurang sesuai. Terkadang saya mengubah beberapa kalimat yang terasa tidak enak dibaca bahkan setelah saya mempublish artikel saya.
Jika kurang yakin, anda bisa menyuruh teman atau orang lain untuk membaca artikel yang anda buat untuk mendapatkan saran atau pendapat darinya.

5. Publish

Lakukan publish artikel secara langsung atau anda juga bisa mengatur jadwal untuk publish artikel sesuka anda. Jangan lupa tuliskan label, atur permalink sesuai kata kunci target, dan jika anda mengaktifkan meta deskripsi, isi dengan beberapa kalimat yang terdapat kata kunci.

6. Submit ke Webmaster

Hal kecil yang kadang diabaikan oleh blogger pemula yaitu submit artikel baru ke webmaster tools. Tujuannya, memerintahkan google crawler untuk merayapi artikel baru kita agar bisa terindex alias muncul di mesin pencari.

TIPS TAMBAHAN :

1. Ketika menulis artikel untuk blog, jangan terlalu berambisi. Cukup 1 postingan tiap 1 atau 2 hari sudah baik.
2. Seringlah membaca blog yang sudah terkenal contohnya mas Sugeng, Klikmania,atau yang lainnya lalu gunakan metode ATM (Amati,Tiru,Modifikasi) mengenai kualitas konten yang mereka sajikan.
Kiranya sampai disini saya membahas mengenai cara menulis artikel berkualitas agar ranking 1 di google. Jika anda mengalami keluhan atau ingin memberi saran, mari diskusikan di kolom komentar.

Leave a Comment