6 Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh di Android

cara-mengatasi-memori-internal-penuh

Mengatasi Memori Internal Penuh – Memori merupakan salah satu bagian komponen yang ada di smartphone. Memori sendiri, fungsinya untuk menyimpan file, foto, video, game dan aplikasi yang ada di smartphone anda. Dari fungsinya tersebut, memori tidak akan bisa menyimpan lagi ketika kapasitasnya sudah penuh.

Oleh karena itu, untuk mencegahnya maupun mengatasinya, anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi memori penuh.

Umumnya, memori dibagi menjadi 2 kategori, yakni memori internal dan memori eksternal.

Apa bedanya?, memori internal adalah memori yang ada di dalam sebuah smartphone dimana memori internal tersebut memang menjadi salah satu spesifikasi atau fitur yang diberikan oleh produk smartphone.

Sedangkan memori eksternal adalah memori tambahan diluar dari komponen inti dari sebuah smartphone.

Kapasitas memori internal pada smartphone berbeda-beda. Tapi saat ini, banyak sekali vendor smartphone yang menawarkan kapasitas memori internal yang besar guna memanjakan kita para “User”nya.

Sekarang, kebanyakan smartphone dirilis dengan memori internal lebih dari 32 GB. Seharusnya itu sudah cukup untuk menyimpan banyak file yang ada di smartphone Anda.

Akan tetapi, sedikit demi sedikit, memori internal yang pada awalnya lega bisa menjadi penuh apabila tidak sering dibersihkan dan dirawat dengan baik.

Alhasil muncullah peringatan “memori penuh” di notifikasi smartphone anda. Biasanya pesan notifikasi tersebut muncul otomatis apabila kapasitas memori internal telah dibawah 1GB. Lalu, bagaimana mengatasi agar peringatan memori penuh tidak muncul lagi terutama untuk smartphone yang kapasitas memori internal kecil?

Sebelum itu, anda perlu tahu dampak terhadap smartphone anda jika memori internalnya semakin sedikit agar anda semakin serius dalam membaca artikel ini.

Dampak Memori Internal Penuh

Memori internal yang penuh, menyebabkan beberapa masalah pada smartphone anda apabila tidak segera anda lakukan tindakan. Diantaranya

1. Kemampuan loading semakin lama alias semakin lag.

 

Bayangkan saja apabila anda sedang berada pada kerumunan orang yang sangat banyak, apa yang terjadi? Anda pasti akan sulit untuk bergerak. Begitu pula yang terjadi apabila sistem smarpthone sobat tidak lagi memiliki ruang untuk beroperasi.

Smartphone anda akan terasa sangat lag/lemot yang menyebabkan kita tidak nyaman ketika menggunakannya.

2. Sering muncul notifikasi

Fitur notifikasi otomatis yang berisi peringatan memori internal penuh akan semakin sering muncul di bar notifikasi. Sehingga akan membuat anda tidak nyaman ketika menggunakannya, apalagi jika anda sedang bermain game online.

3. Semakin sulit untuk dibersihkan

Sampah berupa file yang sudah tidak lagi berguna untuk anda akan semakin banyak, anda pun semakin dibuat bingung untuk memilih-milih file yang sebaiknya anda hapus atau tidak.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

1. Hapus Cache Aplikasi

Cache merupakan data sementara yang tersimpan di smartphone ketika anda menggunakan sebuah aplikasi. Semakin sering anda menggunakan sebuah aplikasi, cache yang dihasilkan pun semakin banyak (tergantung pula dari fitur cache aplikasinya).

Untuk menghapus cache, anda bisa lakukan langkah berikut :

  1. Buka setting
  2. Pilih menu App atau Aplication Manager (namanya berbeda di beberapa OS intinya pilih yang Aplikasi)
  3. Pilih aplikasi yang ingin anda bersihkan cache nya.
  4. Klik “Clear cache”

 2. Uninstall Aplikasi

Cara lain untuk mengatasi memori internal penuh adalah menguninstal aplikasi atau game yang tidak lagi anda gunakan.

Apabila banyak aplikasi di smartphone anda yang sudah lama anda tidak gunakan atau memang sudah tidak beguna lagi bagi anda, tidak perlu anda membersihkan cache nya. Cara ini merupakan cara paling mudah dan ampuh untuk mengatasi memori internal yang penuh.

Langsung anda uninstal saja sehingga bisa memperbanyak kembali kapasitas memori internal anda. Caranya uninstal seharusnya anda sudah tahu dan tidak perlu saya jelaskan lagi.

3. Hapus Foto, File, atau Video

Selain aplikasi, hal lain yang bisa membuat memori internal anda penuh adalah foto, video dan file-file seperti dokumen/lainnya.

Saat ini kualitas foto dan video setiap smartphone sudah semakin baik, dilain sisi hal tersebut menyebabkan ukuran foto atau video tersebut semakin besar sehingga menyebabkan memori internal penuh.

Caranya mudah anda hanya perlu membuka galeri atau file manager. Kemudian pilih dan sortir foto atau video atau file yang sudah tidak berguna, lalu anda bisa menghapus file tersebut.

4. Maksimalkan Cloud Storage

Cloud storage merupakan teknologi penyimpanan data secara virtual. Anda bisa memaksimalkan cloud storage milik google yang otomatis anda diberikan kapasitas cloud storage 15 GB ketika anda membuat email google (gmail).

Dengan cara ini, anda bisa menghapus file-file di smartphone anda tanpa takut kehilangan apabila suatu saat ingin membukanya lagi. Caranya

Tautkan akun google anda di aplikasi Google Foto.

Google Foto merupakan aplikasi seperti galeri besutan google

Kemudian aktifkan “Backup & Sinkronisasi”

Anda juga bisa menggunakan layanan cloud storage yang banyak tersebar di internet. Silahkan baca kumpulan cloud storage dengan kapasitas besar

trik mengatasi memori internal kecil

5. Pindah ke Memori Eksternal

Alternatif lain apabila anda ingin sedikit bermodal, belilah kartu memori eksternal di pasaran. Pilihlah yang kualitasnya bagus agar file tidak corrupt.

Kemudian pindahkan data-data yang memenuhi memori internal ke kartu memori eksternal.

Atau jika anda memiliki laptop atau komputer, anda bisa pindahkan data tersebut ke komputer atau laptop milik anda.

6. Gunakan Aplikasi “Lite”

Aplikasi sosmed seperti Facebook, Messenger, Line biasanya ukurannya sangat besar. Karena data-data aplikasi tersebut langsung tersimpan di memori internal smarpthone anda.

Anda bisa mengakalinya dengan mendownload aplikasi tersebut dengan versi “lite” yang ukurannya lebih kecil dari aplikasi aslinya. Akan tetapi dengan fitur yang tentu lebih sedikit dari versi aslinya.

Dengan catatan pastikan versi lite yang anda download melalui playstore satu developer dengan aplikasi aslinya.

Demikianlah 6 cara untuk mengatasi memori internal yang penuh di smartphone. Anda mungkin bisa menerapkan beberapa langkah diatas untuk mengatasi internal penuh di IOS yang biasanya sering mengalami masalah ini.

Sedikit tips, supaya memori internal anda tidak penuh, rajinlah untuk membersihkan file atau aplikasi yang sudah tidak anda gunakan secara berkala, misalnya 2 minggu atau 3 minggu sekali.

Silahkan berkomentar jika anda ingin menambahkan metode lain yang mungkin bisa saya update untuk artikel ini atau ingin bertanya.

Leave a Comment