Aplikasi Anti Virus Untuk Laptop, Tentukan yang Gratis Atau Berbayar!

aplikasi anti virus untuk laptop

Ada banyak aplikasi anti virus untuk laptop yang masih belum banyak digunakan dan dimanfaatkan dengan baik. Padahal bagi seorang yang menjadikan laptop sebagai tempat menyimpan data penting, aplikasi serupa sangat diperlukan. Tentu agar selalu aman.

Malware atau virus memang bisa kapan saja menyerang perangkat laptop yang digunakan. Jadi di bawah ini pun akan disebutkan mengenai beberapa aplikasi atau software yang bisa dipasang di laptop. Untuk tahu lebih lanjut, simak penjelasannya!

Aplikasi Antivirus Gratis

Bagi yang suka dengan aplikasi gratis, maka kali ini akan disebutkan tiga macam aplikasi yang dapat digunakan. Pada dasarnya saat ini ada banyak developer yang menawarkan aplikasinya untuk digunakan secara gratis. Seperti yang akan diuraikan kali ini.

1. Panda Cloud Antivirus

Aplikasi pertama adalah Panda anti virus yang mampu memindai dari Could sehingga tidak akan mengganggu aktivitas laptop. Bagi yang belum terbiasa dengan aplikasi anti virus, maka ini cukup cocok digunakan. Tentu karena pengaturannya yang mudah.

Selain itu, ruang penyimpanan yang dibutuhkan pun lumayan kecil, di mana perhitungannya minimal hanya 9,8 MB saja. Selain itu, dengan pemrosesan could pembaruan perangkat maupun pemindaian virus dilakukan sendiri. Jadi saat ada masalah virus, akan langsung ditangani.

Aplikasi ini juga punya beberapa fitur unggulan, antara lain adalah deteksi Malware yang kuat. Bahkan menurut test AV, panda Cloud mampu menangkap semua virus yang diketahui. Pembaruan pun dapat dilakukan secara gratis di setiap menitnya.

2. Avira Antivirus Pro

Ketiga ada software bernama Avira antivirus pro. Sama seperti sebelumnya, ini juga masuk pada peringkat 10 besar yakni yang ke 6 dari 47 perusahaan antivirus di pasaran. Di mana dalam uji cobanya mampu menangkap 98% virus.

Cukup banyak fitur yang ditawarkan, misalnya saja dengan memberikan perlindungan yang rela rime terhadap virus. Juga menjadi salah satu aplikasi yang punya tingkat deteksi dengan baik. Bahkan bisa digunakan secara gratis.

Namun karena gratis, maka banyak beberapa kelemahan yang dimiliki. Antara lain adalah banyaknya iklan yang akan mengganggu saat digunakan. Jadi ini tidak akan menjadi solusi saat akan digunakan dalam jangka panjang.

3. Avast Free Antivirus

Aplikasi gratis selanjutnya adalah Avast Free Antivirus. Di mana software ini memberikan perlindungan pada laptop terhadap virus dan juga hacker. Bahkan ada yang mengklaim bahwa aplikasi ini punya fitur cybercapture yang akan membersihkan ancaman.

Nyatanya, aplikasi ini pun sudah mulai beroperasi sejak tahun 95 yang tetap menawarkan fitur gratis. Namun Aplikasi ini pun juga menawarkan versi premium jika ingin menggunakannya dalam jangka panjang. Tentu dengan berbagai fitur yang lebih baik.

Aplikasi Antivirus Berbayar – Malwarebytes

Lalu pada urutan berikutnya untuk aplikasi anti virus untuk laptop ada Malwarebytes. Ini menjadi salah satu perusahaan antivirus yang terpilih dan masuk ke dalam 10 besar dari total 47 company yang ada di pasaran. Pun sudah beroperasi cukup lama.

Sampai mendapatkan peringkat tersebut tentu tak main-main dengan perlindungan yang diberikan. Namun dengan layanan tersebut, tentu harus ada uang yang harus dibayarkan sebagai tanda berlangganan. Pemindaian virusnya sendiri ada tiga pilihan untuk digunakan.

Tak hanya memberikan perlindungan dari virus saja, namun Malwarebytes juga punya kemampuan yang kuat untuk memblokir URL online. Juga memberikan perlindungan atas Ransomware. Sehingga dapat mengetahui program yang cukup membahayakan bagi perangkat.

Itu tadi adalah beberapa aplikasi anti virus untuk laptop baik berbayar maupun yang gratis. Aplikasi yang disebutkan gratis di atas sebenarnya juga menyediakan versi premium. Jadi pengguna dapat menyesuaikan dengan kebutuhan serta kenyamanan yang dirasakan.

Leave a Comment