Cara Scan Kode QR WiFi di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi

Semakin maju perkembangan zaman maka maju pula teknologi saat ini, yang semakin dapat mempermudah dalam melakukan berbagai hal. Karena sekarang cara scan kode QR WiFi di android tanpa aplikasi, hanya memanfaatkan Handphone android.

Jadi Handphone  yang sudah dilengkapi dengan kode batang atau yang sering disebut barcode berisikan identitas mengenai suatu produk.

Sekilas Tentang QR WiFi 

Setiap hari semua kegiatan berhubungan dengan ponsel karena dapat mempermudah segala urusan yang akan dilakukan, tapi karena kapasitas memori handphone yang kurang banyak yang mempertimbangkan terlebih dahulu untuk mendownload aplikasi tambahan di handphone.

Sekarang bisa scan kode QR WiFi dapat menggunakan merk Handphone Android seperti Oppo, Vivo, Samsung, ASUS, Lenovo, Redmi, Xiaomi, Realme, Pocho, dan lain sebagainya tanpa menggunakan aplikasi.

Cara Scan Kode WiFi yang Cukup Mudah Dilakukan 

Karena itu bisa akan langsung membahas cara khusus bagaimana scan kode QR WiFi di android tanpa aplikasi dengan mudah dan cepat sebagai berikut:

1. Cara Scan Code QR dengan Menggunakan Salah Satu Fitur Bawaan Android

Setiap Handphone Android sekarang sudah dilengkapi dengan dengan pemindai, baik dari kamera ataupun mempunyai aplikasi sendiri. Karena itu mari coba memanfaatkan fitur bawaan dari Handphone untuk memindai kode QR WiFi sebagai berikut:

  • Buka aplikasi lalu cari fitur pemindai yang bisa dilakukan secara online maupun offline selanjutnya bisa langsung diatur untuk memindai kode.

  • Arahkan langsung kamera ke arah kode batang dengan tepat ke arah kotak yang tersedia, usahakan tangan tidak gegar agar kamera dan memindai dengan benar.

  • Jika sesuai maka dapat mencoba langsung sampai muncul link untuk diarahkan langsung untuk menyambungkan ke WiFi.

  • Tekan link dan ikuti instruksi di sana, setelah itu pengguna akan otomatis tersambung dengan WiFi dari Kode batang tersebut tanpa harus memasukkan kata sandi lagi.

Bagaimana mudah bukan, ini adalah salah satu cara yang bisa langsung digunakan menggunakan Handphone.

2. Cara Untuk Menampilkan Barcode WiFi di Handphone

Salah satu sebagian dari contoh dari bagaimana cara memindai kode QR dari Handphone tanpa ribet dan langsung menggunakan handphone. Berikut ulasannya:

  • Supaya kode QR tampil silahkan buka menu Setting di Handphone.

  • Lalu pilih menu Network dan Internet.

  • Klik WiFi yang terdapat di bagian atasnya lalu pilih jaringan WiFi yang ingin diketahui kode QR nya.

  • Cari dan pilih menu Share, kemudian klik verifikasi dengan password Handphone. Di sana akan muncul kode pemindai akan langsung muncul cara scan kode QR WiFi di android tanpa aplikasi.

3. Cara Scan Barcode QR Code Tanpa Aplikasi di Android Menggunakan Google Lens

Ada banyak yang belum mengetahui bahwa Google Lens adalah salah satu fitur yang tersedia di Chrome yang bisa digunakan untuk memindai kode tanpa harus mendownload aplikasi tambahan di handphone. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Chrome lalu pastikan berada di halaman utama.

  • Klik Google Lens yang terdapat icon Kameranya.

  • Nanti Google Lens akan meminta akses untuk galeri dan bisa langsung di setujui dengan mengklik tombol Ya.

  • Akan ada tampilan menelusuri kamera lalu arahkan kamera tersebut ke kode batang yang hendak di scan.

  • Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai dan langsung bisa mengaksesnya.

4. Cara Memindai Kode Batang Lewat Webqr

Selain dengan menggunakan Google Lens berikut cara lain yang dapat menjadi alternatif lain untuk digunakan yaitu dengan menggunakan google. 

Melalui website Webqr yang sangat populer di kalangan pengguna yang bisa digunakan untuk memindai kode QR WiFi. Yuk simak Langkah-langkah yang cukup mudah sebagai berikut:

  • Buka website Webqr setelah masuk aktifkan pengaturan untuk mengizinkan aplikasi dapat mengakses kamera di ponsel.

  • Arahkan kamera tepat di kode QR yang akan dipindai.

  • Tunggu beberapa saat sampai kode QR berhasil dipindai sampai muncul data dan informasi yang ada pada kode QR.

Pada aplikasi Webqr ini bisa digunakan untuk beberapa hal, mulai dari kode QR transaksi pembayaran, kemasan produk, televisi dan lainnya. Dengan seperti itu tidak perlu khawatir jika situs gagal memindai Barcode.

Itu saja beberapa cara yang bisa kalian pilih untuk bagaimana cara scan kode QR WiFi di android tanpa aplikasi serta dapat membantu untuk yang sedang bingung.

Leave a Comment