Begini Cara Pasang Router WiFi dengan Cepat dan Benar

cara pasang router wifi

Saat di rumah keseharian manusia tidak bisa terlepas dari koneksi internet. Saat ini WiFi sudah jadi kebutuhan bagi remaja, dewasa, bahkan orang tua. Nah yuk lebih baik cari tahu cara pasang router WiFi yang benar.

Karena hampir semua bergantung dengan internet, dari pekerjaan sampai hiburan membutuhkan koneksi internet. Maka dari itu, penting sekali memilih mana provider dan setting router WiFi yang baik. Kira-kira bagaimana caranya?

Nah, apabila belum atau sudah membeli WiFi dalam rangka menambah jaringan internet, ada beberapa cara pemasangan router WiFi dengan mudah dan cepat supaya jaringan lebih optimal!

1. Menyambungkan Modem dengan Router

Pertama untuk cara pasang router WiFi yaitu dengan menyambungkan modem dengan router. Jadi, menyambungkan kabel jack ke router lalu menyambungkan lagi melalui kabel ke stop kontak. Dilanjutkan dengan Kabel LAN masuk ke port WAN.

Setelah itu, sambungkan lagi router ke port LAN di modem. Jadi, pastikan bahwa port LAN telah terpasang dengan baik dan benar. Jadi, sebelum perangkat terhubung dengan jaringan kabel, router sudah terhubung dengan perangkat modem.

2. Menyambungkan Komputer dengan Router

Selanjutnya, menyambungkan komputer dengan router dan kabel LAN. Pertama, masukkan kabel LAN ke port LAN komputer. Lalu sambungkan lagi port LAN yang berada di router.

Supaya koneksi stabil dan tidak terhandat, jangan gunakan WiFi yang terkoneksi dengan router untuk menginstal. Alasannya karena jaringan WiFi belum stabil.

3. Log In dan Buka Admin Router

Cara pasang router WiFi selanjutnya dengan menyalakan komputer setelah semua terhubung. Lalu, kemudian masuk dalam web browser. Ketik alamat router agar bisa masuk menjadi admin router. Lalu buat username dan kata sandi.

Apabila ingin tahu alamat dari admin router, maka harus melihat buku panduan pemasangan router. Setelah itu, pengguna dapat menggunakan CD instalasi yang telah jadi dan satu paket lengkap dengan router.

4. Memasukan Data informasi tentang Koneksi Internet

Pengguna harus memasukan data-data dan juga konfigurasi dari router sesuai dengan provider yang telah digunakan supaya terhubung dengan koneksi internet. Kemudian cek, koneksi Ethernet, lampu internet dan lainnya sudah bisa menyala pada router.

5. Melakukan Pengaturan atau Setting Router

Lanjut dengan pengaturan atau melakukan setting pada router. Jadi, sebaiknya tidak memakai nama bawaan dari router. Hal ini guna menjaga keamanan, pengguna bisa mengganti nama SSID miliknya.

Pengguna perlu melakukan pengaturan keamanan supaya aman dari para hacker. Pengguna dapat melakukannya dengan fitur dari WPA2 Wireless Encryption. Pastikan dulu bahwa routernya telah mendukung fitur tersebut. Jadi, koneksi lebih lancar menggunakan modem 4G.

6. Menyalakan Router

Saat menggunakan WiFi, hal yang harus diperhatikan pengguna yaitu menyalakan router supaya bisa memakainya. Ketika router dinyatakan pasti berwarna hijau muda terang, hal ini berarti koneksi tersambung dengan baik.

7. Menyambungkan Jaringan ke Perangkat

Apabila router sudah menyala dan device belum tersambung juga, maka jaringan router perlu di setting supaya tersambung. Pastikan harus menyambungkan device dengan WiFi di rumah. Tidak lupa masukkan password dan kata sandi.

Selanjutnya WiFi nanti akan tersambung dengan device, WiFi akan tersambung apabila perangkat baru sudah menyala atau bila pengguna telah menyalakan WiFi.

8. Lakukan Reboot Saat Jaringan Mengalami Gangguan

Selanjutnya langkah terakhir cara pasang router WiFi dengan benar yaitu apabila device tidak terhubung dengan WiFi, maka hal pertama yang harus dilakukan pengguna yaitu melakukan reboot router.

Kemudian matikan jaringan WiFi pada perangkat. Selanjutnya lakukan “Forget Network” supaya WiFi bisa terhapus dari daftar jaringan koneksi. Apabila telah selesai maka sambungkan dengan device kembali.

Nah, itu tadi cara pasang router WiFi yang baik dan benar. Jadi, memasang router sendiri tidak sesulit yang dibayangkan. Jadi, koneksi internet lebih mudah saat ini.

Leave a Comment