Cara Kirim Foto Lewat Bluetooth di iPhone yang Mudah dan Simpel!

cara kirim foto lewat bluetooth di iphone

Cara kirim foto lewat bluetooth di iPhone bisa dilakukan dengan beberapa langkah dan sangat mudah untuk dipraktekkan. Bluetooth sudah diciptakan sejak lama bahkan jauh sebelum WiFi tercipta.

Bluetooth menjadi salah satu teknologi yang diciptakan untuk menghubungkan perangkat satu dengan lainnya. Dengan adanya bluetooth ini sangat memudahkan pengguna sesuai fungsi pada zamannya.

Bahkan sampai sekarangpun bluetooth juga masih eksis digunakan. Saat ini bluetooth sering digunakan untuk perangkat yang tadinya menggunakan kabel namun sekarang ini jadi bisa digunakan tanpa kabel.

Contohnya seperti perangkat mouse, keyboard, speaker, bahkan sampai headset pun juga sudah menggunakan teknologi bluetooth yang semakin berkembang dan canggih.

Sudah sejak lama sekali bluetooth digunakan sebagai media untuk mengirimkan file seperti foto, video dan sejenisnya. Lalu bagaimana caranya mengirimkan foto melalui bluetooth di iPhone? Simak pembahasannya berikut ini.

Fungsi Bluetooth di iPhone

Sebelum lanjut ke bagaimana cara kirim foto lewat bluetooth di iPhone, mari kita bahas mengenai apa saja sih fungsi bluetooth ini untuk pengguna iPhone. 

Bluetooth tidak hanya dapat mengirimkan file dari perangkat satu ke yang lainnya. Bluetooth juga bisa menghubungkan perangkat iPhone dengan perangkat lain seperti headset, speaker, keyboard dan masih banyak lagi.

Selain itu, bluetooth juga bisa digunakan untuk menghubungkan iPhone dengan jaringan internet melalui hotspot WiFi personal. Koneksi ini bahkan bisa dikatakan lebih aman karena enkripsinya setara dengan WPA2 pada WiFi.

Cara Mengirim Foto dengan Bluetooth di iPhone

iPhone tidak memberikan akses kepada penggunanya untuk mengirimkan file melalui bluetooth secara langsung dengan fitur yang terdapat pada iPhone. Lalu bagaimana cara untuk mengirimkan file melalui bluetooth di perangkat iPhone ini?

1. Unduh dan Instal Aplikasi

Untuk mengirimkan file tersebut melalui bluetooth di perangkat iPhone, pengguna dapat menginstal aplikasi yang bisa digunakan sebagai alat bantu untuk mengirimkan file tersebut melalui bluetooth.

Aplikasi untuk mentransfer file tersebut bernama AirBlue Sharing yang bisa diunduh melalui apps store di perangkat iPhone. Jika aplikasi ini belum terdapat di perangkat iPhone, coba masukkan kata kunci AirBlue Sharing pada mesin pencari apps store iPhone.

Unduh aplikasi AirBlue Sharing lalu tunggu sampai proses selesai hingga aplikasi tersebut terinstal di perangkat iPhone. Setelah ikon aplikasi AirBlue Sharing tersebut muncul di menu aplikasi iPhone, buka aplikasi tersebut.

2. Aktifkan Enable Receiving dan Aktifkan Bluetooth

Setelah aplikasi sudah terbuka, cari tulisan enable receiving lalu aktifkan. Setelah enable receiving aktif, aktifkan bluetooth di perangkat iPhone.

3. Pilih Foto yang Akan Dikirim

Jika bluetooth sudah berhasil diaktifkan, coba pilih foto yang akan dikirimkan di perangkat iPhone lalu click and hold file atau foto yang akan dikirim tersebut.

Setelah di klik dan tahan, akan secara otomatis muncul ikon pesawat kertas. Klik ikon pesawat kertas tersebut lalu perangkat akan melakukan scanning secara otomatis.

Sebelum lanjut mengirimkan foto atau file tersebut, pastikan untuk mengaktifkan bluetooth di perangkat lain yang akan menerima file atau foto tersebut.

Setelah pemindaian selesai, akan muncul sebuah perangkat atau beberapa yang akan ditampilkan di layar. Perangkat tersebut merupakan perangkat yang bisa disambungkan dan menerima file.

Pilih perangkat yang akan menerima file tersebut, pastikan tidak salah pilih perangkat jika terdapat beberapa perangkat yang tampil di layar.

Tunggulah sampai proses pengiriman selesai. Setelah proses tersebut selesai maka foto yang dikirimkan tadi sudah secara otomatis tersimpan di perangkat penerima.

Itulah cara kirim foto lewat bluetooth di iPhone yang mungkin berguna untuk keperluan pengguna iPhone. Adapun dalam uraian ini telah diberikan sebuah penjelasan lengkap terkait dengan fungsi bluetooth iPhone dan juga cara untuk mengirimkan foto.

Leave a Comment