5 Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot, Dijamin Berhasil

cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot

Internet, kini menjadi sebuah hal penting dalam kehidupan. Namun akan ada kalanya internet ini mengalami gangguan seperti lemot. Cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Walaupun sinyal dalam kondisi penuh, akan tetapi tak menutup kemungkinan jika internet bisa mengalami kelambatan. Oleh karenanya hal ini harus diketahui apa penyebab dan juga cara mengatasinya.

Biasanya, hal ini akan disebabkan oleh beberapa hal. Adapun penyebabnya bisa meliputi kondisi sinyal yang tidak stabil bahkan kuota internet yang telah memasuki masa tenggang.

Namun untuk bisa mengatasinya, harus melakukan beberapa cara. Untuk itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinyal  yang penuh akan tetapi internet lemot. Berikut diantaranya:

1. Restart Perangkat

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan merestart perangkat. Tentu hal ini merupakan sebuah tindakan  yang umum dilakukan jika ada sebuah gangguan  yang terjadi dalam smartphone tersebut.

Dengan melakukan restart perangkat atau memulai ulang perangkat, tentu semua kegiatan yang ada dalam perangkat tersebut dapat di refresh. Sehingga hal ini juga bisa dilakukan sebagai cara untuk mengatasi sinyal yang lemot.

2. Aktifkan Kemudian Nonaktifkan Mode Pesawat

Cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot yang selanjutnya yakni dengan mengaktifkan kemudian menonaktifkan mode pesawat. Hal ini cukup mudah untuk dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

  • Klik opsi mode pesawat yang ada pada notifikasi bar jika menggunakan smartphone.

  • Kemudian tunggu beberapa saat sekitar 2 menit saja lalu bisa langsung matikan kembali mode pesawat dari smartphone tersebut.

Hal ini tentu bisa dilakukan jika memang mengalami permasalahan sinyal. Namun jika masih saja lemot, maka bisa mencoba cara lainnya.

3. Cek APN yang Digunakan

Seperti yang telah diketahui bahwa, APN merupakan sebuah menu yang biasanya digunakan untuk bisa mengakses internet sesuai dengan operator yang digunakan. Hal ini tentu mempunyai dampak baik bahkan buruk.

Walaupun APN ini dapat digunakan untuk menjaga koneksi internet tetap aman digunakan, namun terkadang juga bisa menghambat koneksi internet yang ada. Oleh karenanya, matikan APN beberapa saat agar internet dapat berjalan lancar.

4. Periksa Aplikasi yang Dapat Menghambat Sinyal

Seperti yang telah diketahui bahwa, jika menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan, tentu hal ini dapat mempengaruhi kerja perangkat. Salah satunya yakni dapat mempengaruhi terkait dengan sinyal yang masuk.

Hal ini dikarenakan, jika aplikasi tidak ditutup secara benar, maka masih tetap menggunakan internet perangkat. Oleh karena itu, kapasitas jaringan internet juga akan terbagi ke dalam aplikasi itu juga. Untuk mengecek apa saja aplikasi yang masih berjalan, simak langkah berikut:

  • Buka menu pengaturan yang ada pada smartphone.

  • Kemudian, lanjutkan dengan masuk ke opsi menu jaringan.

  • Jika sudah, silahkan klik opsi jaringan seluler dan dilanjutkan dengan buka menu penggunaan data aplikasi.

5. Nonaktifkan VPN

VPN merupakan salah satu fitur yang bisa menjaga koneksi agar tetap dalam posisi aman. Namun pada kenyataannya, biasanya VPN ini justru malah bisa menghambat kerja internet.

Oleh karena itu, sebaiknya nonaktifkan VPN terlebih dahulu agar internet dapat berjalan dengan lancar kembali. Selain itu, VPN juga tentu akan membuat pengeluaran kuota semakin banyak.

Itulah beberapa cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot dalam berbagai perangkat. Sehingga dapat dipilih salah satu  cara yang dirasa paling mudah untuk dilakukan. Namun jika telah mencoba satu cara masih saja gagal, bisa coba cara lainnya.

Leave a Comment