Cara Upload Video di Google Drive dan Share Link dengan Mudah

cara upload video di google drive dan share link

Apabila ingin menyimpan video secara aman, maka bisa memfungsikan Google Drive. Jika nantinya ingin di share, maka juga ada caranya tersendiri. Cara upload video di Google Drive dan share link pun sebenarnya bisa dijalankan dengan mudah.

Jika ingin tahu caranya namun belum tahu, maka pada uraian ini akan dipaparkan secara mendetail. Mulai dari cara mengunggah video sampai dengan share linknya. Simak detail berikut:

Cara Upload Video di Google Drive

Informasi pertama yang akan diberikan adalah tentang cara unggah videonya. Proses unggah video di Google Drive dengan ponsel dan PC tidak jauh berbeda. Oleh karenanya, prosesnya akan dijelaskan secara menyeluruh dalam satu susunan.

Sebenarnya prosesnya tidak terlalu banyak. Hanya ada lima poin utama yang harus dijalankan dan diselesaikan. Jika penasaran dengan keseluruhan penjelasannya, maka simak detail berikut untuk mengetahui strukturnya:

  • Pertama, buka dulu aplikasi Google Drive yang terpasang di ponsel. Jika memakai PC atau laptop, maka masuk ke browser dan ketikkan “Google Drive di pencarian.

  • Saat sudah masuk ke halaman utama Google Drive, pencet tombol “Baru” yang ada logo “+” di sebelahnya.

  • Nantinya akan ada beberapa tombol yang muncul. Untuk melanjutkannya, pilih tombol “Upload File”.

  • Kemudian cari video yang ingin diunggah dan pencet “Ok”.

  • Tunggu proses unggah selesai dan hasilnya bisa dicek di Google Drive.

Metode Membagikan Tautan

Cara upload video di Google Drive dan share link menjadi satu kesatuan. Jika ingin share link, maka video harus diunggah ke Google Drive. Jadi selain dijelaskan cara unggahnya, maka akan dipaparkan cara share link.

Proses share link ini akan dibedakan menjadi dua golongan. Perbedaan golongan ini akan disesuaikan dengan jumlah orang yang akan dijadikan tujuan share link. Berikut penjelasannya:

1. Share Link ke Orang Tertentu

Pada pemaparan proses pertama ini, akan diberikan penjelasan share link ke orang tertentu. Jika link hanya ditujukan untuk satu orang, maka Google Drive sudah menyediakan fiturnya yang bisa langsung difungsikan dengan mudah.

Tahapan share link ini memiliki lima langkah berbeda. Agar prosesnya bisa selesai, maka setiap tahapan harus dijalankan dengan baik. Untuk itu, lihat susunan penjelasan yang terpampang dengan jelas sebagai berikut:

  • Masuk dulu ke Google Drive.

  • Kemudian pencet tombol dengan logo tiga titik di sisi kanan file.

  • Lalu pencet tombol “Bagikan” yang ada di sisi atas dari jajaran tombolnya.

  • Proses selanjutnya adalah masukkan alamat email orang yang ingin dikirimi link.

  • Jika sudah, cek kembali emailnya dan pencet tombol “Kirim” untuk mengakhiri prosesnya.

2. Share Link ke Semua Orang

Selain melakukan share link ke satu orang, proses share link ke banyak orang juga bisa dilakukan. Namun untuk proses ini tidak bisa dijalankan secara otomatis di Google Drive. Tahapan untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Pada tahap pertama, pencet dulu tombol dengan logo tiga titik di sisi file dalam Google Drive.

  • Lalu pilih opsi “Dapatkan Link”.

  • Untuk proses selanjutnya, kirim ke orang yang ingin dituju melalui berbagai media. Misal WhatsApp atau aplikasi chatting lainnya.

  • Paste linknya dan kirimkan secara massal.

Itulah penjelasan lengkap tentang cara upload video di Google Drive dan share link sampai selesai. Karena tahapan penjelasannya sudah jelas dan konkret, maka bisa langsung diikuti. Pastikan setiap tahapannya benar agar tidak ada kendala.

Leave a Comment