3 Cara Mengubah Foto Jpg Ke Jpeg Di Hp Menggunakan Web Konverter dan Aplikasi

cara mengubah foto jpg ke jpeg di hp

Cara mengubah foto jpg ke jpeg di hp tentunya bisa dilakukan. Jadi pada saat membutuhkan foto atau gambar dengan format jpeg namun yang ada jpg, hanya dengan hp saja pengguna sudah bisa mengkonversinya menjadi file jpg. 

Namun mungkin memang masih tak sedikit pengguna yang belum tahu bagaimana caranya untuk melakukan pengubahan format foto yang tadinya jpg agar menjadi format jpeg.

Pengguna sering mengabaikan pentingnya memperhatikan format foto meskipun format tersebut dibuat untuk tujuan tertentu. Sebagian besar foto diambil dalam format JPG atau JPEG. Proses konversi dari format JPG ke JPEG pada perangkat HP dapat dilakukan dengan mudah. 

Format JPG dan JPEG memiliki kemiripan yang hampir sama. Kedua format gambar atau foto tersebut muncul pada tahun 1989 dan menjadi standar ISO pada tahun 1992. Pada awalnya, perangkat Macintosh adalah satu-satunya yang bisa membaca format tersebut. 

Namun, saat ini, semua sistem operasi dapat mengakses format JPEG. Nah untuk melakukan konversi dari format jpg ke format jpeg tentu saja tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut caranya:

1. Dengan Menggunakan Situs Convertio

Kita dapat memanfaatkan platform Convertio untuk melakukan konversi file. Fasilitas ini memungkinkan kita untuk mengubah berbagai jenis format file dengan mudah. Contohnya, file gambar, audio, dokumen, dan e-book dapat diubah dengan praktis. 

Platform ini memiliki kapasitas maksimum untuk mengonversi file sebesar 300 MB. Prosedur untuk mengubah format file dari JPG ke JPEG sangatlah sederhana. Inilah rincian langkah caranya:

  • Buka web Convertio terlebih dahulu. Setelah itu, perhatikan kotak berwarna merah yang bertuliskan choose file.

  • Berikutnya, pilihlah file dalam format JPG yang hendak dikonversi. Tekan tombol convert dan bersabarlah sejenak hingga prosesnya selesai.

  • Terakhir, klik opsi download untuk menyimpan file yang telah dikonversi.

2. Dengan Memakai Situs AnyConv

Cara mengubah foto jpg ke jpeg di hp berikutnya manfaatkanlah layanan AnyConv, sebuah platform daring yang memungkinkan pengguna untuk melakukan konversi beragam jenis file secara online. 

Dengan dukungan untuk lebih dari 400 format file, termasuk spreadsheet, presentasi dokumen teks, gambar, arsip, audio, video, dan masih banyak lagi. Untuk melakukan konversi dari jpg ke jpeg dengan situs AnyConv, ini rincian stepnya:

  • Silakan kunjungi platform konversi AnyConv untuk memulai.

  • Setelah tiba di situs tersebut, carilah tombol yang bertuliskan Choose File.

  • Setelah itu, pilihlah berkas JPG yang hendak dikonversi menjadi format JPEG.

  • Langkah selanjutnya adalah tinggal tekan Convert dan tunggulah beberapa saat sampai proses konversi selesai.

  • Setelah proses konversi selesai, pengguna dapat mengklik opsi untuk mengunduh file dalam format jpeg.

  • Pastikan untuk menyimpan gambar yang telah berhasil dikonversi sesuai keinginan.

3. Menggunakan Adobe Photoshop

Adobe menciptakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan konversi format file dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk melakukan penyuntingan gambar serta modifikasi komposisi gambar. 

Keunggulan lain dari aplikasi ini ukurannya ringan dan ragam fiturnya yang melimpah. Adapun rincian langkah untuk mengubah foto atau gambar berformat jpg jadi jpeg menggunakan Adobe photoshop dapat mengikuti rincian langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi tersebut ke dalam perangkat yang digunakan.

  • Setelah berhasil diunduh, langkah selanjutnya adalah memilih salah satu foto yang ingin diubah formatnya.

  • Foto tersebut tentunya dipilih yang format JPG.

  • Kemudian, pilih opsi save as atau simpan sebagai, dan pilih format baru yang diinginkan, yaitu JPEG.

Sekian untuk pembahasan mengenai cara mengubah foto jpg ke jpeg di hp. Tersedia 3 cara yang dapat dilakukan dan pengguna bisa coba lakukan semuanya untuk mengetahui mana cara yang paling efisien.

Leave a Comment