Cara Monetisasi Youtube di Android dan Syarat yang Harus Dipenuhi

Dahulu dianggap sepele oleh sebagian masyarakat, kini profesi sebagai YouTuber mulai menarik perhatian banyak orang sebagai peluang yang menggiurkan secara finansial. Alasannya sederhana, yaitu kemungkinan untuk menghasilkan uang melalui monetisasi akun YouTube. Bagi youtuber yang menggunakan hp android tenang saja karena ada cara monetisasi youtube di android.

Untuk para pembuat konten di YouTube yang menggunakan ponsel Android, sekarang bisa dengan mudah melakukan monetisasi hanya dengan menggunakan perangkat mereka. Dengan begitu prosesnya tidak lagi memerlukan penggunaan laptop atau komputer.

Syarat Monetisasi YouTube

Sebelum memulai proses monetisasi YouTube melalui perangkat Android, kreator YouTube perlu melakukan pendaftaran pada platform yang dikenal sebagai Google AdSense. Layanan ini bertugas mengaitkan iklan dengan channel kreator berdasarkan konten yang diunggah dan juga jumlah pengunjungnya.

Kreator YouTube dapat memperoleh penghasilan melalui iklan yang ditampilkan dalam video mereka. Meskipun demikian, tidak semua kreator memenuhi syarat untuk mendaftarkan akun mereka ke program Google AdSense yang memungkinkan mereka menghasilkan uang dari iklan tersebut. Persyaratan harus dipenuhi oleh kreator sebelum mereka dapat mendaftarkan akun mereka ke Google AdSense.

Kriteria-kriteria berikut harus dipenuhi untuk memperoleh layanan Google AdSense pada channel seorang kreator di YouTube. Konten video yang dihasilkan harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di platform YouTube, serta channel kreator harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Penduduk atau orang yang tinggal di daerah atau negara di mana program Partner YouTube beroperasi.
  • Untuk memenuhi syarat, kanal YouTube kreator harus mencapai lebih dari 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir. Durasi tayangan publik tersebut harus valid.
  • Jumlah subscribers harus melampaui 1000 orang.
  • Kreator harus mengaitkan kanal YouTube mereka dengan akun Google AdSense yang sah.

Cara Monetisasi Youtube di Android

Apabila seorang kreator telah merasa memenuhi syarat untuk memonetisasi channel YouTube-nya, langkah selanjutnya adalah memperoleh penghasilan dari YouTube di platform Android. Dengan memonetisasi channel, kreator dapat menampilkan iklan produk atau layanan dari berbagai perusahaan atau bisnis yang bersedia membayar.

Untuk mengajukan monetisasi, Kreator YouTube tidak lagi harus bergantung pada laptop. Kini, dalam era modern, langkah-langkah tersebut dapat diambil langsung melalui aplikasi YouTube di perangkat Android. Prosedur ini tidak hanya mudah, tetapi juga cepat untuk dilakukan.

Cara mendaftar untuk monetisasi tergolong mudah, namun kreator harus memperhatikan setiap detail dan bersabar selama melalui prosesnya. Pasalnya, informasi yang dimasukkan dalam pendaftaran berkaitan erat dengan penghasilan yang akan diperoleh. Maka, bagaimana langkah-langkahnya? Berikut ini adalah tahapannya:

  • Untuk memulai, buka aplikasi YouTube dan pastikan bahwa kreator telah masuk dengan akun yang akan dimonetisasi. Navigasi ke ikon Profile dan pilih opsi Pengaturan.
  • Di halaman pengaturan, kembali ke ikon Profile dan buka Creator Studio. Setelah itu, pilih ‘Other Features’ dan klik Monetization. Ini akan membawa kreator ke laman YouTube Partner Program yang terdiri dari empat tahapan.
  • Tahap pertama melibatkan persetujuan, sementara tahap kedua melibatkan menghubungkan akun YouTube dengan AdSense. Selanjutnya, tahap ketiga melibatkan pengaturan monetisasi dan meninjau akun sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan, yaitu 4000 jam tontonan dan 1000 pelanggan.
  • Penting untuk mengisi data dengan benar dan teliti pada tahap ini karena berkaitan dengan masalah pajak.
  • Setelah semua empat tahapan telah diselesaikan dan syarat terpenuhi, proses pendaftaran akun YouTube kreator dengan AdSense YouTube akan selesai.

Itulah cara monetisasi youtube di android dan syaratnya yang harus dipenuhi. Jadi perlu dipahami dulu tentang syaratnya sebelum akun youtube bisa dimonetisasi.

Leave a Comment