5 Aplikasi Screenshot Laptop, Anti Lag dan Paling Sering Digunakan

Dalam era digital yang kian berkembang, penggunaan aplikasi screenshot laptop menjadi semakin penting. Kemampuan untuk menangkap layar dengan cepat dan mudah merupakan kebutuhan bagi banyak orang, baik untuk keperluan kerja, pendidikan, atau bahkan sekadar berbagi informasi.

Dengan beragamnya aplikasi yang tersedia, pengguna dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Dari aplikasi bawaan hingga yang dikembangkan secara independen, setiap opsi menawarkan fitur-fitur unik yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dengan presisi dan efisiensi. Untuk lebih jelasnya maka bisa simak dibawah ini terkait aplikasi screenshot laptop:

1. Snipping Tool

Aplikasi screenshot laptop yang pertama adalah snipping tool. Dikenal sebagai aplikasi bawaan yang dapat digunakan pada sistem operasi Windows 7, 8, 8.1, dan 10, Alat Pemotong Layar memudahkan pengguna dalam mengambil tangkapan layar. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat menangkap seluruh layar, satu jendela, atau bahkan area layar tertentu dalam bentuk persegi panjang atau bebas.

Fitur-fitur tambahan disertakan, seperti Penghapus, Pensil, Stabilo, dan berbagai alat lainnya. Saat menyimpan tangkapan layar, pengguna juga memiliki pilihan untuk memilih format file, termasuk PNG, GIF, JPEG, atau MHT.

Penggunaan Alat Pemotong Layar sangatlah sederhana. Jika pengguna belum menyimpannya di taskbar atau menu Start, Anda dapat dengan mudah mencarinya melalui kotak Pencarian.

Setelah membuka aplikasi, pilihlah metode tangkapan layar yang diinginkan. Setelah proses pengambilan tangkapan layar selesai, pengguna dapat menyimpannya ke folder pilihan pengguna (secara default, folder Pictures).

2. Greenshot

Aplikasi kedua ini merupakan sebuah perangkat lunak tangkapan layar gratis dan open-source untuk Microsoft Windows, Greenshot juga tersedia untuk macOS, meskipun sebagai perangkat lunak berbayar melalui App Store. Seperti Alat Pemotong Layar, Greenshot menonjol karena kemudahan penggunaannya dan ukurannya yang ringan (hanya 1,69 MB).

Greenshot dilengkapi dengan beragam fitur, beberapa di antaranya tidak tersedia di Alat Pemotong Layar, seperti kemampuan menangkap seluruh halaman web (scrolling) dari Internet Explorer, kemampuan untuk membuat anotasi, berbagai opsi ekspor dan unggahan, dan sebagainya.

Jutaan pengguna telah mempercayai Greenshot untuk kebutuhan tangkapan layar pada laptop mereka. Program yang dikembangkan oleh Thomas Braun, Jens Klingen, dan Robin Krom ini pertama kali dirilis pada tahun 2007 dan saat ini telah mendukung lebih dari 30 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Greenshot dapat diunduh di sini.

3. ScreenRec

ScreenRec memberikan kemudahan dalam melakukan tangkapan layar pada laptop atau PC pengguna. Untuk pengguna PC, langkah-langkahnya cukup mudah; cukup pilih area layar yang ingin ditangkap dengan menekan tombol Alt+S di keyboard, kemudian klik ikon kamera di ScreenRec. Aplikasi ini akan secara otomatis mengambil tangkapan layar untuk Anda.

Tidak hanya berfungsi sebagai alat tangkapan layar, ScreenRec juga dapat merekam aktivitas layar pengguna.

Bagi mereka yang sering menghadiri kelas atau rapat di tempat kerja, ScreenRec akan menjadi alat yang sangat berguna. Kelebihannya, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan juga tersedia untuk sistem operasi lain seperti Linux dan Mac.

4. Snagit

Snagit merupakah aplikasi tangkapan layar berbayar yang lebih diarahkan kepada kalangan profesional. Dalam jajaran fitur unggulannya, Snagit menawarkan template yang mempermudah pembuatan dokumentasi visual, tutorial, dan bahan pelatihan dari hasil tangkapan layar, kemampuan pembuatan video atau GIF dari tangkapan layar, serta kemudahan berbagi yang mendukung kebutuhan korporasi.

Tidak hanya itu, fitur lain dari Snagit mencakup jendela pratinjau yang memperbesar area di sekitar kursor, penyuntingan ukuran gambar, efek khusus, serta toolbar cepat untuk mempercepat proses tangkapan layar. Snagit juga tersedia dalam berbagai bahasa, mendukung berbagai metode tangkapan layar, dan masih banyak lagi.

Secara keseluruhan, Snagit menyajikan beragam fitur tangkapan layar berkualitas tinggi untuk hasil yang memuaskan. Bagi yang berminat, tersedia versi percobaan gratis selama 15 hari. Snagit dapat diunduh untuk pengguna Windows dan Mac.

5. Lightshot

Selanjutnya, ada Lightshot, sebuah aplikasi tangkapan layar yang bisa digunakan di MacOS maupun Windows. Pengalaman kami menggunakan aplikasi ini pada MacOS cukup memuaskan.

Lightshot memudahkan proses tangkapan layar dengan antarmuka yang sederhana dan ringan. Begitu dibuka, layar langsung terpilih, sehingga pengguna hanya perlu menyesuaikan area yang ingin ditangkap.

Cukup seret kursor ke bagian yang diinginkan dan tekan tombol Simpan. Jika perlu, pengguna juga dapat menggunakan alat penyuntingan yang disediakan dalam aplikasi ini. Yang lebih menggembirakan lagi, Lightshot dapat diunduh secara gratis.

Demikianlah sekilas penjelasan mengenai aplikasi screenshot laptop. Pada pembahasan di atas dijelaskan lima aplikasi yang dapat digunakan untuk menangkap layar pada laptop. Namun aplikasi yang sudah disebutkan diatas tadi juga dapat digunakan untuk PC.

Leave a Comment