Cara Ampuh Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable

Mengatasi error PXE-E61 – Baru-baru ini saya telah mendapat sebuah masalah yang agak parah pada laptop saya (Dell Inspiron 3421) yaitu muncul pesan error “PXE-E61 Media Test Failure Check Cable”. Bagi para ahli komputer mungkin masalah seperti ini sudah biasa dan pastinya mereka sudah bisa mengatasinya.

Tapi bagi orang yang awam di dunia perkomputeran, “Error PXE-E61” bisa menjadi masalah yang cukup serius.

Umumnya, masalah error PXE ini muncul karena masalah hardisk yang error atau rusak.

Saat muncul pesan error seperti ini saya sudah mencoba berbagai macam cara, mulai dari install ulang windos bahkan setting pengaturan di BIOS pun tidak berhasil.

Bahkan yang muncul bukan cuma error PXE-E61, ada juga pesan error lainnya yang sebenarnya problemnya sama yaitu :
mengatasi no bootable device , mengatasi pxe-e61

  1. PXE-E61 Media Test Failure Check Cable
  2. PXE-MOF : Exiting Intel PXE-ROM
  3. Boot Failure : System Halted
Gimana gak sedih dan bingung kalau laptop anda muncul error seperti ini.
Error yang saya sebutkan di atas akan selalu muncul dan memenuhi layar laptop dan ketika anda pencet sembarang tombol, akan terus bertambah. Benar bukan?
Nah kali ini saya akan memberikan sebuah tips untuk mengatasi masalah laptop pxe-e61 ini. Tapi sebelumnya coba anda pahami dulu apa itu PXE, dan apa fungsinya?
      PXE adalah singkatan dari  Preboot Execution Environment yang fungsinya adalah untuk menjalankan computer tanpa Floppy atau Hard Disk atau CD-ROM, jadi BIOS akan secara otomatis menjalankan perintah yang dikirim melalui jaringan.

Penyebab munculnya error PXE-E61 ini disebabkan oleh beberapa kemungkinan, diantaranya :
  1. Kesalahan setting pada CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) di BIOS (Basic Input/ Output System), yang tidak menempatkan Hard Disk pada boot priority. Sehingga muncullah pesan error pxe-e61 ini dan sebagainya.
  2. Kerusakan fisik hardware pada Hard Disk. Ini merupakan kesalahan yang paling mungkin terjadi. Karena jika HDD sudah rusak system windows pasti tidak bias melakukan boot dan muncullah error seperti ini.
  3. Kabel atau pemasangan Hard Disk yang kurang pas/trep. Kalau  masalah ini masih biasa diatasi.
Secara garis besar, metode mengatasi error PXE-E61 ini ada 2 yaitu
  1. Setting / otak atik melalui BIOS
  2. Membuka bagian hardisk lalu mengeceknya secara langsung
Untuk lebih jelasnya, cara mengatasi error media test failure ini akan saya jelaskan di bawah.
Lalu bagaimana cara ampuh biar tidak lagi muncul pesan Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable dan kawan-kawannya ini. Berikut langkah-langkahnya :

Cara Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable 

1. Nah untuk kemungkinan No. 1 tadi coba buka BIOS pada laptop anda. Caranya :
  • Hidupkan laptop, lalu tekan tombol F2 untuk masuk ke BIOS. Setiap laptop beda tombol untuk masuk ke BIOS nya. Rata rata menggunakan tombol F1,F2,F12. Jika bingung coba googling.
  • Kemudian setting BIOS ke pengaturan default, supaya lebih aman. Dan pastikan pada setup booting nya yang paling atas adalah Hard Disk. Jika LAN, tinggal diubah saja ke Hard Disk.
  • Jika sudah save&reboot.
Gimana? apakah sudah berhasil menggunakan cara yang pertama?. Jika belum lanjut ke solusi berikutnya.

Baca Juga : Rakit PC 5 Jutaan Terbaik Untuk Game Berat 

2. Mungkin cara yang kedua ini agak nekat dan berbahaya bagi kelangsungan hidup laptop anda. Buka casing bawah laptop, kemudian copot hard disk nya. Kemudian bersihkan lalu pasang lagi sampai rapat dan pas.(lihat gambar dibawah) Jika sudah tutup kembali dan nyalakan laptop anda.
intel pxe rom exiting, pxe e 61, no bootable device

intel pxe rom exiting, pxe e 61, no bootable device
Kebetulan saya menggunakan cara ini untuk memperbaiki laptop saya dan Alhamdulillah berhasil. Saran saya, bawa saja ke servis komputer karena mereka lebih ahli dalam hal ini.
3. Lepaskan semua perangkat penyimpanan lain yang menancap di laptop anda. Jangan hubungkan flashdisk dulu atau sebagainya. Lalu coba hidupkan.
4. Jika ketiga cara diatas memang tidak berhasil. Mungkin penyebabnya adalah kerusakan pada Hard Disk laptop anda. Dan jalan keluarnya adalah beli Hard Disk baru dan anda harus merelakan data data yang ada di hard disk sebelumnya hehe.
Bagaimana anda?? Apakah anda berhasil menyelesaikan masalah PXE-E61 ini?
Demikian mengenai Cara Ampuh Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable, semoga bermanfaat dan bias menyembuhkan penyakit pada laptop kalian para pembaca. Oh ya, kalian juga bisa mengunjungi situs anaktkj.com untuk mendapatkan info lengkap tentang tips komputer atau laptop.

12 thoughts on “Cara Ampuh Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable”

  1. Kejadian nya itu sama persis seperti pada laptop saya,, tapi sudah dicoba cara diatas masih saja belum bisa,, kalau misalkan hdd nya yg rusak kayak nya engga deh,, soalnya dicheck di bios hdd nya masih terdeteck

    Reply
  2. Punya saya masalah nya sama udah fixed..hardisk minta diganti..masih terbaca di bios sih..tapi ketika di loading file boot nya ga kebaca dan malah bikin laptop restart dan ganti hardisk lain langsung nyala..

    Reply
  3. hello mt malam aku punya PC lenovo thinkcentre, kondisi susah hidup kayak kekurangan daya terus klu hidup muncul
    PXE-E61 Media Test Failure Check Cable
    PXE-MOF : Exiting Intel PXE-ROM
    Boot Failure : System Halted
    terus sering restart sendiri tapi gak masuk masuk windownya bagaimana ini,mohon bantuannya

    Reply

Leave a Comment