5 HP 2 Jutaan Terbaik 2021, Gaming dan Sosmed Libass

HP 2 Jutaan Terbaik – Bicara mengenai perkembangan perangkat smartphone tentu tidak ada habisnya. Perdebatan antar fanboy dan persaingan antar brand smartphone nampaknya semakin sering kita lihat.
Hadirnya banyak pilihan hp murah dengan spek tinggi dari brand-brand ternama dari tiongkok seperti Xiaomi, Realme, Poco membuat konsumen semakin bingung pilihan mana yang harus mereka pinang
dan kali ini akan saya rangkum sesuai analisa saya, hp murah 2 jutaan terbaik yang siap menemani kalian bermain game maupun hanya sekedar bersosmed ria.
Di sini saya berusaha netral dan tidak memihak brand manapun, karena sejatinya saya bukanlah fanboy sebuah brand.
Range harga hp yang akan saya berikan berkisar diantara 1,5 juta – 2,5 juta. Kenapa?
Menurut saya, jika harganya dibawah 1,5 juta tidak dapat saya rekomendasikan karena spesifikasi yang diberi pasti terlalu “entry” level.
Sedangkan untuk harga 2,5 juta sudah terlalu mahal bagi kaum budget kere hore dan levelnya sudah agak berbeda dengan kelas harga 2 jutaan yang sebenarnya. 
Beberapa kriteria yang masuk kedalam 5 list hp 2 jutaan terbaik yaitu :

  1. Range harga 1,5 juta – 2 jutaan 
  2. Minimum RAM 4 GB
  3. Internal Storage Minimum 64 GB
  4. Skor Antutu diatas 190.000
Dengan kriteria seperti diatas tentu banyak sekali pilihan, tapi saya memilih yang terbaik menurut saya.

Spesifikasi yang akan saya sajikan dibawah, saya prioritaskan untuk bagian performa saja, jadi detail spesifikasi lain bisa kalian cari di internet.

Oke langsung saja kita simak ini dia,

hp murah terbaik

5 HP Gaming 2 Jutaan Terbaik untuk tahun 2021

5. Xiaomi Redmi 9

Okeh, diurutan ke lima saya merekomendasikan smartphone keluaran Xiaomi, yaitu Redmi 9. Dengan harga saat ini sekitar 1,7 Jutaan, Redmi 9 dibekali dengan Chipset Mediatek Helio G80 12nm yang didorong dengan RAM 4 GB dan varian internal storage 64GB dan 128GB.
Untuk urusan body , redmi 9 ini dibalut dengan body berbahan dasar plastik. Sayang sekali Xiaomi menurunkan kualitas body di seri ke 9 nya ini. Bahkan saya pikir seri sebelumnya atau adik adiknya yaitu seri 7 dan 8 memiliki build quality yang lebih baik.
Baterai yang dimilikinya sebesar 5020mAh dengan 18W Quick Charge 3.0, ..cukuplah buat nemenin kalian sosmed seharian.
Pertanyaan yang pasti kalian tanyakan : Apakah redmi 9 bisa untuk gaming?
Tentu redmi 9 bisa kalian gunakan untuk ngegame, 
kalian bisa memainkan game-game populer seperti PUBG, Mobile Legend di ponsel ini.
Sayangnya, kalian tidak bisa berharap banyak, tentunya smartphone ini memiliki keterbatasan dalam frame rate yang serta rendering yang dihasilkan.
Berikut spesifikasi lengkap dari Redmi 9

Layar

IPS LCD 6,53 inchi ; 1080 x 2340 pixels ; Gorilla Glass 3

Memory

64 GB 4GB RAM ; 128 GB 4 GB RAM ; External dedicated slot

Chipset

Mediatek Helio G80 (12nm)

OS

Android 10 MIUI 11

 

5020mAh Fast Charging 18W

Skor Antutu

201.800

Harga

1,7 juta

Kelebihan dari Redmi 9 :

  • Harga murah dengan chipset G80 nya
  • Baterai besar
  • Layar sudah FHD+
  • Kapasitas baterai lumayan besar
  • Slot memori eksternal khusus (dedicated slot)
Kekurangan dari Redmi 9 : 
  • Body masih plastik
  • Hasil kamera biasa saja dan tidak ada mode malam

4. Xiaomi Redmi Note 8

Sempat menjadi yang terbaik di kelasnya, ponsel yang dilirilas 2 tahun silam ini nampaknya masih worth untuk kalian beli di tahun 2021 ini. 
Redmi Note 8 bak hidden treasure , balutan body kaca membuat kesan mewah. Tampak build quality yang begitu meyakinkan diberikan oleh Xiaomi pada ponsel ini.
Kemudian ke bagian spesifikasi, untuk harga 2,2 jutaan varian yang akan kalian dapatkan yaitu RAM 4 GB dak mean Internal Storage 64 GB. Chipset yang ditanam dalam ponsel ini yaitu Snapdragon 665 dan baterai 4000mAh.
HAH cuma 4000mAh..? Jangan khawatir. Snapdragon 665 akan membantu ponsel ini untuk menghemat konsumsi baterai agar tidak terlalu boros.
Terlihat overprice bukan? Saya pun setuju. Tapi kembali ke bagian body yang mewah, bisa kalian pertimbangkan bahwa meminang ponsel ini bukanlah pilihan yang salah.
Yang harus kalian pertimbangkan sebelum membeli Redmi Note 8 adalah, update software (MIUI) yang mungkin tinggal beberapa bulan lagi. 
Selanjutnya mungkin ponsel ini akan ketinggalan atau bahkan tidak mendapat update MIUI versi terbaru. Walaupun, saat ini ia sudah mendapatkan versi terbaru dari MIUI yaitu MIUI 12.
Hal lain yang harus kalian pertimbangkan yaitu masalah harga. Dengan budget 2,2 juta mungkin kalian bisa mendapatkan smartphone keluaran yang lebih baru dengan spesifikasi sama atau mungkin lebih tinggi.
Baca Yuk! :
Berikut spesifikasi dari Redmi Note 8 :

Layar

IPS LCD 6,3 inchi ; 1080 x 2340 pixels ; Gorilla Glass 5 (Screen and Body)

Memory

64 GB 4GB RAM ; External Dedicated Slot

Chipset

Snapdragon 665 (11nm)

OS

Android 10 MIUI 12

 

4000mAh Fast Charging 18W

Skor Antutu

170.516

Harga

2,2 juta

Kelebihan dari Redmi Note 8 :
  • Body mewah build quality oke
  • Kualitas foto dan video lebih baik dari Redmi 9
  • Performa gaming cukup handal
  • Kualitas suara sangat baik dikelas harganya
Kekurangan dari Redmi Note 8 :
  • Dari segi harga overprice, bahkan beberapa lebih mahal dari adiknya yaitu RN9
  • Update software tidak lagi menjadi prioritas Xiaomi
  • Sulit didapatkan di pasaran

3. Pocophone M3

Ini dia, ponsel yang menghebohkan jagat gadget diawal tahun ini saat peluncurannya. Gebrakan yang baik dilakukan Poco untuk menghancurkan ponsel entry level.

dan agaknya memang mereka cukup berhasil dengan Poco M3 sebagai penghancur kelas entry level.

Bagaimana tidak, mereka merilis smarpthone ini dengan harga hanya 1,8 jutaan untuk varian 4/64 dan 2,2 jutaan untuk varian 4/128.
Dari sektor dapur pacu, ponsel ini didukung oleh Chipset Snapdragon 662 dan layar mendukung hingga resolusi FHD+ .
Nilai plus dari ponsel ini adalah harganya. Ya, dengan harga dibawah 2 juta kalian bisa mendapatkan spesifikasi yang wah. Bahkan dengan baterai yang segede gaban, 6000mAh, wow. Gila emang poco..
yang harus kalian relakan adalah body. Pocophone dibalut dengan body bermaterial plastik. yaa gak bisa komplain lah, sudah murah jangan minta yang lebih deh.
Bagaimana performa gamingnya? Tidak ada masalah saat bermain Mobile Legend. 
PUBG? hmm, sepertinya smartphone ini bisa menjadi pilihan yang kurang tepat untuk player PUBG. Sensor gyroscope dalam ponsel ini hanya virtual (bukan dari hardware) jadi jika kalian mengaktifkan gyro, maka akan terasa sangat delay.
Tapi jika kalian bukan pengguna gyro saat bermain PUBG, smartphone ini tetap bisa memainkan PUBG dengan cukup lancar, kalian bisa menggunakan bantuan tool lain seperti GFX tool untuk mengurangi frame saat bermain.
Informasi bermanfaat :
Berikut spesifikasi Pocophone M3

Layar

IPS LCD 6,53 inchi ; 1080 x 2340 pixels ; Gorilla Glass 3

Memory

64 GB 4GB RAM ; 128 GB 4 GB RAM ; External Dedicated Slot

Chipset

Snapdragon 662 (11nm)

OS

Android 10 MIUI 12

 

6000mAh Fast Charging 18W

Skor Antutu

177.904

Harga

1,8 juta (4/64) ; 2,2 juta (4/128)

Kelebihan Pocophone M3 :
  • Harga sangat terjangkau
  • Spesifikasi mumpuni
  • Kapasitas baterai besar
Kekurangan Pocophone M3 :
  • Sensor gyroscope masih virtual
  • Kamrea ultrawide tidak ada
  • Perekaman video tidak support 4K

2. Realme Narzo 20 

Smartphone yang dibanderol dengan harga 2 jutaan untuk varian 4/64 ini layak untuk menjadi pilihan entry level gaming budget kalian.
Dengan jargon “Boost the power“, direalisasikan dengan apik oleh realme ke dalam ponsel ini. Dengan chipset gaming milik mediatek dengan seri G85 , versi lebih baik daripada pendahulunya yaitu G80. HP ini disokong oleh baterai berkapasitas 6000mAh yang mampu menyerap daya 18W saat charging.
Sayang seribu sayang, realme seakan meninggikan penggemarnya kemudian menjatuhkannya, sebab layar ponsel ini tidak dibekali pelindung Gorilla Glass dan resolusi layar masih HD+ . Padahal, untuk performa gaming, ponsel ini sudah cukup mumpuni.
Bahkan bisa kalian gunakan untuk bermain Genshin Impact yang saat ini menjadi momok untuk spesifikasi smartphone kelas menengah kebawah. Tetapi realme narzo 20 mampu menjawabnya.
Bagaimana untuk bermain PUBG?, tentu tidak menjadi masalah jika Genshin Impact saja bisa dilibas oleh ponsel 2 jutaan ini.
Dilihat dari segi desain, saya pribadi cukup terkesan dengan polesan Realme untuk ponselnya kali ini. Terlihat mewah dengan mempertahankan harganya agar tidak terlalu mahal.
dibawah ini, spesifikasi dari Realme Narzo 20 

Layar

IPS LCD 6,5 inchi ; 720 x 1600 pixels 

Memory

64 GB 4GB RAM 

Chipset

Mediatek Helio G85 (12nm)

OS

Android 10 Realme UI

 

6000mAh Fast Charging 18W

Skor Antutu

202.631

Harga

2 jutaan

Kelebihan dari Realme Narzo 20 :
  • Kapasitas baterai besar
  • Performa gaming mumpuni
  • Kualitas foto cukup baik
Kekurangan dari Realme Narzo 20 :
  • Resolusi layar masih HD+
  • Tidak ada pelindung Gorilla Glass

1. Xiaomi Redmi Note 9

Sempat membuat pengguna dan peminat Redmi Note 9 kecewa di beberapa bulan pasca perilisannya karena performanya yang kurang, kini Redmi Note 9 sudah menunjukkan taringnya.
Beberapa masalah seperti touch delay, performa gaming yang buruk dan beberapa masalah lainnya kini hilang tanpa jejak setelah Xiaomi memberi update MIUI 12 ke smartphone ini.
Hal tersebut membuat para pemburu smartphone ini mulai tersenyum dan mengaktifkan minat mereka kembali untuk meminang Redmi Note 9.
Dapur pacu Redmi Note 9 bisa dikatakan yang terbaik dikelasnya, dibekali Chipset Mediatek Helio G85 fabrikasi 12nm dan varian RAM/Internal 4/64 untuk harga 2,2 jutaan. 
Sangat mumpuni untuk dipacu dalam bermain PUBG, Mobile Legends, bahkan game berat seperti Genshin Impact. Untuk PUBG sendiri, RN9 mendapatkan kualitas graphic Smooth Ultra tanpa bantuan GFX Tool.
Kapasitas baterai yang dihadirkan untuk smartphone ini, pun terbilang sudah cukup yaitu 5020mAh dengan Fast Charging 18W. 
Saat dibandingkan dengan Poco M3 yang memiliki baterai 6000mAh, hasilnya bisa dibilang 11-12, walaupun kapasitasnya berjarak hampir 1000mAh.
Lagi-lagi, sayangnya Xiaomi menurunkan kualitas body untuk seri ke 9 nya ini. Body Redmi Note 9 dibuat dengan material plastik, walaupun masih terlihat oke dan “sedikit” mewah dengan glossy yang dihasilkan.
Juga ditambahnkan lapisan Water-repellent di bagian bodinya, berfungsi untuk membuatnya tahan terhadap cipratan air.
Lanjut ke bagian layar, ponsel ini memiliki layar dengan resolusi FHD+ dan dilindungi Gorilla Glass 5 yang akan menghasilkan tampilan yang jelas, memanjakan mata, dan tentunya aman dari goresan.
Berikut spesifikasi dari Redmi Note 9 :

Layar

IPS LCD 6,53 inchi ; 1080 x 2340 pixels ; Gorilla Glass 5

Memory

64 GB 4GB RAM 

Chipset

Mediatek Helio G85 (12nm)

OS

Android 10 MIUI12

 

5020mAh Fast Charging 18W

Skor Antutu

205.946

Harga

2,2 jutaan

Kelebihan Redmi Note 9 :
  • Kemampuan gaming mumpuni (setelah update MIUI 12)
  • Body dibekali Water-repellent
  • Resolusi layar menawan
  • Kapasitas baterai besar
Kekurangan Redmi Note 9 :
  • Dihilangkannya fitur NFC untuk pasar Indonesia
  • Hasil kamera biasa saja
  • Tidak ada perekaman 4K

Nah, itulah 5 rekomendasi smartphone 2 jutaan terbaik versi dapurkompi. 

Mungkin kalian masih bingung, dari kelima rekomendasi diatas, mana yang terbaik untuk diri kalian.

Ada 2 tips untuk menentukan smartphone yang cocok untuk kalian, yaitu :

  1. Sesuaikan budget, jika memang budget kalian sudah mentok maka pilihlah harga yang sesuai. Namun, apabila kalian bisa lebih bersabar, tabunglah sedikit lagi untuk membeli hp dengan spek yang lebih baik
  2. Sesuaikan kebutuhan, jika budget kalian mencukupi maka kembalilah kepada kebutuhan kalian. Apabila memang kalian menginginkan yang terbaik untuk kenyamanan bermain game, utamakan smartphone dengan RAM, Chipset, Resolusi layar yang memang bagus untuk bermain game.
Semoga bahasan kali ini bermanfaat. Yuk, komentar! mana smartphone murah terbaik versi kalian?

Leave a Comment