5 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik dengan Fitur Lengkap

Sekarang, kita tidak lagi memerlukan printer maupun alat mekanis lain untuk melakukan scanning  suatu dokumen, tidak perlu pula datang jauh-jauh ke toko foto copy.


Dengan bantuan aplikasi scan terbaik di bawah ini, kamera smartphone bisa kalian manfaatkan untuk menggantikan peran alat bantu scan seperti printer.


Aplikasi scanner sangat membantu para pelajar maupun pekerja di masa Work/School From Home ini untuk mendapatkan versi digital dari pekerjaannya baik dalam bentuk PDF maupun gambar.


Di PlayStore sendiri, tentu sudah banyak pengembang yang menawarkan aplikasi scanner nya disana. Namun, mana diantara banyak aplikasi tersebut yang memiliki fitur terbaik, terlengkap, dan gratis? Langsung saja simak,


5 Aplikasi Scanner Android Terbaik


1. Adobe Scan


Menjadi pencetus PDF dan software buatannya yang terbaik dan paling banyak digunakan di Laptop,PC, maupun smartphone, kini Adobe merilis aplikasi untuk scanning dokumen dalam bentuk digital.


Kamu dapat menggunakan Adobe Scan untuk men-scan dokumen, resep, struk dan lain sebagainya lalu mengubahnya menjadi PDF maupun JPEG. Dengan bantuan Adobe Sensei, hasil yang akan kalian dapatkan sangat baik dibanding aplikasi pesaingnya.


Jika dirasa kurang, kalian bisa mengatur pencahayaan, warna, ukuran dari hasil yang didapatkan. Adobe Scan juga mampu men-scan multiple pages dan langsung menjadikannya PDF.


Semua fitur yang ada di Adobe Scan bisa kalian dapatkan secara cuma cuma alias gratis dan tanpa iklan. Termasuk fitur Adobe Document Cloud, yang bisa membantu kalian untuk menyimpan, mengakses, dan mengedit dokumen di perangkat lain.


Kalian bisa dapatkan informasi kekinian seputar teknologi dan gadget di DapurKompi


2. Microsoft Office Lens


Aplikasi Scanner besutan Microsoft yaitu Microsoft Office Lens, bisa membantu kalian untuk melakukan scanning dokumen maupun papan tulis putih, lalu mengubahnya menjadi gambar dan teks yang dapat diedit (OCR). 


Microsoft Office Lens dapat diintegrasikan dengan OneDrive, OneNote sehingga kalian bisa mengakses scanned dokumen di laptop. Office Lens dapat menyimpan dokumen dalam bentuk word, PDF, bahkan PowerPoint.


Kalian juga bisa menggunakannya untuk melakukan scanning dari foto yang ada di gallery, lho. Jika kalian sebelumnya sudah menginstal Ms. Word Mobile, maka Office Lens akan menjadi kombinasi yang tepat agar proses editing teks hasil OCR menjadi lebih cepat.


3. Clear Scan


Clear Scan merupakan aplikasi scanner yang dirilis oleh  Indy Mobile App dan berhasil mendapatkan jutaan download di Playstore.


Clear Scan mampu memindai dokumen dengan cepat. Fitur yang dimilikinya mampu mendeteksi bagian sesuai dokumen yang di scan. Disediakan juga filter image untuk menjadikan hasil scanning menjadi lebih baik. Selain itu bisa juga mengatur pencahayaan, bayangan, maupun ukuran dokumen yang diinginkan.


Kalian juga dapat membagikan file hasil scan secara langsung melalui DropBox, OneDrive, SkyDrive, Google Drive, dan Cloud Sharing lainnya. Fitur tambahan berupa Cloud Print bisa membantu jika ingin mencetak dokumen hasil scan kalian.


4. Tiny Scanner


Tiny Scanner sendiri merupakan aplikasi scanner yang dikembangkan oleh Appxy. Dengan Tiny Scanner, kamu dapat terbantu untuk melakukan pemindaian atau scanning terhadap dokumen, kartu nama, resep, kwitansi, dan berbagai dokumen lain.


Seperti aplikasi scanner pada umumnya, ia juga secara otomatis mampu mendeteksi ujung-ujung dari dokumen yang hendak di scan. Fitur lain dari aplikasi ini yaitu, pemberian password pada file penting, pengatur kontras, pencarian nama file dokumen, dan lainnya bisa kalian coba langsung.


Hasil scan dengan Tiny Scanner bisa kamu ubah menjadi PDF maupun JPEG. Kamu juga dapat membagikan maupun menyimpan file hasil scan dengan cepat karena aplikai ini didukung oleh beberapa penyedia Cloud Storage seperti Google Drive, DropBox, dan lain sebagainya.


5. vFlat


vFlat merupakan aplikasi scanner yang patut juga untuk kalian gunakan. Aplikasi buatan VoyagerX mampu melakukan pemindaian dokumen dengan cepat dan hasil yang bagus.


Fitur-fitur menarik dari vFlat ini sangat memudahkan dalam melakukan pemindaian salah satunya fitur timer dapat membantu untuk melakukan scanning secara berkala tanpa harus menekan tombol potret, ini sangat bermanfaat ketika anda men-scan banyak dokumen sekaligus


Selain itu, aplikasi ini juga mampu mendeteksi halaman dan juga mendeteksi ujung dokumen secara otomatis. Tersedia juga opsi OCR, namun sayangnya untuk menggunakannya, pengguna gratis hanya dibatasi 100 halaman per harinya.


Dokumen hasil scan dapat kalian simpan dalam bentuk PDF.


Itulah 5 aplikasi scanner dokumen terbaik yang bisa kalian instal dan gunakan di smartphone Android kalian. Tentu setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalian, besuaikan dengan spesifikasi smartphone yang kalian gunakan.


Menggunakan aplikasi scanner untuk scan dokumen, memiliki keuntungan tersendiri dibanding dengan menggunakan aplikasi kamera bawaan, diantaranya :

1. Gambar yang didapatkan lebih baik (terfokus pada dokumen)

2. Mampu mengubahnya dokumen fisik menjadi teks dengan OCR

3. Bisa langsung mendapatkan versi PDF tanpa melakukan convert


Tulisakan pendapat kalian di komentar, mana aplikasi scanner favorit kalian?

Leave a Comment