Rakit PC Gaming 5 Juta Terbaru 2021 Untuk Game Berat

Rakit pc gaming murah – Komputer rakitan, merupakan hal yang tak asing lagi di kalangan orang di zaman sekarang terutama  bagi para gamer. Merakit PC gaming 5 jutaan akan menghasilkan spesifikasi yang lebih tinggi daripada membeli laptop diharga yang sama.

Apa itu komputer rakitan?. Komputer rakitan atau pc rakitan adalah kita membuat komputer atau pc sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Kita bisa memilih komponen dalam komputer tersebut.

Kebutuhan orang akan pc berbeda-beda, ada mereka yang ingin merakit pc untuk kebutuhan gaming, editing, ataupun keperluan kantor. Nah kali ini, saya akan merekomendasikan anda rakitan pc untuk kebutuhan gaming dengan budget 5 juta.

Semakin kesini, industri game berkembang cukup pesat. Bahkan sampai-sampai banyak orang yang sudah membuat tim khusus untuk bertanding game di kompetisi, atau biasa disebut dengan e-sport

Industri game, sekarang telah dilirik oleh para generasi Z untuk menghasilkan uang dan tidak ada salahnya, mereka berlomba-lomba membuat pc sendiri untuk bemain game agar memiliki kemampuan untuk bertanding.

Rakit pc gaming

Game-game seperti Dota 2, PES 2020, FIFA 20, dan game-game lain saat ini membutuhkan spesifikasi perangkat yang tidak remeh. Biasanya, komputer untuk memainkan game-game tersebut membutuhkan biaya mahal untuk merakitnya, 

Namun jangan khawatir, sekali lagi disini saya akan merekomendasikan anda, bagaimana merakit pc sendiri dengan budget murah sekitar 5 jutaan saja, yang kuat untuk memainkan game game berat termasuk pula GTA V yang sekarang mungkin termasuk game yang tidak terlalu berat.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan sebuah rekomendasi rakitan pc 5 jutaan yang tentunya murah dan kuat untuk memainkan game di era sekarang yang membutuhkan spesifikasi yang tidak ringan.

          Baca Juga : Cara Mengatasi Lag di Android Tanpa Ribet

Rakit PC Budget 5 Jutaan Pilihan 2021

  • Prosesor : AMD Ryzen 3 Raven Ridge 2200G 

Tim merah atau biru? Untuk kali ini saya pilihkan anda merah alias AMD, yakni Ryzen 3 2200G, yang mungkin inilah prosesor penyelamat bagi kalian penggila pc gaming kere hore. Dengan clock speed 3.5Ghz up to 3.7Ghz 4 core dan 4 thread ia sudah mampu untuk sebagai otaknya komputer bagi pc gaming kalian.  

AMD Ryzen 3 dibekali integrathed grapich vega 8 yang tentunya nanti harus dibantu dengan VGA lain untuk menunjang performa grafis pc gaming murah ini. Prosesor miliki AMD ini dibanderol dengan harga sekitar 1,2 juta.

  • Motherboad : ASRock A320M-HDV
Kemudan di sektor motherboard saya memilih ASRock A320M-HDV. Tentunya motherboard ini sesuai dengan socket yang dibutuhkan oleh prosesor Ryzen 3 2200G diatas. Selain itu motherboard ini dibekali dua slot DIMM untuk memori RAM DDR4.

ASRock A320M HDV ini sudah cukup bisa menyaingi pesaingnya ASUS Prime A320M-K yang sama sama hadir untuk kebutuhan pc dengan budget yang terjangkau. Untuk harga motherboard ini sekitar 695 ribu.

  •  RAM : KLEVV DDR4 Value Series PC2130 8GB
Bagian RAM sangat penting bagi sebuah komputer. Semakin besar RAM nya maka akan semakin lancar dalam menjalankan sebuah game dengan syarat komponen lainnya juga harus bisa mengangkat performa RAM. Saat ini, komputer dengan RAM 4GB mungkin sudah tidak kuat untuk menjalankan game saat ini, sehingga saya rekomendasikan RAM 8GB.

Untuk merk RAM sebetulnya terserah anda,akan tetapi disini saya merekomendasikan RAM milik KLEVV dengan DDR4 8GB. Harga dari RAM ini adalah 490 ribu saat ini.

  • VGA : ASRock Radeon RX 570 4GB Phantom Gaming D
Fungsi dari vga card atau kartu grafis ialah untuk mengubah sinyal digital yang disalurkan dari komputer menjadi tampilan grafis pada monitor.Dengan kartu grafis yang mumpuni, kualitas tampilan gaming yang dihasilkan dapat lebih memanjakan mata anda. ASRock Radeon RX 570 Phantom Gaming D ini cocok untuk menunjang grafis bagi pc rakitan anda.

Dengan memory vga sebesar 4 GB sudah semestinya bisa menghadirkan pengalaman gaming yang memuaskan ditambah dengan dual fan untuk urusan pendinginan, VGA ini dibanderol dengan harga 1,7 jutaan.

  • SSD : Adata SSD SU650 480GB SATA III
Nah, untuk bagian penyimpanan, saya lebih memilih dan sarankan anda untuk memakai SSD, sebab SSD memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan HDD, diantaranya ia bisa membuat proses booting lebih cepat, selain itu proses pembacaan dan pemindahan file lebih cepat. Walaupun memang harga SSD lebih mahal ketimbang HDD, namun dengan kelebihan yang dimilikinya, tidak ada salahnya memilih SSD untuk sektor penyimpanan.

Rekomendasi SSD dari saya yaitu Adata SSD SU650 480GB SATA III dengan harga 880 ribuan.

  • Power Supply : Aerocool LUX RGB 550W 80+ Bronze
Sedangkan untuk power supply, saya memilih Aerocool LUX RGB 550W 80+ yang harganya 480 ribuan untuk saat ini. Dengan rating PSU 80+ bronze, berarti PSU ini memiliki efisiensi daya hingga sekitar 80% pada keadaan tertentu. Untuk lebih detail mengenai rating PSU, anda bisa mencarinya di google.

Form factor (ukuran PSU) ini adalah ATX. Ini penting untuk menjadi patokan dalam membeli casing, agar ukurannya sesuai.

Selain itu PSU dibekali RGB alias lampu warna merah hijau dan biru yang bisa mempercantik penampilan pc anda.

  • Casing : Cube Gaming Uxara

rakit pc gaming 5 jutaan
sumber : Tokopedia
Memilih casing untuk pc sebenarnya tergantung pula pada selera masing-masing. Di sini saya merekomendasikan casing Cube Gaming Uxara dengan harga yang sangat murah yaitu sekitar 380 ribuan. Mengapa saya merekomendasikan ini?

Pertama, saya sendiri lebih suka desain case yang minimalis dan elegan tapi tidak meninggalkan fitur transparan (biar menarik aja, sih). Jadi mungkin jika selera Anda tidak sama dengan saya, cobalah mencari informasi mengenai case pc murah di google ya.

Kedua, Motherboard A320M yang saya rekomendasikan di atas memiliki form factor m-ATX sedangkan PSU Aerocool LUX RGB 55W 80+ Bronze memiliki dimensi ATX, oleh karena itu saya memilih casing ini karena memiliki fitur ATX Compatibilty yang sesuai.

Fitur lain dari case ini adalah Slot USB 2.0 dan 3.0, 1x SSD, 2x HDD, 2x cooling fan depan, 1x atas, 1x belakang, 7x slot tambahan, port mikrofon, port audio. Tentunya fitur ini tidak selengkap casing dengan harga jutaan ya.

Perlu diperhatikan, setiap model casing memiliki ukuran slot komponen berbeda-beda. Untuk itu, disaat Anda hendak membeli casing untuk pc rakitan, pastikan sudah disesuaikan dengan ukuran-ukuran komponen seperti harddisk, motherboard, dan PSU (tiap merk/tipe komponen ini biasanya memiliki ukuran berbeda).

Ringkasnya, inilah 

Komponen rakit pc 5 jutaan versi Dapur Kompi :

Komponen
Harga
Prosesor :
AMD Ryzen 3 Raven Ridge 2200G
Rp.
1.200.000
Motherboad
: ASRock A320M-HDV
Rp.
695.000
 RAM : KLEVV DDR4 Value Series
PC2130 8GB
Rp.
490.000
VGA :
ASRock Radeon RX 570 4GB Phantom Gaming D
Rp.
1.700.000
SSD :
Adata SSD SU650 480GB SATA III
Rp.
880.000
Power
Supply : Aerocool LUX RGB 550W 80+ Bronze
Rp.
480.000
Casing :
Cube Gaming Uxara
Rp.
380.000
Total
Rp. 5.825.000

Jika ditotal, biaya total untuk merakit PC diatas adalah sekitar 5,8 juta.


NOTE
: Perlu kalian perhatikan, harga komponen yang saya sebutkan diatas bisa saja berubah sewaktu-waktu, harga yang saya cantumkan diatas adalah harga saat artikel ini dibuat. Bisa jadi, total biaya yang dibutuhkan akan lebih murah atau lebih mahal.


Rakit pc 5 jutaan dengan spesifikasi yang lebih tinggi lagi bisa Anda dapatkan apabila Anda bisa mencari komponen-komponen second dengan harga yang murah, tapi dengan syarat tetap mempertimbangkan kualitasnya.

Dengan spesifikasi rakitan pc 5 jutaan seperti diatas, saya sangat yakin anda sudah bisa menjalankan game-game berat terupdate di tahun 2020 keatas.

Kalau anda masih kurang puas dengan spek komputer di atas, silahkan rancang- rancang lagi sendiri atau kalau mau yang simple gunakanlah simulasi rakit pc, cari di google banyak kok.

12 thoughts on “Rakit PC Gaming 5 Juta Terbaru 2021 Untuk Game Berat”

Leave a Comment