Tips Menghemat/Irit Kuota Saat Nonton Video Youtube

cara menghemat kuota saat nonton youtube

Tips menghemat kuota saat nonton Youtube – Youtube merupakan sebuah platform dibawah Google yang menyediakan beragam tayangan video untuk dapat dinikmati oleh kita semua dan merupakan platform video sharing terpopuler dan terbesar di dunia.

Youtube memberikan kesempatan kepada kita untuk hanya sekedar menonton video disana dan juga untuk menjadi konten kreator yang digaji oleh Youtube Google Adsense.

Menonton video youtube merupakan hal yang tidak membosankan. Banyak sekali video video menarik yang tidak akan ada habisnya untuk kita nikmati.

Fun Fact : 300 Jam Video diupload ke Youtube setiap menitnya

Dari hal tersebut, dapat kita bayangkan bahwa betapa banyaknya video yang diunggah ke youtube hingga kita punya banyak pilihan video untuk ditonton sampai sampai kita pun bingung mau nonton video yang mana.

Untuk dapat mengakses dan menonton video di youtube, kita memerlukan akses internet. Untuk mendapatkan akses internet, kita harus memiliki Kuota.

Saat ini telah banyak layanan provider internet yang menyediakan Kuota untuk Anda bisa mengakses internet termasuk menonton video di Youtube maupun untuk aktivitas lainnya seperti browsing, main game online, chatting, dan lain lain.

Akan tetapi permasalahannya disini, menonton Video di Youtube sangat menguras kuota. Karena yang kita tonton adalah sebuah tayangan video, apalagi durasinya juga panjang. Tentu kuota Anda akan terkuras dengan cepat. Tapi jangan khawatir, disini saya akan memberikan bagaimana Cara menghemat kuota saat menonton video Youtube.

 Baca Juga : Cara Dapat Uang dari Menjual Foto di Internet

Tips Menghemat Kuota untuk Nonton Youtube

1. Ubah Resolusi Video

 

Saat menonton video Youtube, kita akan mendapatkan kualitas gambar secara otomatis sesuai dengan kecepatan internet kita.
Apabila youtube mendeteksi bahwa kecepatan internet kita sangat cepat, otomatis video anda akan ditayangkan dalam resolusi tinggi, 1080p keatas misalnya. Hasilnya, kualitas video yang anda tonton akan bagus, tetapi kuota yang termakan akibat video tersebut akan semakin banyak.
Oleh karena itu, anda harus mengubah resolusi video ke kualitas yang lebih rendah, sehingga kita bisa menghemat kuota walaupun durasinya panjang. Caranya :

1. Saat menonton video, klik 3 titik di pojok kanan atas.

trik menghemat kuota youtube

2. Klik “Kualitas Video”, lalu ubah pilihan otomatis menjadi resolusi 360p (jangan terlalu tinggi),

trik menghemat kuota youtube
Tips menghemat kuota saat nonton Youtube

atau ubah ke resolusi paling rendah yaitu 144p apabila Anda hanya sedang menonton (mendengarkan) musik di youtube yang tidak ada MV atau Music Videonya.

2. Gunakan Aplikasi Youtube Go

Cara lain untuk menghemat kuota saat youtube an yang bisa kamu lakukan adalah mendownload aplikasi Youtube Go. Jangan khawatir, ini adalah aplikasi resmi yang dirilis google akhir 2017 lalu. Anda bisa mendownloadnya melalui Playstore
Aplikasi Youtube Go secara khusus dirancang untuk ponsel dengan spesifikasi dan penyimpanan dibawah rata-rata. Aplikasi ini juga sangat men-support orang yang ingin menonton Youtube tapi dengan koneksi internet yang lambat.
Tersedia fitur download video, sehingga anda hanya cukup menyalakan data sekali saja yaitu saat mendownloadnya. Bagusnya, anda dapat melihat ukuran dan juga memilih resolusi video yang ingin Anda tonton.

3. Beruntunglah Jika Ponsel Anda termasuk Youtube Signature Device

Kenapa? dan Apa itu Youtube Signature Device?. Beberapa perusahaan smartphone bekerja sama dengan youtube untuk merancang Smartphone yang mampu memutar video HDR dan konten 360 derajat yang mampu memangkas bandwith hingga 30% tanpa menurunkan kualitasnya.
Sangat menarik bukan? Ini akan sangat membantu anda untuk menghemat kuota anda walaupun anda sering menonton video di Youtube.
Apa saja smartphone yang masuk ke dalam daftar Youtube Signature ini? Dikutip dari https://devicereport.youtube.com/ hingga saat ini :

1. Samsung Galaxy S8+
2. Samsung Galaxy S8
3. LG V30
4. Samsung Galaxy Note 8
5. Huawei Mate 10 Pro
6. Google Pixel 2 XL
7. Google Pixel 2
8. Samsung Galaxy S9+
9. Samsung Galaxy S9
10. Xiaomi Mi Mix 2S
11. Nokia 8 Sirocco
12. Sony Xperia XZ2
13. Sony Xperia XZ2 Compact
14. Huawei P20 Pro
15. Huawei P20
16. Xiaomi Mi 8
17. LG G7 ThinQ
18. LG V35 ThinQ
19. OnePlus 6
20. HTC U12+
21. Sony Xperia XZ2 Premium
22. Samsung Galaxy Note 9
23. Sony Xperia XZ3
24. Google Pixel 3 XL
25. Google Pixel 3
26. Huawei Mate 20X
27. Huawei Mate 20
28. Huawei Mate 20 Pro
29. LG V40 ThinQ
30. OnePlys 6T
31. Huawei onor View20
32. Samsung Galaxy S10+
33. Samsung Galaxy S10
34. Samsung Galaxy S10e
35. Huawei P30 Pro
36. LG G8 ThinQ
37. Google Pixel 3a XL
38. Google Pixel 3a
39. LG V50 ThinQ
40. OnePlus 7 Pro
41. OnePlus 7
42. Asus ROG Phone II
43. OnePlus 7T
44. Google Pixel 4 XL
45. Google Pixel 4
46. LG G8X ThinQ
47. Oppo Find X2 Pro
dan akan terus bertambah. Untuk update lebih lanjut kunjungi situs yang saya berikan diatas tadi.

gimana?? , mudah bukan. Apabila anda punya saran mengenai artikel tips menghemat kuota saat nonton youtube ini, silahkan ungkapkan di kolom komentar lalu mari kita diskusikan bersama-sama

Leave a Comment