Inilah Cara Menyambungkan Laptop dengan Proyektor yang Mudah dan Anti Ribet

menyambungkan laptop dengan proyektor

Banyak yang memilih untuk menyambungkan laptop dengan proyektor untuk menampilkan film, presentasi atau yang lainnya. Berbeda dengan saat memakai laptop, jika memakai proyektor maka banyak yang bisa menikmati tampilan secara menyeluruh.

Sekarang tidak hanya untuk keperluan acara tertentu saja. Mulai dari sekolah hingga universitas memakai proyektor untuk mengajar siswa atau mahasiswa di kelas. Berikut ini cara menyambung dengan proyektor yang bisa dicoba:

Cara Menghubungkan Laptop Ke Proyektor Windows 10

Pertama ini ada cara untuk pengguna windows 10 dan versi windows yang sebelum-sebelumnya. Bisa masuk ke display setting lalu masuk pada bagian advanced display setting. Simak langkah menyambungkan ke windows 10 di bawah ini:

  • Pengguna masuk terlebih dahulu ke pilihan display lalu masuk ke advanced display setting.

  • Masuk ke bagian control panel dan pilih pilihan project to a second screen sebelah kiri.

  • Pilih pilihan duplicate dan tunggu hingga tersambung ke proyektor.

  • Tunggu lagi hingga muncul tampilan gambar di layar sebagai tanda berhasil terhubung ke proyektor.

Cara Menyambungkan Laptop Ke Proyektor Windows 7

Kedua pengguna bisa menyambungkan laptop dengan proyektor di windows 7. Berikut ini cara menyambungkan melalui windows 7 yang bisa dicoba:

  • Klik pilihan start lalu pilih pilihan control panel.

  • Tunggu hingga terlihat banyak menu pilihan lalu pilih menu hardware and sound.

  • Kemudian akan terlihat pilihan connect to a projector dan ketuk pilihan tersebut.

  • Terlihat banyak pilihan menu untuk menyambungkan ke proyektor.

  • Pengguna bisa memilih salah satu dari pilihan menu tersebut. Seperti, computer only, duplicate, dan lainnya.

  • Pengguna bisa memilih duplicate agar tampilan yang dihasilkan sama antara laptop dan proyektor.

Untuk langkah penggunaan di windows 7 sebenarnya tidak jauh berbeda dari cara yang sebelum nya. Sebaiknya memilih duplicate saat menyambungkan laptop ke proyektor. Agar tampilan bisa menyeluruh dan tidak ada yang berbeda.

Cara Menyambungkan Laptop Ke Proyektor Mac

Selanjutnya untuk laptop mac tidak seperti cara yang sebelumnya. Perlu kabel tambahan connector untuk menyambung ke proyektor. Biasanya kabel yang dibutuhkan seperti HDMI atau VGA.

Namun, tidak semua laptop MAC bisa dihubungkan dengan bantuan kabel di atas. Pengguna bisa membeli hub connector yang banyak dijual saat ini. Sehingga tidak perlu bingung apabila laptop tidak bisa terhubung ke proyektor.

Cara menyambungkan Laptop Ke Proyektor Bluetooth

Terakhir pengguna bisa menggunakan bluetooth untuk menyambung ke proyektor. Apabila tidak tersedia kabel tambahan dan kendala saat menyambungkan maka alternatif cara ini bisa dipakai.

Apalagi saat keadaan darurat untuk presentasi atau mengajar. Tentunya akan membutuhkan cara cepat dan praktis untuk menghubungkan laptop ke proyektor tersebut. Kegunaan bluetooth tidak hanya untuk mengirim file saja.

Pastikan terlebih dahulu laptop dan proyektor sudah menyala. Biasanya akan ada kode sandi agar bisa tersambung. Tunggu hingga berhasil tersambung lalu klik pilihan windows + P untuk berbagi gambar yang akan ditampilkan.

Setelah gambar berhasil ditampilkan di layar maka proses manual memakai bluetooth berhasil dilakukan. Apabila tidak berhasil terhubung ke proyektor mungkin ada langkah yang masih salah. Sehingga ulangi terus langkah manual di atas hingga berhasil terhubung.

Demikian penjelasan terkait cara menyambungkan laptop dengan proyektor yang bisa pengguna ikuti. Sesuaikan dengan laptop atau PC masing-masing pengguna. Sebab setiap cara tidak sama pada jenis windows. Pastikan untuk mengetahui jenis windows yang dipakai.

Leave a Comment