Inilah Cara Membatasi Pengguna WiFi TP Link Agar Tetap Aman!

cara membatasi pengguna wifi tp link

Agar internet tetap stabil dan lancar, bisa dipakai cara membatasi pengguna WiFi tp link. Karena tentu, semakin banyak yang menggunakan akan semakin lambat pula internetnya. Paling tidak dengan membatasi pemakaian, akan mengamankan bandwith WiFi yang dipakai.

Perlu diketahui koneksi internet WiFi berbeda dengan paket data, yang mana kalau WiFi semua orang bisa mengaksesnya. Saat ini, ada cara untuk membobol akses WiFi walau sudah terlindungi. Lalu bagaimana cara membatasinya? Simak berikut!

1. Memanfaatkan Aplikasi NetLimiter

Bagi pengguna yang ingin membatasi pemakaian WiFi TP link, bisa memakai aplikasi NetLimiter. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pengguna bisa mengatur batasan bandwidth WiFi TP link. Tidak hanya untuk WiFi TP link saja, bisa digunakan untuk segala modem.

NetLimiter bisa diakses melalui HP maupun laptop, sehingga pengguna bisa dengan mudah memakainya. Untuk lebih jelas tentang langkah pemakaiannya, simak berikut ini:

  • Unduh dahulu aplikasi NetLimiter, kemudian buka.

  • Periksa perangkat atau aplikasi yang menggunakan koneksi WiFi.

  • Kemudian, centangi pilihan download limit, lalu upload limit untuk membatasi penggunaan.

  • Selanjutnya, ubah value menjadi limit sesuai keinginan, dan save.

Selanjutnya, jika sudah disave maka otomatis akan menyesuaikan dengan batasan yang telah pengguna tentukan. Jadi, apabila pemakai sudah lebih dari limit yang ditentukan, maka mereka tidak bisa tersambung. Atau, bisa juga memakai aplikasi lain yang fungsinya sama.

2. Mengatur Langsung dari Router

Selain dengan menggunakan aplikasi, cara membatasi pengguna WiFi tp link bisa diatur langsung dari router. Cara ini menjadi cara yang paling lazim digunakan oleh semua orang, dan dinilai menjadi cara yang paling mudah.

Kemudian, bagaimana cara untuk membatasi pengguna WiFi langsung dari routernya, sebagai berikut:

  • Buka browser kemudian ketik pada kolom pencarian dengan 192.168.1.1 kemudian cari.

  • Jika telah selesai terakses, selanjutnya pengguna diminta untuk mengisi username dan kata sandi.

  • Pengguna akan diarahkan ke pengaturan modem, lalu pilih LAN.

  • Lalu, pilih DHCP Server, kemudian ubah IP Pool sesuai dengan pengguna ingin.

  • Simpan, dan sudah bisa digunakan.

Jika sudah, pengguna hendak menyambungkan tapi limit sudah terpenuhi, maka mereka tidak bisa tersambung. Namun, terkadang pemiliknya sendiri yang tidak bisa tersambung karena jaringan sudah penuh. Untuk mengatasi hal ini, bisa langsung merestart modem.

3. Menyembunyikan Koneksi WiFi

Alternatif lain, selain dengan membatasi penggunaan bisa dengan menyembunyikan koneksi WiFi. Untuk bisa menyembunyikan koneksi WiFi tersebut, pengguna bisa mengaturnya lewat pengaturan router. Caranya sama seperti di atas, namun pilih menu security.

  • Lakukan akses seperti pada cara di atas, kemudian ketuk Advanced.

  • Selanjutnya, pilih WiFi Security.

  • Lalu, centangi menu Hide WiFi, dan save.

Jika tidak ingin lagi menyembunyikan perangkat WiFi, pengguna bisa menghapus centang tersebut. Jika telah disimpan, maka tidak akan lagi yang bisa melihat koneksi WiFi milik pengguna. WiFi tidak akan bisa dengan bebas dipakai oleh orang lain.

Jika ingin lebih aman lagi, pengguna bisa memblokir pengguna yang diam-diam memakai WiFi pengguna. Jadi pengguna yang diblokir tersebut tidak akan bisa memakai WiFi karena sudah diblokir. Memblokirnya bisa langsung menggunakan aplikasi atau dari router.

Demikian pembahasan mengenai cara membatasi pengguna WiFi TP link yang bisa digunakan secara mudah. Dengan membatasi pengguna dari WiFi, maka koneksi internet akan semakin stabil dan lancar. Perlu diketahui bahwa cara di atas juga bisa dipakai untuk modem apa saja.

Leave a Comment