Begini Cara Cek VGA Laptop dengan dan Tanpa Aplikasi

cara cek vga laptop

Cara cek VGA laptop dapat menggunakan aplikasi maupun tidak menggunakan aplikasi. VGA (video graphics array) dan bisa disebut dengan video adapter adalah hardware yang berfungsi untuk memberikan detail visual di layar. 

Peranan VGA sangatlah penting untuk laptop atau komputer versi lama, untuk laptop versi terbaru sudah tersedia motherboard atau disebut VGA card onboard. Fungsi lain VGA ialah memvisualisasikan gambar dengan kualitas terbaik. Berikut langkah-langkah untuk mengecek VGA!

Cek VGA Lewat Setting atau Pengaturan

Cara cek vga laptop yang pertama ialah melalui setting atau pengaturan pada laptop. Dengan melalui setting atau pengaturan pengecekan vga tidak memerlukan aplikasi atau software tambahan yang perlu diinstal. 

Dengan mengecek vga melalui setting, detail kapasitas vga juga telah tercantum di dalamnya. Berikut langkahnya:

  • Pastikan vga telah tersambung dengan laptop

  • Klik ikon kaca pembesar pada bagian taskbar untuk mencari pengaturan atau setting perangkat. 

  • Ketik setting atau pengaturan dalam kolom pencarian, dan buka aplikasi tersebut.

  • Cari dan klik menu system dalam setting.

  • Selanjutnya pilih menu display dan klik advance display setting .

Dengan demikian detail tentang vga yang tersambung dengan laptop sudah tertera dalam pengaturan tersebut. 

Cek VGA dengan Menggunakan Task Manager

Untuk cara cek vga laptop yang kedua dengan menggunakan task manager. Task manager sendiri adalah aplikasi yang ada dalam laptop atau komputer, kegunaanya adalah untuk mengetahui tingkat performa atau kecepatan pada laptop atau komputer tersebut.

Menggunakan task manager juga sangat memudahkan dalam mengecek vga yang terhubung dengan laptop. Pasalnya task manager sendiri sudah disediakan oleh perangkat tersebut. Berikut langkahnya:

  • Untuk membuka aplikasi task manager, dengan dua cara. Pertama klik kanan pada touchpad atau mouse, dan pilih menu task manager di bagian bawah. Kedua dengan menggunakan tools pencarian.

  • Setelah membuka aplikasi task manager, pada tampilannya pilih menu performance.

Dengan demikian akan ditampilkan berbagai performa yang ada dalam perangkat, seperti cpu, memory, wifi dan tentunya performa vga itu sendiri. Dalam tampilan tersebut akan muncul gpu 0 dan gpu 1, untuk vga sendiri bernama vga 1. 

Cek VGA Menggunakan Aplikasi Speccy

Cara cek vga laptop yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi speccy. Speccy atau piriform speccy adalah software yang dapat memberikan informasi lengkap isi dari laptop atau komputer. 

Aplikasi speccy atau piriform speccy ini harus diinstal terlebih dahulu. Untuk menginstall aplikasi ini dapat dilakukan di web browser, dengan mengetikkan piriform speccy download. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk gratis dan berbayar. Berikut langkahnya:

  • Download dan install terlebih dahulu aplikasi speccy dalam web browser, tunggu hingga penginstalan selesai.

  • Jika sudah selesai diinstall, search aplikasi speccy dalam kolom pencarian laptop. 

  • Pastikan vga tersambungkan dengan baik dalam laptop, jika vga tidak tersambung dengan baik, maka aplikasi tidak dapat melakukan langkah berikutnya. 

  • Kemudian akan terjadi proses analisis atau analyzing. Tunggu hingga selesai. 

  • Setelah itu, informasi akan ditampilkan dalam layar speccy secara lengkap, baik ram, processor, dan lain sebagainya. 

  • Informasi tentang vga dapat dilihat pada menu graphic, kiri bagian tengah. 

Dengan demikian informasi lengkap tentang vga yang tersambung dalam laptop tertera dengan jelas dan terperinci.

Penjelasan diatas merupakan beberapa cara cek vga laptop dengan mudah dan praktis. Pengecekkan vga dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi unduhan, seperti task manager. Akan lebih efisien apabila dapat dilakukan tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu. 

Leave a Comment