Cara Mengaktifkan NFC di Xiaomi dan Cara Menggunakannya, Mudah!

cara mengaktifkan nfc di xiaomi

NFC adalah fitur smartphone untuk penggunanya memudahkan mengecek saldo bahkan mengisi e-money, bukan hanya smartphone flagship saja. Smartphone xiaomi juga dapat mengaktifkan fitur tersebut, cara mengaktifkan NFC di Xiaomi juga tergolong sangat mudah dipraktekan.

Near Field Communication (NFC) dapat dijadikan sarana berbagi file sesama pengguna smartphone lain. NFC menjadikan koneksi dua perangkat semakin mudah dan kegiatan menjadi lebih efektif, begitupun cara mengaktifkan NFC di xiaomi yang tidak perlu ke service center untuk mengaktifkannya.

Kenali Xiaomi Termurah yang Dibekali NFC

NFC umumnya hanya ada di ponsel kelas atas seperti Iphone dan Samsung, namun xiaomi menepis stigma tentang itu. kini xiaomi menghadirkan fitur NFC di smartphone kelas menengah yaitu Xiaomi seri POCO M5 dengan harga 2 jutaan saja.

Selain seri POCO M5, seri lain yang  didapati fitur NFC seperti Xiaomi ( Xiaomi 11 T ) merupakan seri xiaomi termurah yang dibekali NFC. Selanjutnya Redmi Note ( Redmi Note 11)  berada di barisan bawah termurah setelah POCO M5.

Dari data yang diambil di pasaran, ada 15 seri smartphone xiaomi yang dipasarkan di Indonesia, Seri Xiaomi, Redmi Note, Poco. Dari harga 2 jutaan hingga puluhan juta dipaparkan di pasar Indonesia, konsumen dapat memilih harga sesuai kebutuhannya.

Kegunaan NFC Di Perangkat Smartphone

NFC tag merupakan fitur yang  mensupport  kegiatan penting salah satunya  mengaktifkan bluetooth, pengaturan tingkat kecerahan perangkat, tools praktis mode senyap hanya dengan menekan ponsel NFC

Selain itu juga dapat memudahkan pembayaran, hanya membuka buka ponsel untuk  menjalankan transaksi tanpa perlu repot mengeluarkan uang.

Dengan adanya fitur NFC, pengguna dapat saling menukar data, namun perlu diingat kedua ponsel harus mendukung fitur NFC.

Ini Cara Mengaktifkan NFC di Xiaomi dan Mudah dalam Penggunaannya

Tahapan dalam menjalankan fitur NFC memang terkadang berbeda di setiap tipe smartphone yang digunakan. Namun untuk HP Xiaomi/mi fans yang sudah terbiasa menggunakannya, ini akan terasa sangat mudah. Berikut cara mengaktifkan NFC di Xiaomi:

  • Aktivasi fitur NFC di smartphone. masuklah ke pengaturan/setting perangkat, fitur ini juga bisa diakses di menu notifikasi yang bisa drag and drop ke bawah dari layar smartphone xiaomi, tinggal usap dan tap sekali untuk menghidupkan/mematikannya.

  • Klik more menuju ke pilihan “NFC”Jika tidak ditemukan NFC di menu toggle, maka bisa menuju ke menu pengaturan perangkat/setting, lalu pilihlah klik more > NFC.

  • Aktifkan mode NFC, selanjutnya.

  • Aktifkan android beam di pengaturan, setelah mengaktifkan NFC, aktifkan pula android Beam yang berada di pengaturan.

  • Dekatkan kedua perangkat smartphone hingga menempel.Setelah kedua perangkat didekatkan hingga menempel maka masing-masing device saling mendeteksi dan saling terkoneksi satu sama lain, tunggulah sampai ada notif tertentu yang biasanya didahului dengan getaran perangkat atau suara ringan seperti “beep”, yang berarti bahwa kedua device/perangkat smartphone tersebut sudah terhubung atau sudah saling mengaitkan.

  • Aktivasi kedua perangkat smartphone,lalu setelah kedua device terhubung atau terkoneksi, lakukan lah hal seperti bertukar file kerja, data atau kebutuhan lainnya.

  • Perlu diingat, bahwa kedua perangkat tidak boleh berjauhan, disarankan untuk menempelkan kedua perangkat tersebut..

  • Proses transfer file menggunakan NFC selesai.

Pengguna smartphone yang menjalani kehidupan di perkotaan atau kantoran, fitur seperti NFC merupakan fitur yang wajib dimiliki. Hal ini karena memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran dan berbagi data tanpa memandang merk smartphone yang digunakan.

Masih banyak lagi manfaat NFC di lingkungan yang serba digital seperti perkotaan yang membuat pengguna efektif di jam-jam yang sibuk. Itulah penjelasan cara mengaktifkan NFC di Xiaomi dan penggunaannya, semoga informasi diatas bermanfaat.

Leave a Comment