Inilah Cara Membuka File ZIP Di Android, Dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

cara membuka file zip di android

Saat akan mengirimkan file dalam jumlah banyak sekaligus, ZIP menjadi solusi paling mudah. Jika ingin membukanya di Android tentu harus tahu cara membuka file ZIP di Android. Tanpa aplikasi atau dengan aplikasi, simak semua caranya berikut ini:

Membuka ZIP di Android Tanpa Aplikasi

Di beberapa HP Android, file ZIP bisa langsung dibuka tanpa bantuan aplikasi. Jika HP sudah dilengkapi dengan tools bawaan, maka pengguna tinggal membukanya saja. Jika belum mengetahui cara membukanya, mari sama-sama simak langkahnya berikut ini:

  • Untuk membuka file ZIP yang ada di Android, temukan dulu file tersebut pada pengelola file di HP Android.

  • Tekan dan tahan file ZIP hingga muncul tanda centang.

  • Klik titik tiga untuk memunculkan opsi tindakan.

  • Pada opsi yang muncul, klik UNZIP untuk membuka aplikasi.

  • Pada kotak dialog yang muncul, ganti nama jika diperlukan dan pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan.

  • Setelahnya, klik OK.

  • HP Android akan melakukan pengekstrakan selama beberapa saat.

  • Setelah ekstraksi selesai, folder akan muncul di tempat yang sudah dipilih.

  • Coba buka folder dan buka file yang ada di dalamnya.

  • Jika file bisa dibuka dengan normal tandanya ekstraksi berhasil.

Membuka ZIP di Android Dengan Aplikasi

Jika ternyata cara membuka file ZIP di Android tanpa aplikasi di atas tidak berhasil mungkin HP Android belum memiliki tools bawaan. Tapi tak perlu khawatir karena ada aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka ZIP di Android. Berikut ini beberapa aplikasinya:

1. RAR for Android

Aplikasi yang pertama adalah aplikasi luncuran pengembang bernama RARLab. Fitur utama aplikasi ini adalah untuk mengekstrak file ZIP di HP Android. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakannya untuk mengompres folder menjadi ZIP dengan ukuran yang lebih ringkas.

Meski nama aplikasi ini adalah RAR for Android, pengguna bisa menggunakannya untuk mengekstrak file kompresi dengan berbagai format lainnya. Hanya dengan satu aplikasi, pengguna bisa memanfaatkannya untuk membuka berbagai folder dengan berbagai format.

2. ES File Explorer

Aplikasi yang tak kalah hebatnya dengan RAR for Android adalah ES File Explorer. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengelola berbagai file yang ada di HP Android. Aplikasi ini tentu menjadi andalan pengguna jika HP Androidnya tidak bisa digunakan untuk membuka suatu folder.

ES File Explorer adalah aplikasi resmi jadi bisa didapatkan di layanan penyedia aplikasi yang ada di HP Android. Pengguna hanya perlu menginstal aplikasi dengan ukuran yang tidak terlalu besar ini dan semua folder dengan berbagai format akan bisa dibuka.

3. AZIP Master

Di nomor tiga ada aplikasi dengan nama AZIP Master. Aplikasi ini sudah tentu bisa membantu pengguna untuk mengekstrak folder yang sudah dikompres menjadi format ZIP. Fitur utamanya tentu bisa digunakan untuk UNZIP folder ZIP di HP Android.

Aplikasi ini banyak dipilih karena ukurannya yang kecil. Memang fiturnya terbatas di aplikasi dengan format ZIP dan RAR. Namun hal tersebut bukan sebuah halangan karena fitur itu saja sudah cukup untuk digunakan membuka folder ZIP di HP Android.

4. ALZIP

Yang terakhir adalah aplikasi yang tak kalah membantu yaitu aplikasi ALZIP. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menikmati fitur dasar ekstraksi dan kompresi folder menjadi RAR Atau ZIP.

Aplikasi ini tidak memakan tempat yang besar di ponsel sehingga tak perlu mengkhawatirkan ruang penyimpanan. Penggunaannya juga mudah, tinggal masukkan saja file dari pengelola file karena aplikasi ini memiliki akses ke pengelola file.

Nah itulah beberapa cara membuka file ZIP di Android. Tak perlu khawatir file ZIP tidak bisa terbuka karena ada aplikasi yang bisa membantu untuk membuka ZIP. Dengan begitu, file apapun bisa dibuka di HP Android.

Leave a Comment