7 Cara Memperbaiki Jaringan Internet di Android yang Mudah Dilakukan

cara memperbaiki jaringan internet di android

Cara memperbaiki jaringan internet di android terkadang dicari para penggunanya. Sebenarnya caranya tidak terlalu sulit dan semua pengguna pasti bisa melakukannya secara mandiri.

Jaringan yang tidak normal pada android tentu merupakan hal yang tidak mengenakkan. Terutama pada saat beraktivitas seperti main game online yang sangat membutuhkan jaringan internet yang stabil.

1. Melakukan Restart Pada Perangkat Android

Cara memperbaiki jaringan internet di android yang pertama dan paling mudah dilakukan adalah dengan melakukan restart pada perangkat android tersebut. 

Biasanya dengan cara ini sistem akan kembali disegarkan. Termasuk juga jaringan akan disegarkan. 

Untuk melakukan restart pada android sangatlah mudah. Pengguna tinggal tekan lama tombol power yang biasanya berada di samping perangkat. Nanti akan ada beberapa opsi, pilih yang opsi “Reboot” atau “Mulai Ulang”.

2. Berpindah Lokasi

Lokasi bisa berpengaruh pada jaringan yang diterima oleh perangkat android. Bisa saja lokasi dimana perangkat sekarang berada memang tidak terjangkau jaringan dengan baik. 

Oleh karena itu pengguna bisa mencoba untuk berpindah lokasi. Cobalah bergerak dan cari lokasi dimana perangkat bisa terjangkau sinyal internet dengan baik.

3. Cek Pengaturan Perangkat

Selain lokasi, terkadang pengaturan perangkat juga bisa mempengaruhi penerimaan jaringan atau sinyal pada perangkat android. 

Hal ini terkadang tidak disadari, seperti misalnya pengaturan data saver yang aktif, pengaturan airplane mode (mode pesawat) yang aktif, mode kontrol orang tua aktif dan lain sebagainya. Bisa juga karena password wifi yang dimasukkan salah. 

Jadi coba cek beberapa hal tersebut untuk memperbaiki jaringan internet di android yang bermasalah.

4. Coba Ganti Koneksi

Cara memperbaiki jaringan internet di android selanjutnya, pengguna bisa untuk coba ganti koneksi. Mungkin koneksi yang sedang digunakan memang sedang bermasalah. 

Misalnya ketika menggunakan koneksi wifi, mungkin jaringan wifi memang sedang ada gangguan. Cobalah memakai koneksi data seluler. Begitu pula sebaliknya, jika sedang menggunakan data seluler cobalah ganti ke koneksi wifi. 

5. Melakukan Pengecekan Pada Koneksi Router

Masalah jaringan di android juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada router. Biasanya wifi menggunakan router untuk menyebarkan sinyal. 

Penggunaan router yang terus-menerus non stop tidak menutup kemungkinan terjadi gangguan. Jika koneksi terganggu, coba matikan dulu router dan diamkan beberapa saat. 

Setelah itu nyalakan kembali dan pastikan semua lampu indikator sudah menyala. Cek ulang apakah jaringan sudah normal atau belum. 

6. Putuskan Koneksi VPN

Aplikasi VPN memang membantu dalam menggunakan jaringan internet. Namun ini juga bisa menjadi sumber masalah jaringan internet yang tidak normal di android. 

Biasanya hal itu terjadi karena VPN terhubung dengan server jarak jauh. Hal itu bisa menyebabkan lambatnya kecepatan internet. Oleh karena itu coba hentikan dulu penggunaan VPN tersebut.

7. Pastikan Perangkat Tidak Lowbat

Terkadang penyebab adanya masalah pada jaringan internet di android bisa jadi karena daya baterai yang lemah. 

Kenapa demikian? Karena pada saat daya baterai lemah terkadang sistem otomatis akan mengaktifkan data saver untuk meminimalisir penggunaan daya baterai. 

Dengan itu pasti koneksi jaringan akan tidak seperti biasanya ketika data saver tidak diaktifkan. Oleh karena itu cobalah untuk mengecek persentase daya baterai perangkat android yang digunakan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara memperbaiki jaringan internet di android. Jadi ada banyak cara untuk mengatasi permasalahan jaringan pada perangkat android. Untuk bisa menentukan cara yang tepat sebaiknya mengetahui dahulu sumber masalahnya dari mana.

Leave a Comment