Kenapa Google Play Store Terhenti dan Bagaimana Cara Mengatasinya

kenapa google play store terhenti

Kenapa google play store terhenti? Pertanyaan tersebut seringkali dijumpai karena memang masalah tersebut sering terjadi. Sebenarnya ada banyak penyebabnya. Diantaranya akan dijelaskan berikut ini sekaligus cara mengatasinya.

1. Ruang Penyimpanan Perangkat Penuh

Kenapa google play store terhenti? Penyebab pertama yang paling sering ditemukan pada masalah google play store yang terhenti adalah karena ruang penyimpanan perangkat yang penuh. Biasanya ini terkadang tidak disadari oleh para pengguna. 

Ruang penyimpanan biasanya penuh dengan berbagai file-file data seperti foto, video, dan lain-lain yang biasanya pengguna malas untuk menghapusnya. Yang dimaksud ruang penyimpanan disini adalah lebih ke RAM. 

Jika aplikasi mengalami force close itu merupakan tanda-tanda kuat kalau memori RAM penuh. Adapun cara untuk mengatasi hal ini adalah bisa dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Pastikan RAM memiliki sisa memori diatas 1 GB untuk amannya.

2. Gangguan pada Proses Update

Gangguan pada proses update juga merupakan salah satu penyebab yang sering mengakibatkan aplikasi google play store tiba-tiba terhenti atau tertutup sendiri secara otomatis. 

Proses update yang terganggu sudah pasti akan menyebabkan aplikasi tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu menyebabkan aplikasi keluar sendiri atau force close. 

Gangguan proses update ini biasanya terjadi karena jaringan internet yang tidak stabil pada saat update tersebut berlangsung atau tiba-tiba koneksi internet terputus. Untuk mengatasinya, coba update ulang aplikasi play store. Namun sebelum itu pastikan koneksi internet yang akan dipakai lancar dan stabil. 

Selain itu pastikan juga baterai hp tidak lemah. Kalau lemah, nanti pada saat proses update bisa saja kehabisan daya dan hp tersebut akan mati. Otomatis proses update juga tidak akan selesai dengan sempurna jika hpnya mati. 

3. Aplikasi Error

Penyebab selanjutnya untuk menjawab pertanyaan kenapa google play store terhenti adalah berasal dari aplikasi itu sendiri. Terkadang aplikasi bisa mengalami bug sehingga menyebabkan fungsinya error. 

Begitu pula dengan aplikasi Play Store, bisa saja sewaktu-waktu mengalami bug sehingga pada penggunaannya tidak berjalan lancar seperti force close atau ada notif “Sayangnya, layanan Google Play terhenti”.

Namun jangan khawatir jika mengalaminya karena ada cara untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menghapus data dan cache aplikasi tersebut. 

Hal itu bisa dilakukan dengan langkah pertama buka menu Pengaturan / Setting / Setelan, pilih Aplikasi & Notifikasi, pilih Lihat Semua Aplikasi, pilih Playstore. Pilih penyimpanan kemudian klik Hapus Cache, lalu pilih Hapus Data. Setelah itu coba kembali buka Playstore. 

4. Gangguan pada Koneksi Internet

Untuk menggunakan layanan Playstore tentu saja membutuhkan koneksi internet. Jadi jika ada masalah pada Playstore, gangguan koneksi internet juga menjadi salah satu penyebab yang perlu dicurigai. 

Bisa saja ketika sedang menggunakan Playstore tiba-tiba paket data habis. Atau kalau menggunakan koneksi wifi, mungkin saja tiba-tiba koneksi wifi mengalami gangguan massal. Nah untuk hal ini cara mengatasinya adalah dengan mengecek koneksi internet yang digunakan. 

Coba buka aplikasi lain yang juga membutuhkan koneksi internet seperti youtube, instagram dll jika sama saja maka memang masalahnya ada pada koneksi internet yang digunakan. Salah satu cara mengatasinya bisa dengan mengganti koneksi ke koneksi lain yang lebih stabil.

5. Sistem Android Bermasalah

Playstore adalah salah satu aplikasi yang berjalan di dalam sistem Android. Jadi jika sistem Androidnya bermasalah maka semua aplikasinya juga akan bermasalah. Ini bisa terjadi karena beberapa sebab misalnya sistem Android mengalami error. 

Jika masih dalam tahap ringan, pengguna bisa coba mengatasinya dengan cara melakukan restart pada perangkat android tersebut. Jika belum berhasil coba lakukan factory reset. 

Nah itulah tadi penjelasan kenapa google play store terhenti dan cara mengatasinya. Jadi sebaiknya mengetahui dulu penyebabnya supaya bisa melakukan cara mengatasinya yang akurat.

Leave a Comment