Cara Membersihkan Google Drive Penuh, Begini yang Bisa Dilakukan

cara membersihkan google drive

Cara membersihkan google drive penuh sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Namun terkadang pengguna malas melakukannya sehingga membuat penyimpanan google drive terus-menerus dipenuhi dengan dokumen-dokumen setiap harinya.

Google drive sebenarnya sudah menyediakan kapasitas yang lumayan besar untuk menyimpan data-data pengguna. Kapasitas yang diberikan adalah sebesar 15 GB dan itu bisa digunakan secara cuma-cuma oleh pengguna.

Akan tetapi karena banyaknya file atau dokumen yang masuk setiap harinya, terkadang kapasitas tersebut kurang dan bahkan penuh. Sebenarnya kapasitas ini bisa ditambah dengan cara berlangganan. Namun hal itu tentu akan membutuhkan biaya.

Nah daripada mengeluarkan biaya tambahan untuk berlangganan google drive, pengguna bisa melakukan cara membersihkan google drive penuh. Setidaknya ada 5 cara yang bisa dilakukan yaitu:

1. Menghapus File yang Ukurannya Besar

File dengan ukuran besar tentu memakan banyak ruang penyimpanan pada google drive. Oleh sebab itu, jika file tersebut dirasa sudah tidak digunakan lagi sebaiknya hapus saja dari dalam drive tersebut. 

Langkahnya sangat mudah yaitu tinggal masuk ke google drive kemudian pilih file yang ukurannya besar tersebut. Pilih opsi remove atau hapus. 

2. Bersihkan Folder Sampah Secara Rutin

Ternyata file-file yang sudah dihapus tidak langsung hilang dari drive, namun akan masuk ke dalam folder sampah. 

Jika terus-terusan dibiarkan tentu file-file tersebut juga akan memenuhi kapasitas google drive. Jadi sebaiknya cek secara rutin folder tersebut dan pastikan selalu kosong. 

Untuk langkah cara mengosongkannya, pertama buka google drive baik aplikasi maupun web. Temukan folder sampah yang ditandai dengan ikon tempat sampah. 

Jika ingin menghapus semua maka tinggal klik saja opsi “Kosongkan Sampah” di atas dan lakukan konfirmasi untuk menghapus selamanya atau permanen.

3. Ubah Pengaturan Backup Google Foto

Google drive ini akan terhubung dengan google foto. Jadi jika fitur pencadangan foto google aktif, secara otomatis foto-foto tersebut akan terbackup di google drive. 

Bukan cuma foto, video juga. Dan yang dibackup nantinya adalah file asli yang biasanya memiliki ukuran besar. Nah itulah yang akan menyebabkan google drive menjadi penuh. 

Supaya tidak memakan banyak ruang penyimpanan, pengguna bisa mengubah pengaturan backup tersebut. Caranya adalah pertama buka Google Photos, di pojok kanan atas tap ikon gear yang menandakan pengaturan. Setelah itu pilih “Storage Saver”. 

4. Hapus Email yang Tidak Penting

Salah satu komponen yang menempati penyimpanan google drive adalah email yang masuk di Gmail. Fitur ini tentunya terhubung dengan google drive. Jadi semua email yang masuk ke Gmail itu akan memakan ruang di google drive. 

Apalagi email yang melampirkan file dengan ukuran besar, pasti akan memakan ruang google drive. Oleh sebab itu pengguna bisa sering-sering saja untuk mengecek email mana yang tidak penting atau bahkan spam dan langsung dihapus saja.

5. Hapus Backup Android

Hp android yang terhubung dengan akun google otomatis akan menggunakan google drive untuk mencadangkan segala macam dokumen. 

Hal itu tentunya akan membuat cepat penuh kapasitas google drive apalagi jika hp tersebut ternyata sudah tidak digunakan. Pengguna bisa menghapusnya dengan cara berikut:

  • Buka google drive, pilih Penyimpanan kemudian pilih Cadangan.

  • Akan tertampil pencadangan apa saja yang menggunakan google drive tersebut, pilih mana yang ingin dihapus. Lakukan konfirmasi dan selesai.

Nah itulah tadi penjelasan cara membersihkan google drive yang penuh. Cara-cara tersebut dapat dicoba untuk melegakan kapasitas google drive. Sebaiknya cara-cara tersebut bisa dilakukan secara rutin supaya kapasitas google drive tidak terlalu penuh.

Leave a Comment