Fungsi Google Classroom yang Menguntungkan dan Tidak Boleh Dilewatkan

fungsi google classroom

Para pelajar atau mahasiswa pasti sudah banyak yang tahu mengenai fungsi google classroom ini. Pasalnya, aplikasi fitur yang diciptakan oleh google ini sering digunakan oleh para pengajar dalam proses pembelajarannya.

Selain untuk pengajar itu sendiri, google classroom juga bisa dimanfaatkan oleh para siswa, wali siswa, pimpinan lembaga pendidikan dan juga administrator. Dimana untuk masing-masing pengguna tersebut google classroom memiliki manfaat yang berbeda namun hampir sama.

Yang pasti, google classroom memang sering dimanfaatkan secara umum untuk mengorganisir suatu tugas atau pekerjaan dengan kolaborasi bersama banyak orang sehingga memudahkannya dalam berkomunikasi.

Google classroom bisa diakses melalui website dan juga aplikasi. Untuk yang lebih menyukai bekerja atau belajar menggunakan PC atau laptop bisa disarankan untuk memakai google classroom versi websitenya melalui browser masing-masing.

Namun jika ingin membuka google classroom dimanapun tanpa membawa PC atau laptop yang berukuran besar bisa mengunduh dan menginstal aplikasinya di playstore atau appstore menggunakan android atau smartphone masing-masing.

Agar lebih jelas dan tidak membuat penasaran lagi, berikut ini fungsi google classroom yang mungkin dapat memiliki manfaat untuk para pengguna.

1. Membuat Kelas Secara Online

Google classroom ini dapat digunakan untuk membuat forum layaknya kelas yang dapat memudahkan pengajar dan siswa untuk berkomunikasi. Pada masa pandemi covid-19 sebelumnya, google classroom ini juga menjadi salah satu aplikasi yang sangat berperan dalam mendukung pembelajaran siswa.

Dengan menggunakan google classroom ini para pengajar dapat membuat suatu kelas dimana di dalam kelas tersebut para siswa dapat mengumpulkan tugas dengan mudah. Selain itu para pengajar dapat langsung berinteraksi menggunakan komentar percakapan dalam tugas yang dikumpulkan tersebut serta dapat juga memberikan nilai secara langsung pada tugas yang dikumpulkan tersebut.

Untuk para pengajar tentu google classroom ini sangat bermanfaat karena dapat memberikan akses dalam membuat banyak kelas yang mereka berikan pengajaran. Selain itu terdapat fitur yang memudahkan untuk mengelola tugas siswa seperti reminder agar tidak ada tugas siswa yang terlewat untuk dikoreksi.

2. Memudahkan Siswa Dalam Mengelola Tugas

Seperti yang sudah disinggung dalam poin satu, google classroom memudahkan para siswa untuk mengakses tugas dengan sangat terstruktur. Karena dalam google classroom ini, para siswa dapat melihat banyak tugas yang diberikan seperti reminder sehingga tidak akan mudah terlewatkan.

Siswa dapat melihat tugas tugas yang diberikan oleh pengajar melalui tugas kelas, dimana fitur ini dapat membantu siswa dalam mendisiplinkan diri tanpa mencatat ulang semua tugas dan akan menghemat waktu untuk para siswa tersebut.

Selain itu, siswa juga dapat memberikan masukan dan menanyakan tugas secara langsung melalui forum tersebut dengan mengirim komentar pada pengumuman yang berada di halaman beranda. 

3. Memudahkan Pemantauan Wali pada Pembelajaran Siswa

Google classroom juga sangat berperan dalam membantu para wali siswa untuk memantau aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh putra putri mereka secara online.

Dengan begitu, wali murid dapat mempererat hubungan mereka dengan para siswa sehingga orang tua bisa juga mendidik putra putri mereka jika putra putri mereka terlihat kurang disiplin. Google classroom  ini dapat membantu wali siswa dan pengajar untuk bekerjasama dalam mendidik putra putri mereka ini.

 4. Memberikan Fitur yang Membantu Meningkatkan Kedisiplinan

Dalam google classroom terdapat fitur kalender dan pengingat dimana fitur ini akan sangat berguna untuk para penggunanya dalam melihat tugas atau pekerjaan yang mereka miliki.

Dengan membuka kalender yang terdapat pada google classroom semua tugasa akan terlihat dengan jelas secara otomatis tanpa membuat reminder secara manual terlebih dahulu.

Misalnya dalam proses pembelajaran, jika pengajar memberikan tugas, tugas tersebut akan secara otomatis masuk sebagai tugas dalam kalender sehingga dapat mengingatkan para siswa jika mereka memiliki tugas yang harus dikerjakan.

Ternyata fungsi google classroom ini sangatlah bermanfaat terutama dalam bidang pendidikan. Para pengguna dapat memanfaatkan aplikasi buatan google ini dengan baik dan bijak. Dengan banyaknya fitur yang bermanfaat ini sudah jelas bukan fungsi dari google classroom ini sangat banyak dan patut untuk dimanfaatkan oleh banyak orang.

Leave a Comment