Cara Melihat Kata Sandi Email Melalui Hp dan Komputer

cara melihat kata sandi email

Ternyata ada cara melihat kata sandi email jika lupa password saat mau login loh. Terkadang jika sudah lama tidak memasukkan kata sandi saat akan masuk ke dalam akun email bisa membuat pengguna lupa kata sandi akun tersebut.

Namun ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kata sandi atau password dari akun email tersebut jika melupakannya. Email ini memang akun yang sering dibutuhkan dan dipakai untuk beberapa orang. Akun yang sudah disebarluaskan ke kolega sebisa mungkin digunakan untuk selamanya.

Lantas, bagaimana jika pengguna melupakan kata sandi yang digunakan untuk masuk ke akun email tersebut? Tetap tenang dan rileks, karena masih ada cara untuk masuk ke dalam email tersebut dengan mengetahui kata sandinya dengan cara berikut ini.

Cara Melihat Kata Sandi Email

Untuk melihat kata sandi dari akun email tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan apabila akun tersebut sudah tersimpan sebelumnya di perangkat. Agar tidak penasaran lagi, berikut ini cara cara yang bisa dipraktekkan.

1. Melalui Handphone

Melihat kata sandi email juga bisa dilakukan melalui handphone, cara cara berikut ini bisa dicoba dengan mudah. Coba simak berikut ini.

  • Buka google chrome pada ponsel.

  • Klik ikon titik tiga pada layar ponsel sebelah kanan atas.

  • Pilih menu settings atau setelan, tergantung bahasa yang dipakai pada ponsel.

  • Cari menu sandi dan pilih menu tersebut.

  • Pilih akun email yang ingin dilihat kata sandinya.

  • Tunggulah sampai menu edit password muncul.

  • Pada sebelah kanan textbox kata sandi terdapat ikon seperti mata, klik ikon tersebut hingga dapat melihat kata sandi dari email.

  • Umumnya, sebuah perangkat akan memberikan fitur keamanan pada ponsel. Jadi saat mengetuk ikon mata tersebut akan muncul verifikasi kata sandi perangkat tersebut atau biasanya juga bisa menggunakan sidik jari atau fingerprint.

  • Setelah memasukkan sandi perangkat untuk memverifikasi, kata sandi akan otomatis muncul dan terlihat kata sandi dari akun email tersebut. Nah, kata sandi sudah bisa digunakan untuk masuk email.

Namun perlu dicatat sebelum melakukan cara ini, saat awal menginput email dan kata sandi pengguna harus menyimpan dulu kata sandi tersebut menggunakan fitur google.

Maka secara otomatis kata sandi tersebut akan tersimpan dalam data google dan bisa dibuka sewaktu-waktu. Bahkan tidak hanya untuk email saja, namun akun lain pun bisa dilihat dan dibuka data privasi tersebut.

2. Melalui Komputer

Jika menggunakan handphone dirasa kurang puas dan masih belum bisa melakukannya. Atau akun email tersebut ternyata tidak tersambung ke smartphone dan tersambung ke komputer coba caranya melalui komputer yang akan dijelaskan pada paragraf berikut ini.

  • Buka google chrome pada menu aplikasi yang ada di komputer.

  • Pastikan email yang akan dilihat kata sandinya sudah masuk dalam google chrome.

  • Klik ikon titik tiga pada halaman chrome sebelah kanan atas, lalu pilih menu passwords and autofill dan klik Google Password Manager.

  • Lalu akan langsung diarahkan menuju halaman google password manager tersebut dimana di halaman tersebut terdapat beberapa akun bersama password yang mungkin tersimpan.

  • Pilih akun google.com lalu verifikasi pin dari perangkat komputer.

  • Klik ikon mata pada kotak password lalu password yang awalnya masih berupa bullet akan berubah menjadi teks yang merupakan kata sandi dari email tersebut.

Cara Mengganti Sandi Email

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika pada saat pertama kali email dan password belum disimpan maka cara diatas tidak bisa dipraktekkan. Maka dari itu ada solusi lain jika melupakan kata sandi akun email, yaitu dengan reset password tersebut lalu menggantinya dengan yang baru.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengubah kata sandi adalah menggunakan email pemulihan yang didaftarkan pada awal registrasi email. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan masuk ke halaman login email lalu masukkan email yang ingin diganti dan klik next lalu klik forgot password.

Selanjutnya pengguna harus memasukkan kode yang dikirimkan melalui email pemulihan yang sudah dimasukkan pada awal pembuatan akun. Cek email dari google terlebih dahulu, lalu masukan kode yang dikirim melalui email ke halaman account recovery tadi dan klik next dan lanjutkan sampai selesai mengganti kata sandi.

Nah itulah cara melihat kata sandi email yang dapat dilakukan jika pengguna melupakan kata sandi email mereka. Tips yang bisa dilakukan saat baru saja membuat email adalah menyimpan password secara otomatis pada perangkat tersebut agar cara yang diberikan di atas dapat diterapkan.

Leave a Comment