Cara Login Gmail Tanpa Verifikasi di Perangkat Lain Beserta Alternatif Jika Gagal Login

cara login gmail tanpa verifikasi

Cara login gmail tanpa verifikasi bisa dilakukan dengan mudah dan tidak ribet. Perlunya verifikasi dua langkah untuk email ini memang sangat disarankan untuk pengguna gmail.

Verifikasi dua langkah ini memang dibuat oleh google untuk memberikan kemudahan bagi pengguna agar dapat menikmati fitur keamanan akun tersebut.

Karena dengan verifikasi dua langkah ini akan memberikan pemberitahuan jika ada perangkat lain yang mencoba login atau masuk ke akun gmail tersebut.

Namun, mungkin untuk akun yang tidak memerlukan keamanan seperti ini akan merasakan keribetan saat ingin masuk ke akun gmail.

Pasalnya, verifikasi biasanya membutuhkan perangkat utama yang terdaftar dan apabila perangkat tersebut tidak dibawa maka pengguna tidak bisa login di perangkat lain.

Alasan Tidak Ingin Menggunakan Verifikasi Saat Masuk Gmail

Walaupun verifikasi dua langkah untuk akun gmail ini sangat penting untuk keamanan akun tersebut, namun ada beberapa pengguna yang tidak menyukai adanya verifikasi dua langkah ini. 

Beberapa alasan pengguna tersebut tidak ingin akun gmail mereka harus melewati verifikasi dua langkah saat masuk ke dalam gmail tersebut diantaranya:

1. Tidak Bisa Mengakses Perangkat

Alasan pertama yang mungkin menjadi kendala dalam melakukan verifikasi dua langkah ini adalah terdapat kemungkinan ponsel utama yang digunakan hilang.

Ponsel tersebut adalah perangkat yang memiliki akses untuk memberikan izin perangkat lain agar dapat masuk akun gmail tersebut. Maka dari itu jika ponsel utama tersebut mati ataupun hilang, maka akun gmail tidak bisa diakses.

2. Tidak Bisa Mengakses Nomor Telepon yang Terdaftar

Hal selanjutnya yang bisa menjadi alasan untuk menonaktifkan verifikasi akun gmail adalah nomor telepon yang digunakan tidak bisa diakses. 

Bisa jadi nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar akun gmail sudah tidak aktif atau hilang. Sehingga pengguna tidak dapat masuk ke akun gmail karena nomor telepon untuk verifikasi sudah tidak bisa diakses lagi.

Cara Login Gmail Tanpa Verifikasi Dengan Mengubah Pengaturan Akun

Agar saat melakukan login ke akun gmail tidak perlu adanya verifikasi dua langkah, simak cara berikut ini untuk menonaktifkan fitur verifikasi dua langkah.

  • Buka aplikasi google mail pada perangkat smartphone.

  • Klik profil akun google yang ingin diubah pengaturan akunnya.

  • Pilih “kelola akun google” lalu masuk ke menu keamanan dari sekian banyak menu yang ada.

  • Scroll halaman sampai menemukan menu verifikasi 2 langkah, dan klik menu tersebut.

  • Pada halaman selanjutnya, klik tombol “kelola setelan” yang akan langsung dilanjutkan ke halaman verifikasi dua langkah.

  • Terdapat tombol nonaktifkan, klik tombol tersebut untuk menonaktifkan fitur verifikasi seperti yang diinginkan.

  • Tunggu proses selesai, maka secara otomatis akun gmail tersebut sudah tidak perlu lagi verifikasi ketika login di perangkat lain.

Alternatif Ketika Tetap Tidak Bisa Masuk Akun Gmail

Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan pengguna jika akun gmail yang sebelumnya tetap tidak bisa diakses. Nah, cobalah beberapa saran berikut ini.

  • Terdapat kemungkinan bahwa akun gmail dapat diverifikasi melalui beberapa perangkat. Cobalah untuk verifikasi melalui beberapa perangkat tersebut.

  • Coba hubungi layanan bantuan google. Kunjungi halaman bantuan google lalu isilah form bantuan akun dan keluhkan apa yang menjadi kendala.

  • Jika memang sudah tidak ada harapan lagi akun tersebut tidak bisa digunakan, buat akun google mail baru. Namun saat membuat akun baru ini, pastikan untuk memiliki semua informasi lengkap jika ada kemungkinan terdapat verifikasi dua langkah, seperti kode keamanan dan juga nomor telepon terdaftar.

Informasi dalam artikel ini dibuat sebisa mungkin untuk membantu pengguna dalam mempermudah pemahaman mengenai cara login gmail tanpa verifikasi. Dengan beberapa informasi lain yang mungkin membantu seperti di atas, semoga dapat banyak memberikan manfaat ya.

Leave a Comment