5 Cara Membuka File yang Tidak Bisa Dibuka di Whatsapp, Ternyata Mudah

cara membuka file yang tidak bisa dibuka di whatsapp

Whatsapp kini sudah bisa dilakukan untuk mengirimkan berbagai jenis file. Namun, akan ada kalanya jika file tersebut tidak bisa dibuka. Cara membuka file yang tidak bisa dibuka di whatsapp, sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah.

Seperti yang telah diketahui bahwa, berbagai bidang kini telah memanfaatkan aplikasi whatsapp dalam mengirimkan sebuah file. Namun tak jarang juga bisa saja terjadi kesalahan dalam pembukaan file tersebut.

Namun tak perlu khawatir, hal ini dikarenakan kini sudah ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka file yang tidak bisa dibuka melalui whatsapp. Untuk itu, berikut ini akan diuraikan mengenai hal tersebut.

1. Periksa Ukuran File yang Dikirimkan

Seperti yang diketahui bahwa, whatsapp memiliki batas ukuran yang digunakan dalam proses pengiriman file. Oleh karenanya, jika file tidak bisa dibuka di whatsapp, maka pastikan terlebih dahulu jika ukuran file sudah sesuai.

Adapun cara yang bisa dilakukan jika ternyata file yang dikirimkan tersebut terlalu besar, maka bisa dikompres terlebih dahulu melalui beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Setelah itu, baru file yang sudah dikompres tersebut dapat dibuka melalui whatsapp.

2. Perbaharui Aplikasi Whatsapp yang Digunakan

Perlu diketahui bahwa, aplikasi whatsapp tentu memiliki masa pembaharuan. Sehingga jika whatsapp masih menggunakan versi yang lama, biasanya akan ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan.

Salah satunya yakni dalam proses membuka file yang dikirimkan melalui whatsapp. Oleh karenanya, hal ini bisa diatasi dengan cara melakukan pembaruan aplikasi whatsapp menuju ke versi terbaru. Hal ini bisa dilakukan melalui playstore maupun melalui app store.

3. Pastikan Bahwa Format File yang Digunakan Telah Sesuai

Adapun cara membuka file yang tidak bisa dibuka di whatsapp yang selanjutnya yakni dengan memastikan bahwa format yang digunakan telah sesuai dengan standar ketentuan whatsapp. Hal ini tentu akan sangat mempengaruhi apakah file tersebut dapat dibuka ataupun tidak.

Adapun cara yang bisa dilakukan jika file tidak sesuai dengan ketentuan whatsapp, maka bisa diubah terlebih dahulu format file tersebut. Jika sudah sesuai dengan standar ketentuan yang ditetapkan, maka secara otomatis file tersebut dapat dibuka melalui whatsapp.

4. Periksa Izin Penyimpanan

Untuk cara selanjutnya ini berkaitan dengan izin penyimpanan. Apabila aplikasi whatsapp tidak mempunyai akses ke penyimpanan, maka ini juga akan mempengaruhi terhadap file yang diterima.

Untuk dapat mengatasinya, bisa memberikan akses ke aplikasi whatsapp ini. Adapun langkah yang bisa dilakukan diantaranya:

  • Buka menu “pengaturan” atau menu “setting”.

  • Jika sudah silahkan pilih menu “aplikasi”.

  • Kemudian dilanjutkan dengan klik menu “Kelola Aplikasi” atau “Manage Apps”.

  • Setelah itu, klik opsi “whatsapp”.

  • Jika sudah pilih opsi “Izin Aplikasi ” atau “Apps Permission”.

  • Kemudian, klik “penyimpanan”.

  • Dilanjutkan dengan klik “izinkan” atau “allow”.

5. Periksa Penyimpanan Perangkat

Seperti yang diketahui bahwa, sebuah perangkat tidak akan bisa mengunduh file jika ruang penyimpanan perangkat tersebut penuh. Oleh karena itu, untuk mengatasinya bisa lakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Klik menu “pengaturan”.

  • Kemudian dalam menu pengaturan tersebut, silahkan pilih opsi “tentang ponsel”.

  • Dalam menu tersebut, akan dirincikan seberapa penuhnya perangkat yang digunakan.

  • Jika perangkat terbukti penuh, maka bisa memindahkan beberapa file ke perangkat lain seperti flashdisk ataupun laptop.

Itulah uraian terkait dengan cara membuka file yang tidak bisa dibuka di whatsapp. Seperti yang telah diuraikan bahwa, berbagai cara ini bisa dilakukan dengan mudah. Namun akan lebih baik jika mengikuti beberapa detail langkahnya seperti pada uraian di atas.

Leave a Comment