Cara Menyimpan Lagu di Google Play Musik Melalui Android dan PC

cara menyimpan lagu di google play musik

Cara menyimpan lagu di google play musik yang akan dibahas pada artikel ini mungkin akan menarik dan dapat digunakan untuk referensi.

Siapa yang belum tahu kegunaan dari google play musik ini. Untuk pengguna android pasti sudah tidak asing dengan aplikasi ini.

Pasalnya, aplikasi ini sudah terinstal saat awal pembelian smartphone tersebut. Jadi aplikasi google musik ini merupakan aplikasi bawaan dari android tersebut.

Kegunaan dari google play musik ini tentu sesuai namanya yaitu untuk memutar musik dan file yang berbasis audio.

Google play musik juga dapat digunakan untuk menyimpan lagu lagu untuk diputar secara berulang walaupun secara offline. Nah, simak cara menyimpan musik ke google play musik berikut ini.

Alasan Orang Mendownload Lagu di Google Musik

Di beberapa perangkat mungkin sudah langsung terinstal aplikasi google play musik ini, maka dari itu banyak orang yang memilih menggunakan aplikasi ini untuk memutar musik di perangkat mereka.

Selain bisa digunakan secara gratis, google play musik juga bisa memutar lagu secara online maupun offline. Hal tersebut sangat memudahkan penggunanya untuk memutar musik sesuai keinginan mereka.

Cara Menyimpan Lagu di Google Play Musik

Google play musik bisa menyimpan musik dan dapat diputar secara offline. Dengan fitur ini pengguna bisa memutar musik dimanapun walaupun sedang tidak ada jangkauan internet di lokasi tersebut. Berikut ini beberapa cara yang bisa dipraktekkan untuk menyimpan musik melalui aplikasi ini.

1. Menyimpan Melalui Android

Walaupun sekarang ini sudah populer untuk memutar musik secara online melalui platform youtube ataupun software lainnya.

Namun beberapa pengguna android juga masih banyak yang senang memutar musik secara offline menggunakan beberapa aplikasi yang mendukung.

Salah satu aplikasi yang mendukung untuk memutar musik secara offline tersebut adalah google play musik ini.

Berikut langkah-langkah untuk menyimpan lagu agar dapat diputar secara offline di android.

  • Buka aplikasi google play musik yang terdapat pada menu aplikasi.

  • Masuk ke akun google untuk dapat dengan mudah mengakses musik menggunakan aplikasi google play musik ini.

  • Setelah itu, cari musik yang ingin diputar dengan memasukkan kata kunci lagu tersebut ke mesin pencari.

  • Jika sudah terdapat lagu yang ingin disimpan, pilih lagu tersebut lalu pilih resolusi atau kualitas lagu sesuai keinginan.

  • Klik ikon download yang berbentuk panah ke bawah dan tunggu proses download selesai.

  • Setelah selesai proses download, lagu sudah berhasil tersimpan dan dapat diputar kapanpun secara offline.

2. Menyimpan Melalui PC atau Laptop

Selain dapat digunakan dan diinstal di android, google play musik juga dapat diinstal dengan menggunakan komputer atau laptop.

Menggunakan perangkat komputer atau laptop ini google play musik dapat diakses melalui website resminya maupun melalui aplikasi yang sudah terinstal dalam komputer atau laptop tersebut.

Langkah pertama untuk menyimpan musik melalui google play musik ini adalah tentu dengan membuka website dan aplikasi google play musik tersebut.

Selanjutnya klik ikon titik tiga dan pilih koleksi musik pada menu tersebut dan cari lagu yang ingin diputar dan disimpan. Selain lagu pengguna juga dapat memilih album yang ingin diputar atau disimpan.

Setelah itu klik opsi lainnya atau ikon tiga garis vertikal dan pilih resolusi atau kualitas yang diinginkan, selanjutnya klik download.

Tunggulah sampai proses download selesai dan setelah proses selesai, lagu sudah bisa diputar secara offline kapanpun.

Itulah cara menyimpan lagu di google play musik yang dapat digunakan sebagai petunjuk. Untuk cara yang digunakan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Leave a Comment